PENGGUNAAN FESES HEWAN YANG BERBEDA TERHADAP KUALITAS PUPUK ORGANIK CAIR

Made Wirne

Abstract


Pupuk merupakan kebutuhan dasar bagi dunia pertanian khususnya budidaya tanaman. Ketersediaan pupuk bagi tanaman harus terpenuhi untuk dapat mencapai hasil yang maksimal. Kertsediaan pupuk sering kali mengalami masalah dalam distribusinya, karena disebabkan banyak faktor yang menghambat. Distribusi yang kurang merata dapat menimbulkan kendala bagi proses budidaya yang dilakukan sehingga berpengaruh juga terhadap produksi hasil pertanian. Selain itu kebutuhan pupuk yang semakin meningkat sementara produksinya terbatas, sehingga terjadi kelangkaan pupuk. Pengunaan pupuk organik meningkat karena bertambahnya luas areal tanam


Keywords


Kotoran ternak, pupuk organik, Fermentas

Full Text:

PDF

References


Erickson dan edusurya dkk.2013. Pembuatan Pupuk Cair dan Biogas Dari Limbah Sayuran.

Huda, Khoirul. 2013. Pembuatan Pupuk Organik Cair Dari Urin Sapi Dengan Adiktif Tetes Tebu (Molases) Metode Fermentasi.Semarang : UniversitasNegeri Semarang.

Warsyidawati, Rasyid. 2017. Kandungan Fosfor (P) Pupuk Organik Cair (POC) Asal Urin Sapi Dengan menambahkan akar Serai (Cymbopongan cirattus) Melalui Fermentasi. Samata : Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.

Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. 2019. Data Konsumsi Pupuk di Indonesia.

Peraturan Menteri Per-tanian Nomor 47 Tahun 2018. Data Alokasi Pupuk di Indonesia

Darmawan dkk. 2019.Efektifitas Pupuk Organik Feses kuda Hasil pembakaran pertumbuhan Tanaman cabai merah keriting.Universitas IndonesiaTimur.

Nirwana, 2017. Kandungan Phospor dan Kalium Kompos dari Imbangan Feses ayam dan Limbah jamu labio. Makasar, Universitas Hasanudhin.

Samudro. 2016. Kandungan nutrisi pupuk organik Guano

Hasan, F. 2011. Repon pertumbuhan dan hasil tanaman terong ungu (Solanum Melongena L) Terhadap pemberian dosis pupuk guano pada lahan rawa lebak.STIPER Amuntai.Amuntai.

Wulandari.2011. Pengaruh Pemberian Beberapa Dosis Pupuk Kandang Ayam Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Rosella (Hisbiscus sapdarifa L) di Tanah Ultisol.Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Padang.

Raihan, H.S. 2000.Pemupukan NPK dan Ameliorasi lahan Pasang Surut Sulfat MasamBerdasarkan Nilai Uji Tanah Untuk Tanaman Jagung.J. Ilmu Pertanian 9 (1): 20-28

Pangaribuan DH, yasir MUtami NK.




DOI: https://doi.org/10.35900/jjas.v4i2.13980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.