PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN TELUR AYAM RAS DI PASAR TRADISIONAL KOTA MANADO

Lidya S Kalangi, Lidya Kalangi

Abstract


Commercial chicken eggs are one of the most sought-after livestock products by the community due to their easy availability, affordable price, and complete nutritional content to meet the protein needs of animals. This study was conducted to analyze the characteristics of consumers of commercial chicken eggs and examine the factors influencing consumer behavior towards the purchase of commercial chicken eggs in Manado City. The sample determination method used accidental sampling, which involved randomly selecting respondents who were purchasing commercial chicken eggs at the traditional markets of Bersehati and Pinasungkulan in Manado City. A total of 100 respondents were included in the study. The data analysis utilized multiple linear regression analysis. The results indicated that income, the share of expenditure on purchasing commercial chicken eggs, the number of family members, and the education level of housewives simultaneously influenced the dependent variable, which was the quantity of consumed commercial chicken eggs. The R2 value of 0.545 indicates that changes in the independent variables can explain 54.5% of the changes in the dependent variable, while the remaining 45.5% is attributed to other factors beyond the model equation. The characteristics of consumers of commercial chicken eggs in the traditional markets of Bersehati and Pinasungkulan in Manado City include age, education level, occupation, and income.



Keywords


Traditional Market; Consumer Behavior; Commercial Chicken Eggs

Full Text:

PDF

References


Arif, M., S. Kadir, A. Abdullah. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Jumlah Pembelian Telur Ayam Ras di Pasar Terong, Kota Makassar. J. IIP. 1(2): 105-124.

Ardhiana, Y, M., B.A Nugroho dan B. Hartono. 2014. Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras di Kecamatan Ringin Rejo Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijiaya. Malang.

Badan Pusat Statistik Sulawesi Utara, 2022. Sulut Dalam Angka. Manado

Candra A, Ismudiono, D. S Nazar, 2013. Analisis Tataniaga Telur Ayam Ras (Layer) Sistem Kemitraan UD. Jatinom Indah Kabupaten Blitar. Jurnal Agroveteriner, Vol. 3(2): 27-32.

Tobaol, D., M. Rundengan., E.K.M. Endoh dan S.P. Pangemanan. 2018. Efisiensi pemasaran Telur Ayam Ras di Kota Manado. Jurnal Zootec, Vol. 38(2), 416-428.

Elly, F.H., M.A.V. Manese., N.M. Santa., I.D.R. Lumenta. 2014. Analisis Konsumsi Pangan Produk Peternakan Rumah Tangga Pesisir Pantai di Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Procedia Food Science, Vol.3,364-370.

Elly, F .H., M.A.V. Manese., J.C. Loing., R. Pomolango., A. Makalew dan E. Wantasen. 2018. Analisis Konsumsi Pangan Produk Peternakan Rumah Tangga Pesisir Pantai di Kabupaten Bolaang Mongondow. Jurnal Nutrition and Food Sciences, Vol.8.

Febrianto, N dan J.A. Putritamara. 2017. Proyeksi Elastisitas Permintaan Telur Ayam Ras di Malang Raya. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan. Vol. 27(3),81–87.

Fitria Ratna Wulan. (2018). “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Rumah Tangga dalam Perspektif Islam (Studi pada Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung)”. Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.Hal 24.

Giang, R.R. 2017. Pengaruh pendapatan terhadap konsumsi buruh bangunan di Kecamatan Pineleng. Jurnal EMBA.Vol.1(3),248-256.

Hanum, Z., dan S. Hidayat. 2017. Faktor–faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sepatu merek nike di kota medan. Jurnal Bisnis Administrasi, Vol. 6(1), 37-43.

Hasan. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen yang Terdiri Dari Faktor Budaya, Sosial, Kepribadian dan Psikologi Dalam Keputusan Pembelian Produk Motor Metic Di Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol. 4(2), 255-274.

Hastang, L.V.S dan A. Prayudi. 2011. Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Permintaan Telur Ayam Ras oleh Konsumen di Pasar Pa’baeng-baeng Makassar. Jurnal Agribisnis, Vol.3,1-13.

Jazil, N., A. Hintono., dan S. Mulyani. 2012. Penurunan Kualitas Telur Ayam Ras dengan Intensitas Warna Cokelat Kerabang Berbeda Selama Penyimpanan. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan,Vol.2(1).

Khusna, A., H.K. Daryanto M.M.D Utami. 2016. Pengembangan Strategi Agribisnis Sapi Potong di Kabupaten Bondowoso, Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, Vol.21(2),69-75.

Kumaat, B.K.M., F.H. Elly., E. Wantasen dan L.S. Kalangi. 2019. Analisis konsumsi daging babi oleh masyarakat pesisir danau Tondano. Jurnal Zootec, Vol.39(2), 249-256.

Kusumayana, P., dan S. Seftiani. 2017. Analisis perilaku konsumen dalam pembelian daging ayam ras pedaging di pasar tradisional Amuntai. Rawa Sains: Jurnal Sains STIPER Amuntai, Vol.7(2), 78-85.

Kotler dan Armstrong, 2014 Keputusan Pembelian Jakarta: Penerbit Jakarta Erlangga

Nurmawati, M. M. 2018. Perilaku Konsumen dan Keputusan Pembelian. Edited by MM Amirullah, SE, 1-2.

Mantra, Ida Bagus. 2003. Demografi Umum . Jakarta, Pustaka Raja

Manyamsari, I., dan Mujiburrahmad, M. 2014. Karakteristik Petani Dan Hubungannya Dengan Kompetensi Petani Lahan Sempit (Kasus: Di Desa Sinar Sari Kecamatan Dramaga Kab. Bogor Jawa Barat). Jurnal Agrisep, Vol.15(2), 58-74.

Murijah, M. 2021. Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Telur Ayam Ras di Desa Mukti Jaya Kecamatan Baebunta Selatan Kabupaten Luwu Utara.

Nasution, Y. M., Iskandarini, I., dan Hasyim, H. 2018. Analisis Perilaku Konsumen Keputusan Pembelian Telur Premium Omega-3 Di Kota Medan. Journal on Social Economic of Agriculture and Agribusiness, Vol.9(8).

Ngantung, M., dan A.H. Jan. 2019. Analisis Peramalan Permintaan Obat Antibiotik Pada Apotik Edelweis Tatelu. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol.7(4).

Pahlavi, B. A., dan Afiza, Y. 2020. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Telur Ayam Buras di Kelurahan Tembilahan Kota. Jurnal Agribisnis, Vol.9(1), 36-46.

Riyono., dan G.E. Budiharja. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua Di Kota Pati. Jurnal STIE Semarang, Vol.8 (2): 93-117.

Saputra, A.A. 2017. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Telur Ayam Ras Di Kecamatan Semarang Tengah”. Skripsi. Program Studi S1 Agribisnis Departemen Pertanian,Universitas Diponegoro. Semarang. http://eprints.undip.ac.id/55960/1/JURNAL.pdf

Shari, Y. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Telur. Uin Alauddin Makassar, Makassar.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Soekartawi, 2002. Faktor-faktor Produksi. Salemba Empat, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.35900/jjas.v6i1.22412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.