EFFECT OF HEALTH EDUCATION USING MEDIA AUDIO VISUAL ON KNOWLEDGE ABOUT ANEMIA IN ADOLESCENT WOMEN IN HIGH SCHOOL

Siti Santy Sianipar, Suryagustina Suryagustina, Melatia Paska

Abstract


Pendidikan kesehatan merupakan suatu cara untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan baik dari pengetahuan, perubahan pola pikir dan tindakan untuk tercapainya kehidupan yang sehat. Pengetahuan suatu domain yang diperlukan dalam membentuk perubahan pola pikir seseorang. Salah satu dengan menggunakan media audiovisual yang bisa didengar berupa suara dan gambar yang akan memudahkan remaja untuk mengingat dan memahami isi dari pesan yang disampaikan. Fenomena yang terjadi pada remaja putri di SMAN 1 Sepang yaitu banyak remaja putri yang mengalami anemia dan masih banyak remaja putri memiliki pengetahuan yang kurang tentang anemia disebabkan sangat jarang dilakukan pendidikan kesehatan. Kebaruan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media audio visual terhadap pengetahuan tentang anemia pada remaja putri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan audiovisual terhadap pengetahuan tentang anemia pada remaja di SMAN 1 Sepang. Desain penelitian menggunakan Pre Experimental dengan rancangan One group pre-post test desain. Intervensi yang dilakukan dengan memberikan Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Audiovisual tentang Anemia (Kementerian Kesehatan RI, 2016: https://youtu.be/IngAzD0rvUE). Teknik sampling menggunakan Total Sampling. Populasi penelitian ini seluruh siswi kelas X berjumlah 60 orang di  SMAN 1 Sepang. Sampel penelitian ini berjumlah 60 responden. Alat ukur penelitian lembar kuesioner yang sudah dilakukan uji Validitas dan Reliabilitas oleh peneliti. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji statistik Wilcoxon, didapatkan yaitu p value = 0,000 atau tingkat signifikan < 0,05, maka H1 diterima sehingga ada pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media audio visual terhadap pengetahuan. Kesimpulan ada pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media audio visual terhadap pengetahuan remaja putri.

Kata Kunci : Audio Visual; Pengetahuan; Pendidikan Kesehatan.

 

Abstract

Health education is a way to develop and improve the ability of both knowledge, change of mindset and action to achieve a healthy life. Knowledge of a domain is necessary in shaping a change in one's mindset. One of them is by using audiovisual media that can be heard in the form of sounds and images that will make it easier for teenagers to remember and understand the content of the message conveyed. The phenomenon that occurs in young women at SMAN 1 Sepang is that many young women have anemia and there are still many young women who have insufficient knowledge about anemia because health education is very rarely carried out. The novelty of this study is to determine the effect of health education using audio-visual media on knowledge about anemia in young women. The purpose of this study was to determine the influence of health education using audiovisual on knowledge about anemia in adolescents at SMAN 1 Sepang. The research design uses Pre Experimental with the design of One group pre-post test design. Intervention carried out by providing Health Education Using Audiovisual Media about Anemia (Ministry of Health of the Republic of Indonesia, 2016: https://youtu.be/IngAzD0rvUE). The sampling technique uses Total Sampling. The population of this study was 60 students in class X at SMAN 1 Sepang. The sample of this study was 60 respondents. Measuring instruments for questionnaire sheet research that have been tested for Validity and Reliability by researchers. The results of the study based on the results of the Wilcoxon statistical test, obtained namely p value = 0.000 or a significant level of < 0.05, then H1 was accepted so that there was an influence of health education using audio-visual media on knowledge. The conclusion is that there is an influence of health education using audio-visual media on the knowledge of young women.


Keywords


Audio Visual; Knowledge; Health Education.

Full Text:

PDF

References


Emergensi, K., Ilmu, D., & Fk K. Edukasi Kesehatan Dengan Media Video Animasi: Scoping Review. J Perawat Indones. 2021;5(1):641–55.

Anifah F. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Media Vidio Terhadap Pengetahuan Tentang Anemia Pada Remaja Putri. J Keperawatan Muhammadiyah. 2020;5(1):296–300.

Subratha A, F H. Gambaran Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Anemia Di Tabanan. J Med Usada,. 2020;3:48–53.

Nofianti, I. G. A. T. P., Juliasih, K., & Wahyud IW. Hubungan Siklus Menstruasi dengan Kejadian Anemia Remaja Putri di SMP Negeri 2 Kerambitan Kabupaten Tabanan. J Widya Biol. 2021;12(1):59–66.

Putri, J. P., Andara, F., & Sufyan DL. Pengaruh Edukasi Gizi Berbasis Video Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri Di Jakarta Timur. J Bakti Masy Indones. 2021;4(2):334–42.

Nursalam. Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 5. Salemba Medika; 2020.

Susilawati S. Pengetahuan murid tentang personal safety skills Usia. Univ Siliwangi. 2019;7–30.

Alini T. Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Ibu Hamil tentang Pemanfaatan Buku KIA. J Ilm Maksitek. 2021;6(3):18–25.

Sovia, Suharti, Daryono. Efektifitas Penggunaan Media Animasi Untuk Meningkatkan Pengetahuan Tentang HIV / AIDS. Jambura J Heal Sci Res. 2016;

Permatasi, Indah. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan. J Chem Inf Model. 2018;120(11):259.

Pratiwi LPL. Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan Media E-Leaflet Terhadap Pengetahuan Remaja Putri. 2021;7–22.

Kusmaryati P. Efektivitas Penggunaan Leaflet Dan Buku Saku Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Wus Tentang Deteksi Dini Kanker Serviks. Jambura J Heal Sci Res. 2019;1(2):64–70.

Mahendra D. Buku Ajar Promosi Kesehatan. Progr Stud Diploma Tiga Keperawatan Fak Vokasi UKI. 2019;1–107.

Martina Pakpahan dkk. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan (1st ed. Yayasan Kita Menulis; 2021.

Efendi. Pendidikan Kesehatan. J Chem Inf Model. 2019;53(9):1689–99.

Sulfemi WB, Mayasari N. Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. J Pendidik. 2019;20(1):53.

Rifa A. Tinjauan Tentang Media Audio Visual. Tinjauan Tentang Media Audiovisual,. 2017;

Cookson, Dimova M, Stirk, M.R. P. Pendidikan Kesehatan. 2019;9–35.

Windasari, Sofyan, Harlinda S&. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. J Pendidik Dasar. 2018;10(4):6.

Murtiyarini I, Nurti T, Sari LA, Kemenkes P, Jurusan J. Effectiveness Of Health Promotion Media Towards Teenager Knowledge About Maturity Of Marriage. Gorontalo J Heal Sci Community. 2017;




DOI: https://doi.org/10.35971/jjhsr.v5i1.17029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons Licence
 

 

Jambura Journal of Health Sciences and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

</p