Pengembangan Multimedia Interaktif Game-Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA

Mustari S. Lamada, Ruslan Ruslan, Asmilah Putriani

Abstract


Ketersediaan dan penggunaan media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa masih menjadi kendala di pihak guru sehingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis Game-based Learning (GBL) pada mata pelajaran IPA di SMPN 5 Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima langkah, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Uji coba dilakukan melalui tiga tahapan uji coba, yaitu: uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Untuk memperoleh data hasil uji coba, digunakan angket yang telah divalidasi. Data hasil angket dianalisis untuk mengetahui kesesuaian produk yang dikembangkan dengan tujuan khusus yang ingin dicapai. Berdasarkan pengujian validitas yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dinyatakan bahwa media yang dikembangkan mendapat penilaian sangat baik dan dapat digunakan. Selain itu, hasil uji coba pada guru dan siswa mendapat respon sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPA.


The availability and use of learning media that can attract students’ learning interests is still an obstacle the teachers face until now. This research aims to develop an interactive multimedia with game-based learning (GBL) in the science subject in SMPN 5 State Junior High School of Polongbangkeng Utara, Takalar Regency. The development method used was a method adapted from ADDIE development model that is comprised of five steps, namely: analysis, design, development, implementation, and evaluation. All data were collected from observation, interviews, documentation, and questionnaires. The trial was conducted in three stages of testing: individual tests, small group tests, and field tests. Validated questionnaires were used to acquire the data of the trials’ results. The data from the questionnaires were then analyzed to determine whether the developed product is compatible with the specific objective that wishes to be achieved. Based on the validity test conducted by material experts and media experts, the developed media was deemed excellent and usable. Furthermore, the teachers and students responded very well in the trials when the media was used in the science subject.

Keywords


multimedia interaktif, game-based learning, mata pelajaran IPA

References


Cheung, L. (2016). Using ADDIE model of instructional design to teach chest radiograph interpretation. Journal of Biomedical Education, vol. 2016, 1-6. https://doi.org/10.1155/2016/9502572

Darmawan, D. (2012). Inovasi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyadi. (2017). Kiat sukses meraih hibah penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Prasetya, D. D., Wahyu Sakti, G. I, & Patmanthara, S. (2013). Digital game-based learning untuk anak usia dini. Tekno, 2(20), 45-50.

Putra, S. R. (2013). Desain belajar mengajar kreatif berbasis sains. Yogyakarta: Diva Press.

Republik Indonesia. (2005). Undang-undang No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Lembaran Negara RI Tahun 2005. Sekretariat Negara. Jakarta.

Rohayati, Y., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2018). Pengembangan multimedia interaktif berbasis game edukasi materi kesehatan pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan rekreasi. Jurnal IKA, 16(1), 33-43.

Rusman. (2013). Metode-metode pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setiawan, B., Suryani, N., & Suharno. (2017). Pengembangan multimedia berbasis game based learning pada pokok bahasan materi grammar bahasa Inggris dalam kurikulum 2013 kelas X SMA Negeri 3 Sragen. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional, Surakarta, 26 Maret 2017.

Suhada, S., Bahu, K., & Amali, L. N. (2020). Pengaruh metode pembelajaran mind map terhadap hasil belajar siswa. Jambura Journal of Informatics. 2(2), 86-94.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surjono. (2017). Multimedia pembelajaran interaktif. Yogyakarta: UNY Press.

Suyanto, M. (2011). Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Jakarta: Andi.

Triwiyanto, T. (2014). Pengantar pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Widyastuti, R., & Puspita, L. S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi pada matpel IPA tematik kebersihan lingkungan. Paradigma–Jurnal Informatika dan Komputer, 22(1), 95-100.




DOI: https://doi.org/10.37905/jji.v3i1.10381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JJIhas been indexed by:
Sinta Crossref Scholar Garuda
Base Dimension ROAD SIS
ASCI







Editorial Office

Department of Informatics Engineering, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia. Whatsapp: +6281314270499Email: jji.ft@ung.ac.id


Creative Commons Licence
Jambura Journal of Informatics (JJi), is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor