KRITIK SOSIAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL "GURU AINI" KARYA ANDREA HIRATA MELALUI PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA

Latif Syaipudin

Abstract


Novel dapat menjadi sebuah edukasi yang dapat digunakan sebagai bentuk kritik sosial, penilaian atau teladan, hingga dalam memberikan pesan moral yang baik. Khususnya dalam novel “Guru Aini” karya Andrea Hirata yang menggambarkan sosok seorang guru yang tengah berjuang di tengah berbagai tantangan yang terjadi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengkaji secara empiris mengenai konten novel “Guru Aini” dinilai dari pendekatan sosiologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sesuai kajian utama yang menjadi pembahasan, pertama berhubungan dengan kritik sosial yang terjadi pada novel “Guru Aini”, dalam kritik tersebut juga memberikan sebuah pesan moral yang disampaikan dalam kritik secara langsung atau tidak, kritik berhubungan dengan solidaritas antar sesame, dalam memandang seseorang pada sebuah lingkungan, hingga prasangka kepada sosok pemimpian. Kedua berhubungan dengan nilai pendidikan dalam “Guru Aini” yang menjelaskan mengenai pentingnya sebuah kebersamaan pada kalangan masyarakat, interaksi pada kemajemukan, pembelajaran produktif, hingga terjadinya perubahan. ini menjadi sebuah hal penting yang harus dilaksanakan oleh sebuah masyarakat agar dapt melaksanakan kehidupan dengan baik dan seling berdampingan sebagaimana mestinya. Ketiga pembahasan mengenai pandangan secara umum mengenai novel “Guru Aini” yang dapat diimplikasikan mengenai wujud dan bentuk pengembangan diri dalam mengikuti perkembangan zaman yang terus mengalami perkembangan.

Keywords


Kritik Sosial, Nilai Pendidikan, Novel "Guru Aini"



DOI: https://doi.org/10.37905/jjll.v3i1.14616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:
  • Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Fakultas Sastra dan Budaya
  • Universitas Negeri Gorontalo
  • http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjll/