Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Melalui Media Iklan Tenaga Kerja pada Siswa SMK
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penggunaan rancangan ini didasarkan adanya kesesuaian antara karakteristik penelitian tindakan kelas dengan tujuan penelitian yaitu meningkatkan keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan melalui media iklan tenaga kerja. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan siswa SMK melalui media iklan tenaga kerja pada tahap pramenulis dan pemburaman.Model penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini meliputi langkah-langkah: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Di samping itu instrumen penilaian dalam penelitian ini adalah kebahasaan yang meliputi ejaan, kata atau pilihan kata, kalimat, dan bagian-bagian surat meliputi kepala surat, isi surat, dan kaki surat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam menulis surat lamaran pekerjaan siswa SMK melalui media iklan tenaga kerja. Pada tahap refleksi tindakan siklus I didapatkan jumlah nilai 2542 dengan rata-rata nilai kelas 74,75. Pada tindakan siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan jumlah nilai 2905 dengan rata-rata nilai kelas 85,5. Jika merujuk pada kriteria keberhasilan, yakni minimal 80% peserta didik harus mampu melampaui atau paling tidak mendapat nilai minimal 80 yang merupakan nilai standar ketuntasan minimum, berarti pembelajaran sudah berhasil. Media iklan tenaga kerja dapat meningkatkan keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan siswa.
Kata kunci: surat lamaran pekerjaan, pramenulis, pemburaman, peserta didik, SMK
Kata kunci: surat lamaran pekerjaan, pramenulis, pemburaman, peserta didik, SMK
Keywords
surat lamaran pekerjaan, pramenulis, pemburaman, peserta didik, SMK
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37905/jjll.v3i2.17281
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Diterbitkan oleh: