PENDEKATAN SAITIFIK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA

Sudirman Burhanuddin, Syahruddin Syahruddin, Sahabuddin Sahabuddin, Majang Majang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggiring bola menggunakan punggung kaki dalam permainan Sepak bola mini murid kelas V SD Negeri 55 Kalammassang Kabupaten Bantaeng dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam pendidikan jasmani dan olahraga. Sampelnya merupakan seluruh populasi murid kelas V berjumah 20 orang. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus masing-masing dua pertemuan serta dirancang melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Aspek yang diamati pada proses pembelajaran yaitu spiritual, psikomotorik, afektif, dan kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase ketuntasan murid pada (Pra siklus) hanya 8 murid yang mendapat nilai kriteria cukup dengan presentase 40%, (siklus I, pertemuan 1) ada 3 murid yang mendapatk nilai kriteria baik dengan presentase 15% dan 8 murid yang mendapat nilai kriteria cukup dengan presentase 40%, (siklus I, pertemuan 2) ada 2 murid yang mendapat nilai kriteria sangat baik dengan presentase 10%, ada 8 murid yang mendapatk nilai kriteria baik dengan presentase 40% (siklus II, pertemuan 1) ada 6 murid yang mendapat nilai kriteria sangat baik dengan presentase 30%, ada 14 murid yang mendapatk nilai kriteria baik dengan presentase 70% (siklus II, pertemuan 2) ada 16 murid yang mendapat nilai kriteria sangat baik dengan presentase 80%, ada 4 murid yang mendapatk nilai kriteria baik dengan presentase 20%. Kesimpulannya, dapat dilihat bahwa peningkatan kemampuan hasil belajar menggiring bola menggunakan punggung kaki dalam permainan Sepak bola mini dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkat secara signifikan.

Keywords


saintifik; kooperatif; menggiring bola

Full Text:

PDF

References


Aji, F. W., & Tuasikal, A. R. S. (2020). Pembelajaran Dasar Dribbling Sepak bola dengan Pendekatan Kooperatif Team Games Tournament pada Siswa. JPOK, Universitas Negeri Surabaya, 8(3), 17–28.

Akhmad, N., & Suriatno, A. (2018). Analisis Keterampilan Dasar Sepak Bola Pemain Klub Bima Sakti. JUPE, Jurnal Pendidikan Mandala, 3(3), 10–27.

Alhafiz, M. F. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Dribbling Sepak Bola melalui Pendekatan Kooperatif Metode Teams Games Tournaments (TGT) Siswa Kelas VIII.1 SMPN 4 Pekanbaru. Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau, Pekanbaru.

Aziz, O. A. (2020). Penerapan Model Taktis dalam Permainan Sepak Bola Guna Meningkatkan Keterampilan Bermain. Journal of Physical Education and Sport Science, 2(3), 24–28.

Bahriah, Danial, M., & Pratiwi, D. eka. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 MAN Pangkep (Materi Pokok Kelarutan, Hasil Kali Klarutan dan Koloid). Jurnal Cheima, 15(1), 94–113. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/chemica.v15i1.4612

Darma, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Teknik Dasar Passing Permainan Sepak bola Melalui Student Team Achievment Division (STAD) di Kelas X SMA Negeri 1 Batu Hampar Kabupaten Rokan Hilir. Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau, Pekanbaru.

Erfayliana, Y., & Wati, O. K. (2020). Tingkat Keterampilan Dasar Bermain Sepak bola Peserta Didik Kelas Atas Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 159–166.

Furqoni, R. S., & Wisnu, H. (2015). Peranan Guru Pendidikan Jasmani dalam Pembelajaran Pendidikan Kesehatan di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP) Se Subrayon 06 Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(2), 249–253.

Gede Yogi Saputra, R. M. A. (2021). Minat Siswa Kelas VII dan VIII dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP Negeri 15 Mesuji. Journal of Physical Education (JouPE), 2(1), 17–25.

Giordano, L., Federici, A., Valentini, M., & D’elia, F. (2019). Dribbling in football: Confronting learning theories. Journal of Human Sport and Exercise, 14(Proc2), S228–S232. https://doi.org/10.14198/jhse.2019.14.Proc2.10

Gunawan, A., Dlis, F., & Lubis, J. (2021). Learning Methods and Motivation Towards Learning Outcomes of Soccer Games. Atlantis Press; Proceedings of the 1st International Conference on Sport Sciences, Health and Tourism (ICSSHT 2019), 35(Icssht 2019), 158–161. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.210130.032

Haris, I. N. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap tanggung jawab. BIOMARTIKA : Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang, 2(1), 2461–3961.

Jaya, M. S., Rai, I. W., & Suwiwa, I. G. (2016). Implementasi Model Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Passing Bola Voli. E-Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–12.

Kadek Yogi Parta, L. P. S. W. (2016). Pengaruh Model dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Dasar Senam Lantai pada Mahasiswa Jurusan Penjaskesrek Undiksha. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 97. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8932

Kadry, R. H., Hidayat, A. S., & Setiawan, M. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievment Division) Terhadap Keterampilan Passing Sepak bola. Jurnal Literasi Olahraga, 2(April), 126–134.

Kamaruddin, I., Kamidi, L., Yasriudiin, & Rahmat, A. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 MAJENE. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 312–321.

Kikin, S., Lutfiyatul, H., Suraya, & Syaharuddin. (2021). Tingkat Keberhasilan Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division: Sebuah Meta-Analisis. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(1), 1–6.

Mustagfiri, & Sudarso. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Materi Passing Bola pada Permainan Sepak Bola (Studi pada Siswa Kelas X SMK Al Azhar Menganti Gresik). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(3), 627–632.

Nugroho, D. R., & Rachman, A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Bolavoli di Kelas X SMAN 1 Panggul Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(1), 161–165.

Prananda, G., & Hadiyanto. (2019). The Effect of Copperative Learning Models of Stad Type on Class V Sciensi Learning Learning SD. International Journal of Educational Dynamics, 1(2), 47–53. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/ijeds.v1i2.119

Prasetyo, E., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kelas III SDN Buluh 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 76–82.

Prasetyo, I. D., & Sunarti. (2016). Meningkatkan Kemampuan Senam Lantai Guling Belakang Melalui Media Video. Meningkatkan Kemampuan Senam Lantai Guling Belakang Melalui Media Video, 12(1), 5–10.

Pratama, D. N., & Nurrochmah, S. (2022). Survei Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor dan Manipulatif pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Sport Science and Health, 2(9), 430–439. https://doi.org/10.17977/um062v2i92020p430-439

Puspitasari, W. D. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 58. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1100

Rohmansyah, N. A. (2017). Pendidikan Jasmani dan Olahraga Sebagai Media Penegmbangan Karkater Siswa. Jurnal PENJAKORA, 4(1), 38–50. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/penjakora.v4i1.11752

Rozi, F., Rahma Safitri, S., Latifah, I., & Wulandari, D. (2021). Tiga Aspek dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 239. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3220

Sahabuddin, & Hakim, H. (2019). Peningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli dengan Pembelajaran Kooperatif. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, 43–45.

Saputra, C. A., Sunardi, & Waluyo. (2018). Aplikasi Model Pemebaljaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kompetensi Lompat Jauh Gaya Melenting pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Ajar 2016/2017. Repository Institutional, Universitas Sebelas Maret.

Saputra, I. (2015). Modifikasi Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(2), 28–35. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jik.v14i2.6112

Saputra, R., & Maidarman. (2007). Studi Keterampilan Teknik Dasar Sepak Bola. Teknik Dasar Sepak bola, c, 32. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/patriot.v1i1.43

Sembiring, I., Tarigan, B., & Budiana, D. (2020). Model Kooperatif Team Games Tournament (TGT): Peningkatan Kreatifitas, kerjasama dan keterampilan bermain Sepak Bola siswa tunarungu. Edu Sportivo, 1(2), 128–140. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(2).5652

Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2020). Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Sekolah Dasar: Pengaruh Keterampilan Motorik (Tinggi) dan Model Pembelajaran (Kooperatif). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513

Stephani, M. R. (2016). Peran Guru dalam Upaya Meningkatkan Higher Order Thinking Melalui Gaya Mengajar Guided-Discovery pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 34–42. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i2.10911

Sudirman, Syahruddin, & Sahabuddin. (2022). Tingkat Keterampilan Gerak Dasar Sepak bola Pada Siswa SMA Negeri 2 Majene. JOKER, Jurnal Olahraga Kebugaran dan Rehabilitasi, 2(1), 43–52. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/joker.v2i1.6479

Suhartoyo, T., Rilastiyo, D., Kusuma, M. N. H., Syafei, M., Listiadi, A. D., & Hidayat, R. (2019). Physical activity journal. Physical Activity Journal, 1(2011), 51–60.

Sukmawan, A., & Sudarso. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Materi Menggiring Bola pada Permainan Sepak Bola (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Tanwir Surabaya). Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 01(3), 575–579.

Supriyanto, E., Koestoro, B., & Djasmi, S. (2016). Pengaruh Pendekatan Teknis dan Taktis Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Permainan Sepak Bola pada Siswa SMPN 1 Kotabumi. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 4(2), 1–10.

Syahrin, A., & Bustamam, A. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani dalam Membentuk Karakter Siswa Pada MTs Se-Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016-2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 3(2), 76–91.

Wahyudi, W., Budiman, D., & Saepudin, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dalam Pembelajaran Permainan Bola Besar Berorientasi Sepak Takraw untuk Meningkatkan Kerjasama dan Keterampilan Bermain. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 1. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11732

Wildani, L., & Gazali, N. (2020). Model Kooperatif Teams Game Tournaments: Apakah dapat Meningkatkan Keterampilan Belajar Dribbling Sepak bola. Edu Sportivo, 1(1), 25–32. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(2).5637.




DOI: https://doi.org/10.37311/jjsc.v4i2.15499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jambura Journal Sports Coaching (p-ISSN: 2654-3435 | e-ISSN: 2656-0437) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats

 

Jambura Journal of Sports Coaching has been indexed by:

-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------

       

-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------

BERKOLABORASI DENGAN