MENINGKATKAN PERCAYA DIRI ATLET INTELEKTUAL RENDAH PADA CABANG OLAHRAGA OPEN-SKILL MELALUI LATIHAN KOGNISI
Abstract
Kondisi Psikologis merupakan hal penting yang harus di perhatikan pelatih dalam pertandingan atau latihan. Atlet seringkali mengalami gangguan psikologis. Maka dari itu kemampuan psikologis yang baik sangat diperlukan oleh atlet terutama percaya diri. Self-Confidence merupakan suatu sikap atau keyakinan atas kemampuan diri sendiri, sehingga dalam tindakannya tidak terlalu cemas dan merasa bebas untuk melakukan hal-hal yang sesuai dengan keinginannya. Dimana ke-dua treatment yang diberikan baik latihan life kinetik dan Brain Gym keduanya memerlukan kepercayaan diri yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan kognisi terhadap percaya diri atlet intelektual rendah pada cabang olahraga open-skill. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan diberikan perlakuan. Menggunakan desain penelitian two group petest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini merupakan atlet cabang olahraga kategori open-skill yang terdiri dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Dalam mengukur intelektual atlet menggunakan instrument penelitian Advanced Progressive Matrices (APM), dan untuk mengukur percaya diri menggunakan Sport Confidence Questionnaire (SCQ). Hasil penelitian menunjukan bahwa model latihan kognisi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan percaya diri atlet intelektual rendah pada cabang olahraga open-skill. Tetapi tidak terdapat perbedaan antara latihan life kinetik dan brain gym terhadap percaya diri atlet intelektual rendah pada cabang olahraga open-skill.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andika, A., Saputra, Y. M., & Hamidi, A. (2020). Hubungan Tingkat Kecerdasaan Intelektual ( IQ ) dan Kecerdasaan Emosional ( EQ ) dengan Penampilan Bermain Futsal. 19(1), 1–7.
Basuki, H. O., & Faizah, H. N. (2020). Efek Brain Gym Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa di STIKES NU Tuban The Effect of Brain Gym on the Learning Concentration of Student in STIKES NU Tuban. 11(1), 38–44.
Basuki, H. O., Haryanto, J., & Kusumaningrum, T. (2018). The Effect of Elderly Cognitive Care on the Cognitive Function and Physical Activity of Elderly. Indonesian Journal of Health Research, 1(2), 37–48. https://doi.org/10.32805/ijhr.2018.1.2.16
Bonk, D., & Tamminen, K. A. (2022). Athletes’ perspectives of preparation strategies in open-skill sports. Journal of Applied Sport Psychology, 34(4), 825–845. https://doi.org/10.1080/10413200.2021.1875517
Duda, H. (2015). Changes in Morphological-Rheological Blood Properties of Hutnik Club Football Players. Journal of Kinesiology and Exercise Sciences (JKES), 25(3), 71.
Effendi, H. (2016). Peranan psikologi olahraga dalam meningkatkan prestasi atlet. 1.
Faris, L. A., Kusmaedi, N., Ugelta, S., Keolahragaan, H. R. I., Olahraga, P., & Kesehatan, D. (2022). the Effect of Life Kinetic Training on Table Tennis Forehand Strike Accuracy. Medikora, 21(1), 71–79.
Fatahilah, A., & Firlando, R. (2020). Tingkat Konsentrasi Atlet Kota Lubuklinggau. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(1), 38. https://doi.org/10.31602/rjpo.v3i1.3096
Hardiyono, B. (2020). Tingkat Kecemasan Sebelum Bertanding Dan Percaya Diri Pada Saat Bertanding Atlet Pelatda Pengprov Fpti Sumatera Selatan. Kinestetik, 4(1), 47–54. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10399
Heilmann, F., Weinberg, H., & Wollny, R. (2022). The Impact of Practicing Open- vs. Closed-Skill Sports on Executive Functions—A Meta-Analytic and Systematic Review with a Focus on Characteristics of Sports. Brain Sciences, 12(8). https://doi.org/10.3390/brainsci12081071
Jang, S., Eom, H. J., Lee, K. D., Choi, W. M., Choi, Y. L., Kang, H. W., & Cho, E. H. (2018). Validation of a questionnaire that surveys confidence in sports among Korean competitive athletes. Journal of Men’s Health, 14(2), 30–41. https://doi.org/10.22374/1875-6859.14.2.5
Komarudin. (2016). Psikologi Olahraga. Rosda.
Komarudin. (2018). Life kinetik dan performa psikologis (Pipih Latifah (ed.); Cetakan pe). PT Remaja Rosdakarya.
Komarudin, K. (2019). Life kinetik Training in Improving the Physical Condition of Football Athletes. 11(Icsshpe 2018), 182–185.
Komarudin, K., & Awwaludin, P. N. (2019). Life kinetik Training in Improving the Physical Condition of Football Athletes. 11(Icsshpe 2018), 182–185. https://doi.org/10.2991/icsshpe-18.2019.52
Komarudin, K., Nurcahya, Y., Nurmansyah, P., & Kusumah, W. (2020). The Influence of Life Kinetic Training Method and Motor Educability on Improvement of Football Playing Performance. 21(Icsshpe 2019), 276–279. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200214.073
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan Multilateral bagi atlet pemula (pedoman latihan dasar bagi atlet muda berbakat) (Cet.ke-1). UNY Pres.
Mirhan, & Kurnia, J. B. J. (n.d.). Hubungan Antara Percaya Diri Dan Kerja Keras Dalam Olahraga Dan Keterampilan Hidup. 86–96.
Model, P., Life, L., Terhadap, K., Making, D., Pada, A., Open, O., Dan, S., & Skill, C. (2022). Gedis Isnarizanah, 2022 Pengaruh Model Latihan Life Kinetik terhadap Decision Making Atlet pada Cabang Olahraga Open Skill dan Closed Skill Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 1–6.
Mohammad Fariqul Affandi *, Drs . Machfud Irsyada, M. . P. (2020). Pengaruh Latihan Life Kinetic terhadap Keterampilan Atlet Bolavoli Tim Galow VBC Mohammad Fariqul Affandi *, Drs . Machfud Irsyada , M . Pd. 46–50.
Mylsidayu, A. (2022). Psikologi Olahraga (suryani (ed.)). Bumi Aksara.
Nam, J. H., Kim, E. J., & Cho, E. H. (2022). Sport Psychological Skill Factors and Scale Development for Taekwondo Athletes. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(6). https://doi.org/10.3390/ijerph19063433
Pačesová, P., Šmela, P., & Nemček, D. (2020). Cognitive functions of female open skill sport athletes, closed skill sport athletes and nonathletes. Physical Activity Review, 8(2), 23–29. https://doi.org/10.16926/par.2020.08.18
Pratiwi, W. N., & Pratama, Y. G. (2020). Brain Gym Optimizing Concentration on Elementary Students. STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2), 1524–1532. https://doi.org/10.30994/sjik.v9i2.498
Sin, T. H. (2017). Tingkat Percaya Diri Atlet Sepak Bola dalam Menghadapi Pertandingan. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 163. https://doi.org/10.26638/jfk.414.2099
Syam, A., & Amri. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence)Berbasis Kaderisasi Imm Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare). Jurnal Biotek, 5, 87–102.
Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000
Ummu Khairiyah et, A. (2019). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti || 75. 6, 75–86.
Vitasari Noeraeni, - (2018). (2002). Peningkatan Kepercayaan Diri Atlet Bola Voli Melalui Pelatihan Brain Jogging. 79–80.
Wang, C., Chang, C., Liang, Y., Shih, C., Chiu, W., Tseng, P., Hung, D. L., Tzeng, O. J. L., Muggleton, N. G., & Juan, C. (2013). Open vs . Closed Skill Sports and the Modulation of Inhibitory Control. 8(2), 4–13. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0055773
Wang, C. H., Chang, C. C., Liang, Y. M., Shih, C. M., Chiu, W. S., Tseng, P., Hung, D. L., Tzeng, O. J. L., Muggleton, N. G., & Juan, C. H. (2013). Open vs. Closed Skill Sports and the Modulation of Inhibitory Control. PLoS ONE, 8(2), 4–13. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0055773
Widanti, H. N., Arti, W., & Anjasmara, B. (2021). Efektivitas Pemberian Latihan Brain Gym terhadap Peningkatan Koordinasi Mata dan Tangan pada Anak Pra-Sekolah. Physiotherapy Health Science (PhysioHS), 3(1), 40–45. https://doi.org/10.22219/physiohs.v3i1.17161
DOI: https://doi.org/10.37311/jjsc.v6i2.24739
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jambura Journal of Sports Coaching (p-ISSN: 2654-3435 | e-ISSN: 2656-0437) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jambura Journal of Sports Coaching has been indexed by:
-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------
-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------
BERKOLABORASI DENGAN