Penerapan Teknik Arsir Untuk Meningkatkan Hasil Karya Sketsa Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo

Erwin Tilola, Hasdiana Hasdiana

Abstract


Penelitian melakukan penerapan teknik arsir untuk meningkatkan hasil karya Siswa dalam mata pelajaran Seni Budaya kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo dengan menggunakan metode penelitian pendidikan kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah Siswa kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo tahun pelajaran 2017/2018, dengan jumlah 56 Siswa dengan populasi yang berjumlah 369 diuraikan dari 15% atau 0,15×369 dibulatkan menjadi 56 sampel Siswa terdiri dari 16 Siswa laki-laki dan 40 Siswa perempuan. Objek dalam penelitian adalah penerapan teknik arsir pada pembelajaran Seni Rupa. Berdasarkan penilaian hasil karya Siswa kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo dalam menerapkan teknik arsir pada mata pelajaran Seni Budaya terdiri dari tiga aspek yang berdasarkan dasar-dasar menggambar yaitu proporsi, ketepatan bentuk, dan gelap terang. Untuk penilaian proporsi dinilai dari suatu bentuk wajah yang secara keseluruhan yaitu bentuk anatomi seperti alis, mata, hidung, dan mulut/bibir secara perbandingan antara ukuran panjang, lebar, dan tinggi. Dan untuk gelap terang dinilai dari suatu arsiran yang memiliki kesan gelap terangnya arsir baik dari ketebalan dan kehalusan yang ada pada suatu bentuk karakter objek.

Penilaian karya Siswa pada proses pembelajaran Sketsa dengan menerapkan teknik arsir untuk meningkatkan hasil karya Siswa kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo maka diperoleh sebagai berikut. Dari penilaian hasil karya Sketsa dengan jumlah 36 Siswa atau 64,28% dengan kategori Sangat Baik (SB), hasil nilai diperoleh berkisar 81,32 sampai 88,32 yang dinilai dari ketiga aspek yaitu proporsi, ketepatan bentuk, dan gelap terang. Dan untuk 20 Siswa atau 35,71% masuk kategori Baik (B), hasil nilai yang diperoleh berkisar 74,33 sampai 80,99 yang dinilai dari ketiga aspek yaitu proporsi, ketepatan bentuk, dan gelap terang. Peneliti menyimpulkan dari hasil penilaian karya Siswa lebih meningkat dalam kegiatan tindak praktek yang dilaksanakan oleh Siswa kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo. Hasil penelitian tindak praktek dalam kegiatan proses pembelajaran Seni Rupa dengan menerapkan teknik arsir untuk meningkatkan hasil karya Siswa kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo dilakukan tiga tahap yaitu : tahap persiapan, tahap proses kerja atau (pembuatan desain), dan tahap proses arsir atau (hasil arsir).

Kata kunci : Penerapan, Teknik Arsir, Sketsa.


References


Arsana, Banu. 2013. Sketsa Dan Gambar 1. Jakarta; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Ahmadi, H. Abu. Uhbiyati, Nur. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta; PT Rineka Cipta.

Budi, Halim. 2015. Panduan Terlengkap Jago Gambar Dengan Pensil. Pustaka Diantara.

B. Uno, Hamzah. 2012. Profesi Kependidikan Problema, Solusi, Dan Reformasi Pendidikan Di Indonesia. Jakarta; Bumi Aksara.

C.Wang,Thomas. 2006. Sketsa Pensil. Erlangga.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode penelitian pendidikan. Bandung; Alfabeta.

Mulyatiningsih, Dr. Endang. 2014. Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Bandung; Alfabeta, cv.

Rohman, Irfan Abdul. 2015. Panduan Menggambar Ilustrasi & Wajah Dengan Pensil. Jakarta; Media Kita.

Sugiono. 2013. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualilitaif dan R&D). Bandung; Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung ; PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan.Jakarta. Kencana.

Shovi, Ghifarin. 2017. Pembelajaran Seni Lukis Menggunakan Media Pasir Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Gorontalo. Jurusan Seni Rupa Dan Desain. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Gorontalo.

Priatna, Angga. 2014. Jago Gambar Pake Pensil Dari Nol. Jakarta; Wahyu Media

Sumber Wawancara:

Supri. Wawancara, 2 Februari 2017.

Pukul 9:54 Wita

Supri. Wawancara, 25 Agustus 2017.

Pukul 9:15 Wita


Refbacks

  • There are currently no refbacks.








Given by:

DEPARTMENT OF FINE ARTS AND DESIGN
FACULTY OF ENGINEERING, STATE UNIVERSITY OF GORONTALO

Jl. Prof. Dr. Ing. BJ Habibie, Moutong Village, Tilongkabila District, Bone Bolango Regency – Gorontalo Province 96554 Indonesia
Telephone : 0435-821752
Website : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjsd
email: jjsd.2021@ung. ac .identifier

Lisensi Creative Commons


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License