Kreativitas Siswa Kelas XII Kriya Tekstil SMK Negeri 4 Gorontalo Dalam Menerapkan Sulaman Karawo Pada Ikat Celup

Nurjein Yunus, Hasmah Hasmah, Ulin Naini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjadikan siswa kelas XII Kria Tekstil bisa berfikir lebih kreatif dalam menerapkan sulaman karawo ini lebih bervariasi dari produk yang sebelumnya mereka buat. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari hasil karya siswa kelas XII Kria Tekstil dalam menerapkan sulaman karawo pada ikat celup. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang kemudian nilai yang diperoleh masing-masing siswa dikategorikan berdasarkan kategori yang tentukan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam menerapkan sulaman karawo pada ikat celup siswa kelas XII Kria Tekstil mampu berkreativitas. Berdasarkan hasil rekapitulasi dari masing-masing aspek penilaian diantaranya adalah kelancaran, keluwesan dan orisinalitas. Pada aspek kelancaran jumlah skor yang didapat sebesar 84 dengan jumlah rata-rata 3,5 jika dipresentasikan sebesar 86,4%. Pada aspek keluwesan jumlah skor yang didapat yaitu sebesar 82 dengan jumlah rata- rata 3,41 jika dipresentasikan sebesar 85,4%. Selanjutnya pada aspek orisinalitas jumlah skor yang didapat sebesar 72 dengan jumlah rata-rata sebesar 3 dan hasil presentasenya sejumlah 82,63%

 

Kata Kunci: Kreativitas, Karawo, Ikat Celup

Kreativitas Siswa Kelas Xii Kria Tekstil Smk Negeri 4 Gorontalo Dalam Menerapkan Sulaman Karawo

Pada Ikat Celup

References


Budiyono,dkk. 2008. Kriya Tekstil. Jakarta; Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan

Cut Kamaril Wardhani dan Ratna Panggabean. 2004. Tekstil. Jakarta

Chandra, Julius.1994. Kreativitas. Yogyakarta; Kanisius

Djibu, Roslina. 2013. Kreativitas Siswa Pada Karya Mekrame Kelas XI Jurusan Kria Tekstil di SMK Negeri 4 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Teknik Kriya dan Teknik Industri Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo.

Damajanti, Irma. 2013. Psikologi Seni. Bandung; PT Kiblat Buku Utama

Dwi Yuniasari Palupi dan Sri Herlina. 2013. Pewarnaan Tekstil Satu. Jakarta; Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat

Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

H. Darmadi. 2017 Pengembangan Model dan Metode Pembeljaran Dalam Dinamika Belajar Siswa Yogyakarta; CV. Budi Utama

Hariana dan Trifandi. 2012. Analisa Proses Produksi Sulaman Kerawang Khas Gorontalo. Penelitian. Jurusan Teknik Kriya dan Teknik Industri Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo.

Hasyim, Henny. 2010. Tie Dye. Surabaya: Tiara Aksa

Kardiman dkk. 2006. Ekonomi Dunia Keseharian Kita. Yudhistira

Kusantati, Herni dkk. 2007. Keterampilan. Grafindo Media Pratama

Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta; Rineka Cipta

Nazir. 2005. Metode Penelitian. Bogor; Ghalia Indonesia

Purwanto, Edy dkk. 2006. Saya ingin terampil dan kreatif. Grafindo Media Pratama

Riduwan. 2013. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung; Alvabeta,

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.. Bandung:Alfabeta,CV

Tabrani.2014. Proses Kreasi Gambar Anak Proses Belajar. Jakarta; Erlangga

Sumber Internet

http://blogspotelikurnitiningsih.blogs pot.com diakses tgl 5 april 2017,

:48

http://repository.upi.edu/2509/6/T_IP S_1104001_Chapter3.pdf diakses pada tanggal 4 mei 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.








Given by:

DEPARTMENT OF FINE ARTS AND DESIGN
FACULTY OF ENGINEERING, STATE UNIVERSITY OF GORONTALO

Jl. Prof. Dr. Ing. BJ Habibie, Moutong Village, Tilongkabila District, Bone Bolango Regency – Gorontalo Province 96554 Indonesia
Telephone : 0435-821752
Website : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjsd
email: jjsd.2021@ung. ac .identifier

Lisensi Creative Commons


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License