Kreativitas Siswa Kelas XII Kriya Tekstil SMK Negeri 4 Gorontalo Dalam Menerapkan Sulaman Karawo Pada Ikat Celup
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjadikan siswa kelas XII Kria Tekstil bisa berfikir lebih kreatif dalam menerapkan sulaman karawo ini lebih bervariasi dari produk yang sebelumnya mereka buat. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari hasil karya siswa kelas XII Kria Tekstil dalam menerapkan sulaman karawo pada ikat celup. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang kemudian nilai yang diperoleh masing-masing siswa dikategorikan berdasarkan kategori yang tentukan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam menerapkan sulaman karawo pada ikat celup siswa kelas XII Kria Tekstil mampu berkreativitas. Berdasarkan hasil rekapitulasi dari masing-masing aspek penilaian diantaranya adalah kelancaran, keluwesan dan orisinalitas. Pada aspek kelancaran jumlah skor yang didapat sebesar 84 dengan jumlah rata-rata 3,5 jika dipresentasikan sebesar 86,4%. Pada aspek keluwesan jumlah skor yang didapat yaitu sebesar 82 dengan jumlah rata- rata 3,41 jika dipresentasikan sebesar 85,4%. Selanjutnya pada aspek orisinalitas jumlah skor yang didapat sebesar 72 dengan jumlah rata-rata sebesar 3 dan hasil presentasenya sejumlah 82,63%
Kata Kunci: Kreativitas, Karawo, Ikat Celup
Kreativitas Siswa Kelas Xii Kria Tekstil Smk Negeri 4 Gorontalo Dalam Menerapkan Sulaman Karawo
Pada Ikat CelupFull Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Budiyono,dkk. 2008. Kriya Tekstil. Jakarta; Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
Cut Kamaril Wardhani dan Ratna Panggabean. 2004. Tekstil. Jakarta
Chandra, Julius.1994. Kreativitas. Yogyakarta; Kanisius
Djibu, Roslina. 2013. Kreativitas Siswa Pada Karya Mekrame Kelas XI Jurusan Kria Tekstil di SMK Negeri 4 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Teknik Kriya dan Teknik Industri Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo.
Damajanti, Irma. 2013. Psikologi Seni. Bandung; PT Kiblat Buku Utama
Dwi Yuniasari Palupi dan Sri Herlina. 2013. Pewarnaan Tekstil Satu. Jakarta; Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat
Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
H. Darmadi. 2017 Pengembangan Model dan Metode Pembeljaran Dalam Dinamika Belajar Siswa Yogyakarta; CV. Budi Utama
Hariana dan Trifandi. 2012. Analisa Proses Produksi Sulaman Kerawang Khas Gorontalo. Penelitian. Jurusan Teknik Kriya dan Teknik Industri Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo.
Hasyim, Henny. 2010. Tie Dye. Surabaya: Tiara Aksa
Kardiman dkk. 2006. Ekonomi Dunia Keseharian Kita. Yudhistira
Kusantati, Herni dkk. 2007. Keterampilan. Grafindo Media Pratama
Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta; Rineka Cipta
Nazir. 2005. Metode Penelitian. Bogor; Ghalia Indonesia
Purwanto, Edy dkk. 2006. Saya ingin terampil dan kreatif. Grafindo Media Pratama
Riduwan. 2013. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung; Alvabeta,
Sugiyono.2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.. Bandung:Alfabeta,CV
Tabrani.2014. Proses Kreasi Gambar Anak Proses Belajar. Jakarta; Erlangga
Sumber Internet
http://blogspotelikurnitiningsih.blogs pot.com diakses tgl 5 april 2017,
:48
http://repository.upi.edu/2509/6/T_IP S_1104001_Chapter3.pdf diakses pada tanggal 4 mei 2017
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Given by:
DEPARTMENT OF FINE ARTS AND DESIGN
FACULTY OF ENGINEERING, STATE UNIVERSITY OF GORONTALO
Jl. Prof. Dr. Ing. BJ Habibie, Moutong Village, Tilongkabila District, Bone Bolango Regency – Gorontalo Province 96554 Indonesia
Telephone : 0435-821752
Website : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjsd
email: jjsd.2021@ung. ac .identifier
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License