Analisis Kebutuhan Guru Seni Budya di SMP dan MTs di Kabupaten Bone Bolango
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan guru ideal Seni Budaya di SMP dan MTs di Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh guru Seni Budaya di Sekolah SMP dan MTs di Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 65 guru yang mengajar mata pelajaran Seni Budaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa jumlah sekolah di SMP dan MTs di Kabupaten Bone Bolango tahun 2022, yaitu berjumlah 47 sekolah. Jumlah guru Seni Budaya di SMP berjumlah 54 guru, dan jumlah guru Seni Budaya di MTs yaitu berjumlah 11 guru, dengan jumlah kebutuhan guru ideal yang dibutuhkan di SMP dan MTs, yaitu berjumlah 57 guru, dari 57 orang guru tersebut yang mengajar mata pelajaran Seni Budaya terdapat 5 orang guru yang sudah tersertifikasi dan bisa dikatakan sebagai guru ideal, sedangkan 52 orang guru belum ideal, Ini menunjukkan bahwa jumlah kebutuhan guru Seni Budaya yang ideal di SMP dan MTs di Kabupaten Bone Bolango masih kurang, dan jumlah guru Seni Budaya yang tidak ideal lebih banyak dibandingkan dengan jumlah guru yang ideal.
Kata Kunci: Analisis, Kebutuhan, Guru, Seni Budaya
Full Text:
PDFReferences
Danim, Sudarwan dan Barizi, Ahmad. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Jakarta. Dividi dari Prenadamedia Group.
Gaffar, F. M. 1987. Perencanaan Pendidikan: Teori dan Metodologi. Jakarta.
Hinelo, Hariana, Dangkua. Pembelajaran Menggambar Bentuk Model Komposisi Benda Kubistis dan Silindris Siswa SMA Negeri 1 Gorntalo. Jambura : Jurnal Seni Seni dan Desain Volume 2 No. 2. 2022.
Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun, 2008. https//simpuh. Kemenag.go.id.PDF PP74 Tahun 2008.rtf-SIMPUH.
Sudarsono. 2015. Analisis Kebijakan Pemenuhan Beban Kerja Guru SMA Negeri di Tarakan. Jurnal. Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 3, Nomor 1, https://ejournal.umm.ac.id.8 Januari 2015.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta
Sugiono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung. Alfabeta.
Wijaya, Candra. 2019. Manajemen Sumberdaya Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Medan. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI)
Yusutria. 2017. Profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Jurnal
Curricula, 2(1),46.http://ejourna l.lldikti10. id/index. php/ curricula/article. Di akses 13 desember 2021.
Narasumber:
Jalaludin, 43 Tahun, staf bagian data dan informasi di Dinas Pendidikan Kabupaten Bone Bolang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Given by:
DEPARTMENT OF FINE ARTS AND DESIGN
FACULTY OF ENGINEERING, STATE UNIVERSITY OF GORONTALO
Jl. Prof. Dr. Ing. BJ Habibie, Moutong Village, Tilongkabila District, Bone Bolango Regency – Gorontalo Province 96554 Indonesia
Telephone : 0435-821752
Website : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjsd
email: jjsd.2021@ung. ac .identifier
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License