Desain Kemasan Multifungsi untuk Akuarium Ikan Hias

Andika Pramudia

Abstract


Pemeliharaan ikan hias pada umumnya penggunakan wadah yang biasa disebut akuarium. Akuarium adalah suatu wadah yang terbuat dari bahan yang tembus cahaya atau transparan seperti kaca, akrilik atau bahan lainnya yang fungsinya untuk melihat isi dari apa yang penting bagi kita. Akuarium saat ini tidak hanya berfungsi sebagai wadah ikan, tetapi juga sebagai nilai tambah ruangan, Dalam wawancara awal yang dilakukan oleh peneliti, kendala dalam pemeliharaan akuarium seringkali akuarium bocor atau. Terjadinya akuarium bocor biasanya disebabkan karena akuarium terbentur kecil secara tidak sengaja saat dibawa. Bisa juga disebabkan penempatan akuarium tanpa media peredam sehingga bocor pada waktu – waktu tertentu akibat tekanan getaran yang dihasilkan oleh filter. Melalui permasalahan tersebut, peneliti membuat produk ini menggunakan material utama jati belanda yang memiliki sifat kebal terhadap benturan dan memiliki bobot yang ringan.

Metode penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara menyebarkan observasi, wawancara dan kuisioner kuantitatif kepada responden pemilik akuarium ikan hias yang merupakan data untuk mendukung penelitian. Setelah informasi tersedia, analisis desain dilakukan. Hasil analisis kemudian direkap pada sintesa desain. Selanjutnya membuat desain alternatif untuk dilakukan visual kuesioner pada pemilik toko ikan hias hias dan pembeli ikan hias. Desain alternatif dengan hasil pilihan terbanyak ditambahkan kritik dan saran dari responden dan dijadikan desain final. Kemudian desain final direalisasikan melalui pembuatan gambar teknik untuk keperluan proses produksi.  Hasil dari penelitian ini adalah desain kemasan multifungsi untuk akuarium ikan hias, menggunakan kata multifungsi karena memiliki lebih dari 1 kegunaan. Selain menjadi kemasan, produk ini juga berfungsi sebagai display produk yang bisa dibongkar pasang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.








Given by:

DEPARTMENT OF FINE ARTS AND DESIGN
FACULTY OF ENGINEERING, STATE UNIVERSITY OF GORONTALO

Jl. Prof. Dr. Ing. BJ Habibie, Moutong Village, Tilongkabila District, Bone Bolango Regency – Gorontalo Province 96554 Indonesia
Telephone : 0435-821752
Website : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjsd
email: jjsd.2021@ung. ac .identifier

Lisensi Creative Commons


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License