Analisis Kesulitan Guru Matematika dalam Menerapkan Proses Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning)

Perry Zakaria, Abas Kaluku, Ferdy Rontos

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan merumuskan kesulitan-kesulitan yang dialami guru matematika SMP di kota Gorontalo dalam menerapkan proses pembelajaran jarak jauh (distance learning). Serta merumuskan penyebab kesulitan guru matematika SMP di kota Gorontalo dalam menerapkan proses pembelajaran jarak jauh (distance learning). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan jenis penelitian survei yang populasinya seluruh guru matematika SMP di kota Gorontalo, berjumlah 52 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang diperoleh dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan angket kesulitan guru matematika SMP di kota Gorontalo selama masa distance learning, dan juga menggunakan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini data di analisis per responden dan per indikator mengguna analisis presentase kemudia hasil keduanya dikaitkan untuk menemukan kesulitan yang dialami guru. Kemudian setiap kesulitan itu dianalisis lagi menggunakan analisis presentase deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penggunaan alat peraga selama masa distance learning 45% guru cukup kesulitan, 35% sedikit kesulitan, dan hanya 20% yang tidak kesulitan. Dalam penggunaan metode pembelajaran juga guru cukup kesulitan (40 %) dan bahkan ada 7,5% yang merasa sangat kesulitan. Sementara hanya 15% yang tidak kesulitan. Kemudian dalam hal mengelolah kelas, 42,5% guru matematika SMP di kota Gorontalo cukup kesulitan bahkan ada 7,5% yang merasa sangat kesulitan, sementara hanya 12,5% yang merasa tidak kesulitan. Dari data hasil penelitian diperoleh juga beberapa penyebab kesulitan yang dialami oleh sebagian besar guru matematika SMP di kota Gorontalo selama masa distance learning yaitu kurangnya fasilitas penunjang pembelajaran matematika, kesulitan mengembangkan metode yang sesuai dengan kondisi pembelajaran di masa distance learning, lingkungan belajar siswa yang kurang kondusif, dan ketidak tersediaan gawai/komputer/leptop siswa. Berdasarkan data dari penelitian ini diperoleh beberapa kesulitan yang dialami guru matematika SMP di kota Gorontalo pada masa distance learning yaitu kesulitan dalam penggunaan alat peraga, kesulitan dalam penggunaan metode, dan kesulitan mengelolah kelas.

Keywords


Kesulitan Guru Matematika; Distance Learning; Covid-19

Full Text:

PDF [Indonesia]

References


“SE-Sesjen-Nomor-15-Tahun-2020-2.pdf.” Accessed: Feb. 18, 2021. [Online]. Available:https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/05/SE-Sesjen-Nomor-15-Tahun-2020-2.pdf.

R. AD, Mengajar Dengan Sukses. Jakarta: Grasindo, 2008.

P. U. Suseno, Y. Ismail, and S. Ismail, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia,” Jambura J. Math. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 59–74, Sep. 2020.

M.F. Annur and H. Hermansyah, “Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19,” Paedagoria: Jurnal Kajian Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, vol. 11, no. 2, pp. 195-201, 2020.

L. D. Herliandry, N. Nurhasanah, M. E. Suban, and H. Kuswanto, “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” JTP - J. Teknol. Pendidik., vol. 22, no. 1, pp. 65–70, Apr. 2020.

A. Amalina, “Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19 Tahun 2020,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 538, Jul. 2020.

S. D. Handayani and A. Irawan, “Pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik,” J. Math Educ. Nusant. Wahana Publ. Karya Tulis Ilm. di Bid. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 2, pp. 179–189, Nov. 2020.

H. H. Batubara and D. S. Batubara, “Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona,” Muallimuna J. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 5, no. 2, p. 21, May 2020.

I. Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press, 2008.

M.B Matthew and H. A. Michael, Analisis data kualitatif : buku sumber tentang metode metode baru. Jakarta: (UI -Press), 1992.

R. E.T, Pengajaran Matematika Modern. Bandung: Tarsito, 1980.

E. Suherman, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI, 2001.

W. Sanjaya, Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: kencana prenada media, 2019.

D.E. Andriani, “Mengembangkan Profesionalitas Guru Abad 21 Melalui Program Pembimbingan Yang Efektif,” J. Manaj. Pendidik. UNY, Oct. 2010.

A.B. Zuhairatul, “Analisis Kesulitan Guru dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik di MIN I Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018,” Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram, 2018.

A. S. Muslimah, “Analisis Kesulitan Guru SMA dalam Pembelajaran Ekonomi Berdasarkan Kurikulum 2013 MGMP di Kabupaten Sleman,” Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2015.




DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.10003

Refbacks



Copyright (c) 2021 Jambura Journal of Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jambura Journal of Mathematics Education has been indexed by:


                         EDITORIAL OFFICE OF JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION

 Department of Mathematics, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96554, Indonesia
 Email: matematika@ung.ac.id
 +6285255745923 (Call/SMS/WA)
 Jambura Journal of Mathematics Education (JMathEdu | eISSN: 2721-7477) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.  Powered by Public Knowledge Project OJS.

slot online slot gacor slot