Deskripsi Penggunaan Media E-Learning dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19

Evi Hulukati, Novianita Achmad, Muhammad Afdal Bau

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penggunaan  media e-learning dalam pembelajaran matematika di masa pandemi (Covid-19). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kuantitatif dengan populasi seluruh peserta didik kelas IX SMP N 4 Kota Gorontalo yang berjumlah 217 peserta didik. Sampel dalam penelitian sebanyak 22 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Data penelitian diperoleh dari lembar pengamatan guru dan peserta didik terkait penggunaan media e-learning ( Zoom, Whatsapp, Google Classroom), tes hasil belajar angket respon peserta didik  serta wawancara guru dan peserta didik tentang penggunaan media  e-learning dalam pembelajaran matematika di masa pandemi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media e-learning dalam pembelajaran matematika di masa pandemi berada pada kategori kurang baik  yang ditunjukan dengan Kegiatan Guru memperoleh rata-rata presentase 54,4%, kegiatan Peserta didik memperoleh rata-rata 60%, respon peserta didik memperoleh rata-rata 73,6%, dan tes hasil belajar presentase peserta didik yang tuntas adalah 45.4% dan peserta didik yang tidak tuntas sebesar 54,5%.

Keywords


Media E-Learning; Pembelajaran Matematika; Covid-19.

Full Text:

PDF [Indonesia]

References


V. Damopolii, N. Bito, and R. Resmawan, “Efektifitas Media Pembelajaran berbasis Multimedia pada Materi Segiempat,” Algoritm. J. Math. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 74–85, 2019.

D. Wungguli and L. Yahya, “Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Dimensi Tiga,” Jambura J. Math. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 41–47, Mar. 2020.

S. D. Tamu, E. Hulukati, and I. Djakaria, “Pengembangan Modul dan Video Pembelajaran Matematika Persiapan Ujian Nasional pada Materi Dimensi Tiga,” Jambura J. Math. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 21–31, Mar. 2020.

N.L. Ucu, S.D.E. Paturusi, and S.R.U.A Sompie, “Analisa Pemanfaatan E-Learning untuk Proses Pembelajaran,” E-J. Teknik Informatika., vol. 13, no. 1, 2018.

D. Haqien and A.A. Rahman, “Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” Susunan Artikel Pendidikan., vol. 5, no. 1, pp. 51–56, 2020.

M.F. Annur and H. Hermansyah, “Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19,”Paedagoria J. Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan., vol. 11, no. 2, pp. 195–201, Juli. 2020.

A. Setiyani, “Efektifitas proses Belajar Aplikasi Zoom di masa Pandemi dan Setekah Pandemi Covid-19,” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES., pp. 524–530, 2016.

L. Lutfiyah, and D.N. Sulisawati, “Efektifitas Pembelajaran Matematika Menggunakan E-Learning,” J. Pendidikan Matematika., vol. 2, no. 1, pp. 58–65, 2019.

F. Fitriyani and N. Nurjannah, “Peranan E-Learning Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama,” J. On Pedagogical Mathematics., vol. 1, no. 2, pp. 102–110, 2019.

I.I. Supianti, “Dampak Penerapan E-Learning dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Matematika,” J.Teorema Sci., vol. 1, no. 1, 2016

N.A. Yensy, “Efektiifitas Pembelajaran Statistika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid-19) ,” J. Math. Educ., vol. 10, no. 1, pp. 69–80, 2019.

W. Wiryanto, “Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19 ,” J. Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian., vol. 6, no. 2, 2020.

S.D. Handayani and A. Irawan, “Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19, “ J. Math Educator Nusantara., pp. 181–189 Nov 2020.

N. Nurfayanti and N. Nurbayati,” Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa , ”J. Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika., vol. 2, no. 1, pp. 50–59, Feb. 2019.

P. A. M Aryawati, J. Waluyo, and J. Prihatin “Analisis Respon Siswa Terhadap Model Pairs, Investigation and Communication (PIC) Dalam Pembelajaran IPA,” J.Pembelajaran dan Pendidik Sain., vol. 2, no.1, pp. 9–15, 2017.




DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.10061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jambura Journal of Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jambura Journal of Mathematics Education has been indexed by:


                         EDITORIAL OFFICE OF JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION

 Department of Mathematics, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96119, Indonesia
 Email: matematika@ung.ac.id
 +6285255745923 (Call/SMS/WA)
 Jambura Journal of Mathematics Education (JMathEdu | eISSN: 2721-7477) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.  Powered by Public Knowledge Project OJS.