Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Pola Bilangan

Kartin Usman, Hamzah B Uno, Franky A Oroh, Raviani Mokolinug

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi pola bilangan. Penelitan dilaksanakan di SMPN 2 Suwawa pada Tahun Ajaran 2020/2021 denga subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.  Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan wawancara, tes digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa, sementara wawancara digunakan untuk melengkapi dan memperkuat informasi tambahan yan diperlukan. Kemampuan berpikir kritis diukur dengan 4 indikator, yaitu: 1. Memberikan penjelasan sederhana, 2. Membangun keterampilan dasar, 3. Menyimpulkan, 4. Mengatur strategi dan taktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMPN 2 Suwawa termasuk dalam kategori kurang yaitu sebesar 53,35%.

Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis; Pola Bilangan

Full Text:

PDF [Indonesia]

References


R. A. Juwantara, “Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika”, Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah., vol. 9, no.1, pp. 27-34, Jun. 2019

N. A. Yunus, E. Hulukati, dan I. Djakaria, ”Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Penalaran Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik”, Jambura J.Math., vol. 2, no.1, pp.30-38, Jan. 2020

R. Rosmaiyadi,”Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Learning Cycle 7E Berdasarkan Gaya Belajar”, Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro., vol.6, no.1, pp.12-19, 2017

N. Yunita, T. Rosyana dan H. Hendriana, ”Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Matematis Siswa SMP”, Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif., vol.1, no.3, pp.325-332, Mei 2018

S. Ismail dan H. O. Bempah,”Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Kalkulus I Materi Limit Fungsi”, Jurnal Entropi, vol.13, no.1, pp.7-13, Feb. 2018

R. Aulia dan Mukhni,”Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Padang”, Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika., vol.7, no.4, pp.127-133, Dec. 2018

G. Alexandra dan N. Ratu,”Profil Kemampuan Berpikir Kritis matematis Siswa SMP dengan Graded Response Models”, Jurnal Mosharafa, vol.7, no.1, pp.103-112 , Jan. 2018

K. Umam,”Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis matematis Siswa Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching”, Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia., vol.3, no.2, pp.57-61, Sept.2018

C. Novtiar dan U. Aripin,” Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Melalui Pendekatan Open Ended”, Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana., vol.6, no.2, pp.119-131, Dec.2017

W. Wiliawanto, M. Bernard, P. Akbar, dan A. I. Sugandi,”Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik siswa SMK”, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika., vol.3, no.1, pp.136-145, Mei 2019

A. Sujana, R. Rifa’I, dan N. Astuti,”Penerapan Strategi Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP”, JPPM., vol.12, no.1, 2019

F. Diana dan A. Fauzan,”Pengembangan Desain Pembelajaran Topik Pola Bilangan Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) di Kelas VIII SMP/Mts”, Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika., vol.7, no.4, pp.43-52, De.2018

A. I. Setyprini, A. A. Saefudin dan H. Haryanto,”Pengembangan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Materi Pola Bilangan”, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika., vol.9, no.9, pp.1260-1267, Dec. 2020

S. Nuna, R. Resmawan, dan D. R. Isa, “Identifikasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Spasial pada Topik Prisma dan Limas,” Jambura J. Math. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 90–97, Oct. 2020.




DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.10260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jambura Journal of Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jambura Journal of Mathematics Education has been indexed by:


                         EDITORIAL OFFICE OF JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION

 Department of Mathematics, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96119, Indonesia
 Email: matematika@ung.ac.id
 +6285255745923 (Call/SMS/WA)
 Jambura Journal of Mathematics Education (JMathEdu | eISSN: 2721-7477) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.  Powered by Public Knowledge Project OJS.