Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika di Tengah Pandemi Covid-19
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF [INDONESIA]References
Y. Yuliyana, “Corona Virus Disease (covid-19): Sebuah Tinjauan Literatur,” Jurnal Welleness and Healthy Magazine, vol. 2, no. 1, pp. 187-192, 2020.
O. I. Handarini, and S. S. Wulandari, ''Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19'', Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol. 8, no. 3, pp. 496-503, 2020.
N. D. Dabbagh, Online Learning, Concepts, Strategies and Application. Ohio: Person, 2005.
R. N. Auliya, “Kecemasan matematika dan pemahaman matematis,” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA., vol. 6, no. 1, pp. 12-22, 2016.
H. Cahyono, “Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa MIN JANTI,“ Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 7, no. 1, pp. 1-4, 2019.
F. Jamal, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan,“ Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), Vol. 1, No. 1, pp. 18-36, 2014.
R. A. Apsari, S. Sripatmi, M. A. Maulyda, and N. H. Salsabila, ”Pembelajaran Matematika dengan Media Obrolan Kelompok Multi-Arah sebagai Alternatif Kelas Jarak Jauh,” Jurnal Elemen, vol. 6, no. 2, pp. 318-332, 2020.
H. H. Batubara, Media Pembelajaran Efektif, Semarang: Fatwa Publishing, 2020.
N. A. Yensy, ”Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika Melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19),” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia., vol. 6, no. 2, pp. 65-74, 2020.
R. Andriani, ”Evaluasi Pembelajaran Onlne Matematika Siswa kelas 5 SD Negeri 5 Metro Pusat, ” Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Metro Lampung, 2020.
M. Mustakim, ''Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid- 19 Pada Mata Pelajaran Matematika'', Al Asma: Journal of Islamic Education, Vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2020.
A. W. Abdullah, N. Achmad, and N. C. Fahrudin, “Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Daring pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar,” Euler J. Ilm. Mat. Sains dan Teknol., vol. 8, no. 2, pp. 36–41, Dec. 2020, doi: 10.34312/euler.v8i2.10324.
A. W. Abdullah, D. R. Isa, and N. F. Podungge, “Analisis Hasil Balajar Matematika Siswa pada Meteri Matriks Melalui Pembelajaran Berbasis E-Learning,” Euler J. Ilm. Mat. Sains dan Teknol., vol. 9, no. 1, pp. 1–5, Apr. 2021, doi: 10.34312/euler.v9i1.10325.
S. Zakiyah, K. Usman, and A. P. Gobel, “Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pembelajaran Daring pada Materi Persamaan Kuadrat,” Jambura J. Math. Educ., vol. 2, no. 1, Mar. 2021, doi: 10.34312/jmathedu.v2i1.10268.
E. Hulukati, N. Achmad, and M. A. Bau, “Deskripsi Penggunaan Media E-Learning dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19,” Jambura J. Math. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 21–27, Mar. 2021, doi: 10.34312/jmathedu.v2i1.10061.
E. Hulukati, N. Achmad, and M. A. Bau, “Deskripsi Penggunaan Media E-Learning dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19,” Jambura J. Math. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 21–27, Mar. 2021, doi: 10.34312/jmathedu.v2i1.10061.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendeaktan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
M. F. Annur and H. Hermansyah, ''Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19'', Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, Vol. 11, No. 2, pp. 195-201, 2020.
DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.11105
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jambura Journal of Mathematics Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jambura Journal of Mathematics Education has been indexed by:
EDITORIAL OFFICE OF JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION |
Department of Mathematics, Universitas Negeri Gorontalo Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96554, Indonesia |
Email: matematika@ung.ac.id |
+6285255745923 (Call/SMS/WA) |
Jambura Journal of Mathematics Education (JMathEdu | eISSN: 2721-7477) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS. |