Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
N. R. Sari, W. Hidayat, A. Yuliani, "Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa kelas X SMA pada MAteri SPLTV Ditinjau dari Self Efficacy". UNION : J. I. Pend Mat., vol. 7, No. 1, 2019.
S. Saihu, "The Effect of Using Talking Stick Learning Model on Student Learning Outcomes in Islamic Primary School of Jamaitul Khair, Ciledug Tangerang. Tarbawi : J. Keilmuan Manajemen Pend., vol. 6 no 1, 2020.
W. Ade, E. Hulukati, and S. Zakiyah, “Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Madrasah Aliyah Al-Falah Limboto Barat,†Jambura J. Math. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 57–62, Mar. 2022, doi: 10.34312/jmathedu.v3i1.13282.
M. Achdiyat and F. Andriyani, “Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Model Pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI),†Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 6, no. 3, Dec. 2016, doi: 10.30998/formatif.v6i3.996.
L. Andriani and R. Revita, "Pengaruh Model Think Pair Share dengan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika," J. Cendekia : J. Pend. Mat., vol. 02, no. 1, pp.118-124, 2018.
D. Hasiru, S. Q. Badu, and H. B. Uno, “Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh,†Jambura J. Math. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 59–69, Jul. 2021, doi: 10.34312/jmathedu.v2i2.10587.
H. Hermawan., B. Paloloang, dan Sukaryasa, "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 4 Bajungan Pada Operasi Hitung Campuran,“ Jurnal Kreatif Tandulako Online, vol. 4, no. 9, 2018.
S. Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
L. N. Sutiari, "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi,†Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 3, no. 1, 2019.
L. Munandar, dan A. N. Noor, "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Dan TPS Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika," Jurnal Ilmu Pendidikan STKIP Kusuma Negara, vol. 11, no. 1, 2019.
Y. D. Nur Megawati and A. R. Sari, “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012,†J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 10, no. 1, Jun. 2012, doi: 10.21831/jpai.v10i1.927.
M. Huda, Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
S. Ahmad, Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013.
F. Marlianto, "Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Hasil Belajar Materi Manajemen File," JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara, vol. 1, no. 1, pp. 58-68, 2021.
W. Nurmala, M. A. Tiro, and W. Sanusi, "The Effect of Team Assisted Individualization (TAI) Cooperative Learning on Mathematics Learning Outcomes" In International Conference on Educational Studies in Mathematics (ICoESM 2021), 2021, pp. 57-61.
I. Munawarah, A. K. Jaelani, and M. Turmuzi, "Penerapan Model Team Assisted Individualization Pada Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Bagik Polak Barat," Jurnal Ilmiah Mandala Education, vol. 8, no. 1, 2022.
S. Suyitno, M. E. Anitasari, R. Rakha, and Y. B. "The Application of The Teams Assisted Individualization (TAI) Learning Model to Improve Learning Outcome of The Starter Motor Electrical System in VHS.," Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 28, no. 1, 2022.
R. H. Prameswari, and F. Hakim, "Innovation in the Implementation of the Team Assisted Individualization Learning Model Based on Hands-On-Activity to Improve Students' Motivation and Concept Understanding," Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, vol. 11, no. 2, pp. 203-216, 2021.
M. F. Fadlilah, S. Purwanto, and L. El Hakim, "Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbatuan Video Interaktif dalam Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 172 Jakarta," Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, vol. 5, no. 2, pp. 14-26, 2021.
Y. Yudhistira, Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK (Asli Perlu Ilmiah Konsisten). Jakarta: PT Grasindo, 2013.
DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16147
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jambura Journal of Mathematics Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jambura Journal of Mathematics Education has been indexed by:
             EDITORIAL OFFICE OF JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION |
 ![]() | Department of Mathematics, Universitas Negeri Gorontalo Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96554, Indonesia |
 ![]() | Email: matematika@ung.ac.id |
 ![]() | +6285255745923 (Call/SMS/WA) |
 ![]() | Jambura Journal of Mathematics Education (JMathEdu | eISSN: 2721-7477) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.  Powered by Public Knowledge Project OJS. |