Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Menggunakan Alat Peraga Kubus dan Balok
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
K. Usman, I. Djakaria, and S. Hasan, “Deskripsi Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika,” J. Karya Pendidik. Mat., vol. 8, no. 1, pp. 13–17, 2021, doi: https://doi.org/10.26714/jkpm.8.1.2021.13-17.
V. T. Kadir, N. Nurwan, S. Zakiyah, and A. D. Mohidin, “Deskripsi Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bilangan Berpangkat di SMP Negeri 1 Biluhu,” Jambura J. Math. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 38–47, Mar. 2022, doi: 10.34312/jmathedu.v3i1.13279.
E. Sucahyo, K. Kartono, and M. Mulyono, “Mathematical Understanding and Self Confidence of Elementary School with Realistic Mathematics Education Model,” J. Prim. Educ., vol. 10, no. 3, pp. 308–322, 2021.
V. Salsabila, “Analisis Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Media Video Pembelajaran Matematika Di Kelas III C SDN Dewi Sartika CBM,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 6, no. 1, pp. 148–154, Jul. 2020, doi: 10.36989/didaktik.v6i1.123.
A. Nadjamuddin and E. Hulukati, “KemampuanLiterasi Numerasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika,” J. Basicedu, vol. 6, no. 1, pp. 987–996, Jan. 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i1.1999.
H. A. Kue, S. Q. Badu, R. Resmawan, and S. Zakiyah, “Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Muhammadiyah Tolangohula,” Res. Math. Nat. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 39–46, Mar. 2022, doi: 10.55657/rmns.v1i1.8.
E. I. F. Hidayat, I. A. Vivi Yandhari, and T. P. Alamsyah, “Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 4, no. 1, pp. 106–113, Apr. 2020, doi: 10.23887/jisd.v4i1.21103.
R. Sastia, “Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa,” J. PEKA (Pendidikan Mat., vol. 3, no. 1, pp. 30–35, Jul. 2019, doi: 10.37150/jp.v3i1.1132.
Y. Kartika, “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP pada materi bentuk aljabar,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 2, no. 2, pp. 777–785, 2018, doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.25.
S. Ningsih, “Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah,” J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, p. 73, Aug. 2014, doi: 10.18592/jpm.v1i2.97.
A. G. Fahrudin, E. Zuliana, and H. S. Bintoro, “Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas,” ANARGYA J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 14–20, Apr. 2018, doi: 10.24176/anargya.v1i1.2280.
A. M. Nasir, I. E. Sari, and Y. Yasmin, “Efektivitas Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar,” J. Stud. Guru dan Pembelajaran, vol. 2, no. 1, pp. 22–32, Mar. 2019, doi: 10.30605/jsgp.2.1.2019.1246.
O. R. Kanastren, H. S. Bintoro, and E. Zuliana, “Pendekatan RME Berbantuan Alat Peraga Manipulatif untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Sambiroto,” J. Medives J. Math. Educ. IKIP Veteran Semarang, vol. 2, no. 2, pp. 195–204, 2018.
C. Utami and R. Anitra, “Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Berdasarkan Gender pada Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantuan Alat Peraga PANDU,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 6, no. 3, p. 475, Nov. 2020, doi: 10.33394/jk.v6i3.2872.
B. Basiran, S. Supriadi, and S. Suroyo, “Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemahaman Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Visual Spasial Siswa SD Kelas V Di Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang,” J. Sains Sosio Hum., vol. 5, no. 2, pp. 1148–1154, Dec. 2021, doi: 10.22437/jssh.v5i2.16530.
DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16369
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jambura Journal of Mathematics Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jambura Journal of Mathematics Education has been indexed by:
EDITORIAL OFFICE OF JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION |
Department of Mathematics, Universitas Negeri Gorontalo Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96554, Indonesia |
Email: matematika@ung.ac.id |
+6285255745923 (Call/SMS/WA) |
Jambura Journal of Mathematics Education (JMathEdu | eISSN: 2721-7477) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS. |