Pengembangan Modul Matematika Berbasis REACT terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik

Sri Wahyuni, Meri Yati, Abi Fadila

Abstract


Bahan ajar merupakan sarana atau alat pembelajaran berisi suatu materi, metode pembelajaran, batasan-batasan, serta cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis serta menarik untuk mencapai kompetensi pembelajaran. Namun kenyataannya pembelajaran matematika menggunakan bahan ajar buku cetak yang sulit dimengerti dalam segi bahasa maupun penjelasan dan pendidik belum membuat bahan ajar berbasis REACT. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis REACT pada materi relasi dan fungsi dan untuk mengetahui efektifitas bahan ajar berbasis REACT pada materi relasi dan fungsi. Metode penelitian ini adalah Research and Development (RD) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Berdasarkan data hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,28 dengan kategori “sangat layak” dan ahli media dengan rata-rata skor 4,01 dengan kategori “sangat menarik”. Sedangkan respon peserta didik mengenai bahan ajar menghasilkan rata-rata skor pada skala kecil yaitu 4,4 dengan kriteria aspek kemenarikan “sangat menarik” dan skala besar yaitu 4,69 dengan kriteria aspek kemenarikan “sangat menarik”. Hasil penilaian uji efektifitas memperoleh skor N-Gain sebesar 0,688 dengan kualifikasi “sedang” dan untuk skor effect size sebesar 2,06 dengan kategori “tinggi” atau dapat dikatakan tingkat keefektifan “tinggi”. Jadi bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika berbasis REACT pada materi relasi dan fungsi dinyatakan telah layak, menarik, dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Keywords


Modul; Pengembangan; REACT

Full Text:

PDF

References


Z. Arifin, Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.

A. Fadila, “Pengembangan LKPD Geometri Transformasi Dengan Motif Tapis Lampung,” J. e-DuMath, vol. 4, no. 2, pp. 59–64, 2018.

F. Farida, “Pengaruh Strategi Pembelajaran Heuristic Vee terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTs Guppibabatan Lampung Selatan,” Al Jabar J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 2, pp. 111–119, 2015.

A. Majid, Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2013.

N. A. Yunus, E. Hulukati, and I. Djakaria, “Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik,” Jambura J. Math., vol. 2, no. 1, pp. 30–38, 2020.

P. Purwosusilo, “No TitlePeningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik SMK melalui Strategi Pembelajaran REACT,” J. Pendidik. dan Ketenaga Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 33–54, 2014.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013.

R. W. Y. Putra and N. Setiawati, “Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Persamaan Garis Lurus,” J. Penelit. dan Pembelajaran Mat., vol. 11, no. 1, pp. 139–148, 2018.

R. Hartati, “Peningkatan Aspek Sikap Literasi Sains Siswa SMP Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPA Terpadu,” Edusain UIN Syarif Hidayatullah, vol. 8, no. 1, pp. 90–97, 2016.

S. Wulandari, E. Tandililing, and S. Mursyid, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMK Menggunakan Lembar Kerja Kumon Pada Materi Hukum II Newton,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 3, no. 6, 2014.

R. Rusti and I. Wilujeng, “Pengaruh Model Advance Organizer Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP,” E-Journal Pendidik. IPA, vol. 7, no. 6, pp. 192–197, 2016.




DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jambura Journal of Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jambura Journal of Mathematics Education has been indexed by:


                         EDITORIAL OFFICE OF JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION

 Department of Mathematics, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96119, Indonesia
 Email: matematika@ung.ac.id
 +6285255745923 (Call/SMS/WA)
 Jambura Journal of Mathematics Education (JMathEdu | eISSN: 2721-7477) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.  Powered by Public Knowledge Project OJS.