BIMBINGAN TEKNIS DAN PENGUATAN KONTEN FISIKA SEBAGAI PERSIAPAN MENGIKUTI SELEKSI PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU
Abstract
Program profesi guru (PPG) memiliki tujuan utama untuk menghasilkan guru bersertifikasi, berkompeten dan professional yang berfungsi sebagai pemberdayaan guru. Rendahnya pengetahuan awal bagi mahasiswa calon guru terkait pelaksanaan teknis dalam mengikuti seleksi program PPG yaitu dimulai dari proses seleksi sampai ke tes substantif bidang keilmuan fisika. Maka kegiatan pengabdian ini diperlukan untuk memberikan bimbingan teknis sebagai persiapan mengikuti seleksi program PPG dan penguatan konten fisika bagi mahasiswa. Metode pelaksanaan terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tahap pelaksanaan dilaksanakan 2 hari. Hari I melakukan bimbingan teknis terkait persiapan seleksi PPG. Hari II Melakukan bimbingan penguatan konten fisika. Subjek kegiatan adalah mahasiswa prodi pendidikan fisika yang berjumlah 39 orang. Instrumen yang digunakan soal pretes dan postes konten fisika yang berjumlah 10 soal dan Angket tingkat kepuasan peserta yang berjumlah 8 item pernyataan. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 48,21 sedangkan nilai postes 87.44. skor n-gain diperoleh 0.75 atau diperoleh persentase peningkatan sekitar 75%. Nilai rata-rata tingkat kepuasan terhadap kegiatan pelatihan 91.83% dengan kategori sangat memuaskan. Kesimpulan dari hasil pengabdian ini mahasiswa dapat memahami konsep teknis terkait seleksi mengikuti program profesi guru dan peningkatan pemahaman konten fisika.
Full Text:
PDFReferences
Aayn, S. L., & Listiadi, A. (2022). Pengaruh Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan, Persepsi Profesi Guru dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Menjadi Guru (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UNESA). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 132–140. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1738
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72.
Estiningtyas, N., Nursetiawati, S., & Jubaedah, L. (2023). Hubungan Praktik Keterampilan Mengajar (Pkm) Terhadap Minat Mahasiswa Pendidikan Tata Rias Dalam Mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(13), 422–434.
Handayani, O. D., Sumantri, M. S., & Dhieni, N. (2023). Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 1–11.
Hibatullah, F. Y., Arsyadi, M. K. W., & Fazri, A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan. Journal on Education, 6(1), 1–13. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/4332
Kamala, I., & Ni’mah, A. (2022). Pendampingan Guru dalam Praktik Pembelajaran Berbasis ICT Pada Program Pendidikan Profesi Guru. JPPNu (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara), 4(1), 1–23.
Kisrianto, A. G., & R, C. iriani. (2018). Persepsi Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Sejarah Terhadap Program PPG. Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(1), 66–83. https://doi.org/10.21009/jps.071.05
Labbaika, W., Fadillah, R., Mudiarty, M., & Prihatini. (2024). Pengaruh Inovasi Pendidikan Melalui Peingkatan Profesional Pendidik Dalam Program Penidikan Profesi Guru. Sindoro Cendekia Pendidikan, 4(3), 60–70.
Mardianto, Y., Azis, L. A., & Amelia, R. (2022). Menganalisis Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Materi Perbandingan Dan Skala Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5), 1313–1322. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1313-1322
Sunaryo, H., Handayani, T., & Zuriah, N. (2020). Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam-Jabatan untuk Menempuh Program Praktik Pengalaman Lapangan. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12430
Tintingon, J. Y., Usoh, E. J., & Sumual, T. E. M. (2023). Pengembangan Sumber Daya Pendidik Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan Profesi Guru Prajabatan di Indonesia. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.16928
Zulfitri, H., Setiawati, N. P., & Ismaini. (2019). Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. LINGUA, Jurnal Bahasa & Sastra, 19(2), 130–136.
DOI: https://doi.org/10.37905/jpti.v3i1.26421
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muliani Muliani, Riza Andriani, Nanda Novita, Widya Widya, Syafrizal Idris, Halimatus Sakdiah, Islami Fatwa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.