PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abubakar. 2010. Analisis Pengaruh Customer Satisfaction, Switching Cost, Dan Trust In Brand Terhadap Customer Retention. Jurnal Ekonomi Manajemen. Universitas Diponegoro. Semarang.
Abungu, H,E., Okere, M.I.O., & Wachanga, S.M. (2014). The Effect of Science Process Skills Teaching Approach on Secondary School Students' Achievement in Chemistry in Nyando District, Kenya. Journal of Educational and Social Research, 4(6): 359-372.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azizahwati, Yasin, R. M.. 2017. "Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kearifan Lokal." Jurnal Geliga Sains 5(1):65-69.
Conny, S. dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.
Damayanti, C. dkk. 2013. Pengembangan Cd Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Tema Getaran dan Gelombang Untuk Siswa SMP Kelas VIII. E-Journal Universitas Negeri Semarang. ISSN: 2252-6609. 2(2): 2013
Ekene, Igboegwu. (2011). Effects Of Co-Operative Learning Strategy And Demonstration Method On Acquisition Of Science Process Skills By Chemistry Students Of Different Levels Of Scientific Literacy. Journal of research and Development. 3(1): 204-212.
Hamdiyati, Y., Kusnadi. 2006. Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Kerja Ilmiah Pada Matakuliah Mikrobiologi. Bandung: UPI.
Hake, R. R. 1999.Hake, R Richard. Hake, R Richard, (Division D), 1-4.
Nuayi, A.W., Very. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Guided Inquiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Pengetahuan Kognitif Siswa. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 1-7
Oktaviana, D., Hartini, S., & Misbah, M. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Membuat Minyak Lala Untuk Melatih Karakter Sanggam. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 272-285.
Risamasu, P. V. M. (2016). Peran Pendekatan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 73-81.
Satriawan, M., Rosmiati. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual Dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Mahasiswa. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya ISSN: 2089-1776 6(1):12 12-17.
Sibarani, Robert. (2012). Kearifan lokal: Hakikat, Peran, dan Metode Tradisi Lisan. Jakarta: Asosiasi Tradisi Lisan.
Sumayana, Y.. (2017). Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Volume 4 Nomor 1 April 2017 ISSN 2355-5343
Suja, I. W. (2005). Profil Kompetensi Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Buleleng. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.
Tanwil, M & Liliasari. (2014). Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit UNM
Verawati, A., Idrus, A.. 2016. Implementasi Nilai-nilai Kearifan lokal. JPIS, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 25, No. 1, Edisi Juni 2016.Universitas Pendidikan Indonesia.
Warianto. (2011). Keterampilan Proses Sains. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v3i2.11166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Tirtawaty Abdjul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.