PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abubakar. 2010. Analisis Pengaruh Customer Satisfaction, Switching Cost, Dan Trust In Brand Terhadap Customer Retention. Jurnal Ekonomi Manajemen. Universitas Diponegoro. Semarang.
Abungu, H,E., Okere, M.I.O., & Wachanga, S.M. (2014). The Effect of Science Process Skills Teaching Approach on Secondary School Students’ Achievement in Chemistry in Nyando District, Kenya. Journal of Educational and Social Research, 4(6): 359-372.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azizahwati, Yasin, R. M.. 2017. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kearifan Lokal.” Jurnal Geliga Sains 5(1):65–69.
Conny, S. dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.
Damayanti, C. dkk. 2013. Pengembangan Cd Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Tema Getaran dan Gelombang Untuk Siswa SMP Kelas VIII. E-Journal Universitas Negeri Semarang. ISSN: 2252-6609. 2(2): 2013
Ekene, Igboegwu. (2011). Effects Of Co-Operative Learning Strategy And Demonstration Method On Acquisition Of Science Process Skills By Chemistry Students Of Different Levels Of Scientific Literacy. Journal of research and Development. 3(1): 204-212.
Hamdiyati, Y., Kusnadi. 2006. Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Kerja Ilmiah Pada Matakuliah Mikrobiologi. Bandung: UPI.
Hake, R. R. 1999.Hake, R Richard. Hake, R Richard, (Division D), 1-4.
Nuayi, A.W., Very. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Guided Inquiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Pengetahuan Kognitif Siswa. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 1-7
Oktaviana, D., Hartini, S., & Misbah, M. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Membuat Minyak Lala Untuk Melatih Karakter Sanggam. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 272-285.
Risamasu, P. V. M. (2016). Peran Pendekatan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 73–81.
Satriawan, M., Rosmiati. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual Dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Mahasiswa. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya ISSN: 2089-1776 6(1):12 12–17.
Sibarani, Robert. (2012). Kearifan lokal: Hakikat, Peran, dan Metode Tradisi Lisan. Jakarta: Asosiasi Tradisi Lisan.
Sumayana, Y.. (2017). Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Volume 4 Nomor 1 April 2017 ISSN 2355-5343
Suja, I. W. (2005). Profil Kompetensi Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Buleleng. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.
Tanwil, M & Liliasari. (2014). Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit UNM
Verawati, A., Idrus, A.. 2016. Implementasi Nilai-nilai Kearifan lokal. JPIS, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 25, No. 1, Edisi Juni 2016.Universitas Pendidikan Indonesia.
Warianto. (2011). Keterampilan Proses Sains. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v3i2.11166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Tirtawaty Abdjul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.