PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Azizah, I. M. (2016). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Permainan Tradisional Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Gaya di Kelas IV Min Ngronggot. Jurnal Dinamika Penelitian, 16(2), 279-308.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Damanik, W. J., & Syahputra, E. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Inspiratif, 4(1), 2442-8876; 2528-0475.
Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk SMA Kelas X. Jurnal Edu Sains, 4(2), 2338-4387.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kaniawati, D.S., Kaniawati, I., & Suwarma, I.R. (2015). Pengaruh Pengintegrasian Pendekatan STEM dalam Learning Cycle 5E Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Seminar Nasional Fisika. Departemen Pendidikan FPMIPA, UPI Bandung.
Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasi Secara Terpadu di lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Rismawati., Wahyuni, K. D., & Kartini. (2014). Penerapan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi Panas pada Siswa Kelas IV SDN No. 1 Balukang 2. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(1), 2354-614.
Trisiana, A., & Wartoyo. (2016). Desain Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa di Universitas Slamet Riyadi di Surakarta. Jurnal Kependidikan, II(I), 313-330.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Intructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis. Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
Ulfah, M., Djudin, T., & Oktavianty, E. (2016). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Hukum Newton di SMP. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Untan Pontianak.
Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam
Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 1858-4543, 2615-609.
DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v4i1.12991
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Alfira S.H Hadis, Mursalin, Dewi Diana Paramata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.