PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 1 BOLIYOHUTO PADA KONSEP FLUIDA STATIS

Hersiq Basri, Mursalin Mursalin, Mohamad Jahja, Citron S Payu, Dewa Gede Eka Setiawan, Raghel Yunginger

Abstract


This study aims to know whether or not there is a difference in the student's cognitive learning outcomes by using a discovery-bassed learning model and problem based learning model on Physics subjects in Static Fluids material. This study applies a quasi-experimental method with a pretest-posttest control group design using two classes. The study site is at SMAN 1 Boliyohuto in the odd semester of 2021. The population in class XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 3, and XI MIA 4, with the sample is class XI MIA 3 and Class XI MIA 4, totaling 15 students, respectively. This study uses t-test in hypothesis analysis, where the test is based on the minimum completeness criteria for 75. Based on the result of hypothesis testing, the t-count value is 0.604102, and the t-table value is 2.144787 (tcount < ttable), so H0 is rejected, and H1 is accepted. The H0 states that there is a difference in students learning outcomes by applying the experimental discovery-based learning model and the problem-based learning model.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran discovery dan model pembelajaran berbasis masalah pada pelajaran fisika materi fluida statis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dan menggunakan desain penelitian pretest-posttest control grup desain dengan menggunakan dua kelas. Tempat pelaksanaan penelitian di SMAN 1 Boliyohuto semester ganjil tahun 2021. Populasi kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 3, Dan XI MIA 4 dengan sampel kelas XI MIA 3 dan Kelas XI MIA 4 yang masing –masing berjumlah 15 peserta didik. Analisis hipotesis dalam penelitian menggunakan uji t, dimana pengujian didasarkan pada Kriteria Ketuntasan minimal disekolah yaitu 75. Berdsarkan hasil pengujian hipotesis diketahui harga t hitung 0.604102 dan harga t tabel yaitu  2.144787 (thitung < ttabel), maka H0 ditolak dan H1 diterima, dimana H0 menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran discovery berbasis eksperimen dengan model problem based learning.

Keywords


Discovery-based Learning; Problem-based learning; Learning outcomes

References


Arends, M. 2009. Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem-Based Learning. Jurnal Kependidikan. 39 (2)

Aziz, A., Rokhmat, J., & Kosim. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Kabupaten Lombok Barat, I(3), 1–5.

Daryanto & Karim, S. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Giancoli, D.C. 2014. Fisika Prinsip Dan Aplikasi (Edisi Ketu). Erlangga.

Herekno, dkk. 2012. Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah DenganMenggunakan Metode Demonstrasi Diskusi dan Eksperimen Ditinjau Dari Kemampuan Verbal dan Gaya Belajar. Jurnal Inquiri. 1 (2), 132-141.

Indra, S. 2011. Korelasi Pengetahuan Alat Praktikum Fisika Dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa Di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 9(1),67-76

Indriani. 2020.Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Virus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Makasar. UMM, 46-51.

Isnah, S., Muhammad, A., & Maruf. 2016. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 249–264.

Kemendikbud RI. 2013. Permendikbud Nomor 8 A 2013. In Implementasi Kurikulum Kurikulum (Issue 1)

Kurniasih, I. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Memahami Berbagai Aspek Dalam Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Male, C. D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Berbasis Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Pemuaian. UNG.

Fitri, M. & Derlina. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor Mariza Fitri, 1308–1314.

Miftahurrahmah. 2016. Penerapan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Fluida Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas XI SMAN 1 Labuhan Haji Aceh Selatan. Ммит, 2016.

Murniati dkk. 2018. Pengembangan Instrumen Asesmen Psikomotorik Materi Fisika Untuk Sekolah Menengah Pertama Sebagai Upaya Melakukan Penilaian Autentik.Ejournal Unsri. 193-202.

Mutmainna, F. 2015. Komparasi Hasil Belajar Fisika Melalui Metode Discovery Learning Dan Assignment And Recitation, 3(1), 46–51.

Putri, I. S., Juliani, R., & Fisika, J. P. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dan Aktivitas Siswa Ihdi Shabrona Putri , Rita Juliani , Ilan Nia Lestari Prodi Pendidikan Fisika , Universitas Negeri Medan email : ihdisputri@gmail.com The Effect Of Discovery L, 6(2), 91–94.

Resnick, Halliday, D., & Walker, J. R. 2010. Fisika Dasar (7th ed.). Jakarta: Erlangga.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Amin,S. B. D., & Yani, A. 2015. Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Prosedural Fisika Peserta Didik SMAN 21 Makassar, 72–81.

Sugiarti. 2018. Penilaian Psikomotor Siswa Pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. 2 (1),78-84.

Sugiyono. 2015. Mettode Penelitian Pendidikan Pendekatan KuantitatifKualitatif, dan R & G. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta

Suwardi, D. S. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Economic Education Analysis Journal, 1(2), 1–7.

Triwiyono.2011.Program Pembeljaran Fisika Menggunakan Metode Eksperimen Terbimbing Untuk Meningkatkan Ketereampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan fisika Indonesia. 80-83.

Widodo, & Widayanti, L. 2013. Problem Based Learning pada Siswa Kelas VII A MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35.

Widyoko, E. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Belajar.

Yelton, R. 2016. Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Menggunakan Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Dan Keterampilan Metakognitif. Jurnal Inkuiri, 5(3), 79–86.

Yuniarti, B. 2014. Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotorik pada Pelaksaan Praktikum Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Purworejo.Jurnal Radiasi. 5 (1), 77-81




DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v4i2.13177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Hersiq Basri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.