PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIKUM VIRTUAL CROCODILE PHYSICS PADA MATERI GELOMBANG BUNYI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37-44.
Ariani, Y., & Widodo, W. (2022). Studi Dampak Pembelajaran Ipa Via Daring Terhadap Pelaksanaan Praktikum Di Sekolah Menengah Pertama. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 10(1), 129-134.
Baser, A., & Rizal, F. (2021). Dampak positif penggunaan google classroom terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tik di masa pandemi covid-19. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 154-162.
Budi, R. S., Edhi, S. S., & Sukisno, M. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Physics-Edutainment Dengan Bantuan Media Crocodile Physics Pada Mata Pelajaran Fisika. Unnes Physics Education, 3(1), 30-36.
Dewa, E., Mukin, M. U. J., & Pandango, O. (2020). Pengaruh pembelajaran daring berbantuan laboratorium virtual terhadap minat dan hasil belajar kognitif fisika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 351-359.
Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234-244.
Ernawati, T., & Susanti, S. (2021). E-modul IPA 2 untuk pembelajaran mandiri di masa pandemi covid-19. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 107-114.
Fahmi, N., Dzakiah, D., Alhabsyi, F., & Mudaimin, M. (2022). Dinamika E-Learning pada Model Pembelajaran di Perguruan Tinggi (Tinjauan Kondisi Teknologi di Masa Pandemi Covid-19). Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 17(2), 44-51.
Firdaus, H., Atikah, C., & Ruhiat, Y. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Kelistrikan Kendaraan Ringan Berbasis Animaker Terintegrasi Youtube. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 9(2), 100-108.
Fitria, E. (2021). Analisis Pemanfaatan Media Online pada Pembelajaran Daring Fisika terhadap Motivasi Belajar Siswa. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 2(1), 43-51.
Fitriyani, F., & Mukhlis, S. (2021). Urgensi Penggunaan Digital Literasi Dalam Pelaksanaan Pendidikan Dimasa Pandemi: Systematic Literature Review. Dikoda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(01), 13-20.
Gumrowi, A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Listrik Dinamik menggunakan Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization melalui Simulasi Crocodile Physics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 105-111. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.110
Ikhbal, M., & Musril, H. A. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android. Information Management For Educators And Professionals: Journal of Information Management, 5(1), 15-24.
Iqbal, S. (2021). Upaya meningkatkan prestasi dan kualitas belajar kimia dengan metode pembelajaran penemuan konsep. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 621-629.
Kereh, C. T., Asryanty, W. O., & Sapulette, H. (2020). Dalam Pembelajaran Fisika Materi Gerak Lurus. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(1), 64-80. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/11055%0Ahttps://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.11055%0Ahttps://www.researchgate.net/profile/Cicylia-Triratna-Kereh/publication/341617032_PENGGUNAAN_SOFTWARE_CROCODILE_PHYSICS_60_5_DALAM_PEMBELAJARAN_FISIKA_
Kereh, C. T., Asryanty, W. O., & Sapulette, H. (2020). penggunaan software crocodile physics 6.0. 5 dalam pembelajaran fisika materi gerak lurus berubah beraturan (GLBB). JIPF-UNSRI (JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA), 7(1), 64-80.
Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan kemandirian siswa selama pembelajaran daring sebagai dampak covid-19 di sd. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 7-13.
Mansyur, A. R. (2020). Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di indonesia. Education and learning journal, 1(2), 113-123.
Martanti, N., Malika, E. R., & Setyaningsih, A. (2021). Pengaruh metode pembelajaran eksperimen virtual menggunakan phet terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(1), 83-92.
Marwanto, A. (2021). Pembelajaran pada Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal basicedu, 5(4), 2097-2105.
Napsawati, N. (2020). Analisis situasi pembelajaran IPA Fisika dengan metode daring di tengah wabah covid-19. Karst: jurnal pendidikan fisika dan terapannya, 3(1), 6-12.
Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Jurnal AKSARA PUBLIC, 4(2), 155-165. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9-16.
Natalia, D. P., Febriyana, M. M., Ustati, R. T., & Rahmawati, Y. (2021). Pengembangan E-Modul Praktikum Crocodile Physics Berbasis POE. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 38-47.
Nisa, H. A., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas e-modul dengan flip PDF professional berbasis gamifikasi terhadap siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 13-25.
Nisa, U., Yuliani, H., Syar, N. I., & Nastiti, L. R. (2021). Meta Analisis Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Pada Pembelajaran Fisika. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 64-73.
Novianto, A. (2018). Penerapan Program Crocodile Physic Sebagai Media Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Nugroho, A., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular Tangga Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 11-18.
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 17-25.
Puspitasari, R., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2020). Pengembangan e-modul berbasis HOTS berbantuan flipbook marker sebagai bahan ajar alternatif siswa SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 247-254.
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440.
Safarati, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Scientific Inquiry Kelas X MAN Peusangan Pada Pokok Bahasan Gerak Vertikal. Jurnal Pendidikan Almuslim, 5, 41-44.
Sari, F. A., Suseno, N., & Riswanto, R. (2019). Pengembangan Modul Fisika Online Berbasis Web pada Materi Usaha dan Energi. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 3(2), 129-135. https://doi.org/10.30599/jipfri.v3i2.476
Setiyaningsih, A., Rahmawati, R., & Danawarih, S. (2021, June). Studi eksplorasi kegiatan praktikum fisika saat pandemi covid-19. In Seminar Nasional Psikologi UM (Vol. 1, No. 1, pp. 191-199).
Setya Putri, S., Khotimah, S. N., Rayvan, M., Oktaviani, Y., & Astuti, A. D. (2021). Pelatihan Physics Virtual Experiment Sebagai Solusi Praktikum Fisika Pada Masa Pandemi. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 400-405.
Setyahandani, U., Darmawan, H., & Matsun, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Pada Materi Gelombang Cahaya Di Kelas XI SMA Negeri 2 Ketapang. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya, 1(1), 32-38.
Shobrina, N. Q., Sakti, I., & Purwanto, A. (2020). Pengembangan Desain Bahan Ajar Fisika Berbasis E-Modul Pada Materi Momentum. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1 April), 33-40.
Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800
Sugiharti, S., & Sugandi, M. K. (2020). Laboratorium virtual: media praktikum online untuk meningkatkan pemahaman siswa di masa pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 45-51).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. In Bandung: Alfabeta.
Sunardi, S. (2018). Penggunaan Aplikasi Crocodile Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis. Vidya Karya, 33(1), 51. https://doi.org/10.20527/jvk.v33i1.5396
Suratun, S., Irwandani, I., & Latifah, S. (2018). Video pembelajaran berbasis problem solving terintegrasi chanel youtube: pengembangan pada materi cahaya kelas VIII SMP. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 271-282.
Syahiddah, D. S., Putra, P. D. A., & Supriadi, B. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pada Materi Bunyi di SMA/MA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 2(1), 1-8.
Theasy, Y., Nawir, M., & Hartono, A. R. (2021). Pemanfaatan Program Crocodile Physics sebagai Media Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Bahana Pendidikan : Jurnal Pendidikan Sains, 3(1), 27-30.
Wulandari, B., Ardiansyah, F., Eosina, P., & Fajri, H. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Ipa Untuk Sekolah Dasar Berbasis Multimedia. Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika, 7(1), 11-19.
Yunita, E., & Suprapto, N. (2021). Analisis Kelayakan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Platform Youtube Pada Materi Usaha Dan Energi. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 21-31.
DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v4i2.15558
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ria Asep Sumarni, Yoga Budi Bhakti, Sri Mayanty, Amelia Megananda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.