PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIKUM VIRTUAL CROCODILE PHYSICS PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

Ria Asep Sumarni, Yoga Budi Bhakti, Sri Mayanty, Amelia Megananda

Abstract


Pembelajaran daring menjadi suatu hal keharusan di dunia pendidikan saat ini, hal ini akibat adanya Covid-19. Segala inovasi dari metode pembelajaran dan media pembelajaran, mengalami berbagai perubahan guna menjadikan kegiatan pembelajaran yang efektif. Peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran berupa E-modul praktikum virtual Crocodile Physics pada materi gelombang bunyi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakkan E-modul praktikum virtual tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research dan Development/R&D). Hasil penelitian E-modul praktikum virtual Crocodile Physics pada materi gelombang bunyi, masuk dalam kriteria layak digunakan sebagai media pembelajaran praktikum virtual. E-modul praktikum virtual ini selain berisi prosedur praktikum secara runtun, tetapi juga berisi video tutorial praktikum yang memudahkan bagi pengguna untuk mengikuti setiap langkah praktikum.

Keywords


e-modul, praktikum virtual, Crocodile Physics

References


Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37-44.

Ariani, Y., & Widodo, W. (2022). Studi Dampak Pembelajaran Ipa Via Daring Terhadap Pelaksanaan Praktikum Di Sekolah Menengah Pertama. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 10(1), 129-134.

Baser, A., & Rizal, F. (2021). Dampak positif penggunaan google classroom terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tik di masa pandemi covid-19. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 154-162.

Budi, R. S., Edhi, S. S., & Sukisno, M. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Physics-Edutainment Dengan Bantuan Media Crocodile Physics Pada Mata Pelajaran Fisika. Unnes Physics Education, 3(1), 30–36.

Dewa, E., Mukin, M. U. J., & Pandango, O. (2020). Pengaruh pembelajaran daring berbantuan laboratorium virtual terhadap minat dan hasil belajar kognitif fisika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 351-359.

Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234-244.

Ernawati, T., & Susanti, S. (2021). E-modul IPA 2 untuk pembelajaran mandiri di masa pandemi covid-19. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 107-114.

Fahmi, N., Dzakiah, D., Alhabsyi, F., & Mudaimin, M. (2022). Dinamika E-Learning pada Model Pembelajaran di Perguruan Tinggi (Tinjauan Kondisi Teknologi di Masa Pandemi Covid-19). Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 17(2), 44-51.

Firdaus, H., Atikah, C., & Ruhiat, Y. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Kelistrikan Kendaraan Ringan Berbasis Animaker Terintegrasi Youtube. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 9(2), 100-108.

Fitria, E. (2021). Analisis Pemanfaatan Media Online pada Pembelajaran Daring Fisika terhadap Motivasi Belajar Siswa. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 2(1), 43-51.

Fitriyani, F., & Mukhlis, S. (2021). Urgensi Penggunaan Digital Literasi Dalam Pelaksanaan Pendidikan Dimasa Pandemi: Systematic Literature Review. Dikoda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(01), 13-20.

Gumrowi, A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Listrik Dinamik menggunakan Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization melalui Simulasi Crocodile Physics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 105–111. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.110

Ikhbal, M., & Musril, H. A. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android. Information Management For Educators And Professionals: Journal of Information Management, 5(1), 15-24.

Iqbal, S. (2021). Upaya meningkatkan prestasi dan kualitas belajar kimia dengan metode pembelajaran penemuan konsep. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 621-629.

Kereh, C. T., Asryanty, W. O., & Sapulette, H. (2020). Dalam Pembelajaran Fisika Materi Gerak Lurus. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(1), 64–80. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/11055%0Ahttps://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.11055%0Ahttps://www.researchgate.net/profile/Cicylia-Triratna-Kereh/publication/341617032_PENGGUNAAN_SOFTWARE_CROCODILE_PHYSICS_60_5_DALAM_PEMBELAJARAN_FISIKA_

Kereh, C. T., Asryanty, W. O., & Sapulette, H. (2020). penggunaan software crocodile physics 6.0. 5 dalam pembelajaran fisika materi gerak lurus berubah beraturan (GLBB). JIPF-UNSRI (JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA), 7(1), 64-80.

Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan kemandirian siswa selama pembelajaran daring sebagai dampak covid-19 di sd. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 7-13.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di indonesia. Education and learning journal, 1(2), 113-123.

Martanti, N., Malika, E. R., & Setyaningsih, A. (2021). Pengaruh metode pembelajaran eksperimen virtual menggunakan phet terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(1), 83-92.

Marwanto, A. (2021). Pembelajaran pada Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal basicedu, 5(4), 2097-2105.

Napsawati, N. (2020). Analisis situasi pembelajaran IPA Fisika dengan metode daring di tengah wabah covid-19. Karst: jurnal pendidikan fisika dan terapannya, 3(1), 6-12.

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Jurnal AKSARA PUBLIC, 4(2), 155–165. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Natalia, D. P., Febriyana, M. M., Ustati, R. T., & Rahmawati, Y. (2021). Pengembangan E-Modul Praktikum Crocodile Physics Berbasis POE. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 38-47.

Nisa, H. A., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas e-modul dengan flip PDF professional berbasis gamifikasi terhadap siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 13-25.

Nisa, U., Yuliani, H., Syar, N. I., & Nastiti, L. R. (2021). Meta Analisis Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Pada Pembelajaran Fisika. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 64-73.

Novianto, A. (2018). Penerapan Program Crocodile Physic Sebagai Media Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Nugroho, A., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular Tangga Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 11–18.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 17-25.

Puspitasari, R., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2020). Pengembangan e-modul berbasis HOTS berbantuan flipbook marker sebagai bahan ajar alternatif siswa SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 247-254.

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440.

Safarati, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Scientific Inquiry Kelas X MAN Peusangan Pada Pokok Bahasan Gerak Vertikal. Jurnal Pendidikan Almuslim, 5, 41–44.

Sari, F. A., Suseno, N., & Riswanto, R. (2019). Pengembangan Modul Fisika Online Berbasis Web pada Materi Usaha dan Energi. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 3(2), 129–135. https://doi.org/10.30599/jipfri.v3i2.476

Setiyaningsih, A., Rahmawati, R., & Danawarih, S. (2021, June). Studi eksplorasi kegiatan praktikum fisika saat pandemi covid-19. In Seminar Nasional Psikologi UM (Vol. 1, No. 1, pp. 191-199).

Setya Putri, S., Khotimah, S. N., Rayvan, M., Oktaviani, Y., & Astuti, A. D. (2021). Pelatihan Physics Virtual Experiment Sebagai Solusi Praktikum Fisika Pada Masa Pandemi. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 400–405.

Setyahandani, U., Darmawan, H., & Matsun, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Pada Materi Gelombang Cahaya Di Kelas XI SMA Negeri 2 Ketapang. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya, 1(1), 32-38.

Shobrina, N. Q., Sakti, I., & Purwanto, A. (2020). Pengembangan Desain Bahan Ajar Fisika Berbasis E-Modul Pada Materi Momentum. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1 April), 33-40.

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800

Sugiharti, S., & Sugandi, M. K. (2020). Laboratorium virtual: media praktikum online untuk meningkatkan pemahaman siswa di masa pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 45-51).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. In Bandung: Alfabeta.

Sunardi, S. (2018). Penggunaan Aplikasi Crocodile Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis. Vidya Karya, 33(1), 51. https://doi.org/10.20527/jvk.v33i1.5396

Suratun, S., Irwandani, I., & Latifah, S. (2018). Video pembelajaran berbasis problem solving terintegrasi chanel youtube: pengembangan pada materi cahaya kelas VIII SMP. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 271-282.

Syahiddah, D. S., Putra, P. D. A., & Supriadi, B. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pada Materi Bunyi di SMA/MA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 2(1), 1-8.

Theasy, Y., Nawir, M., & Hartono, A. R. (2021). Pemanfaatan Program Crocodile Physics sebagai Media Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Bahana Pendidikan : Jurnal Pendidikan Sains, 3(1), 27–30.

Wulandari, B., Ardiansyah, F., Eosina, P., & Fajri, H. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Ipa Untuk Sekolah Dasar Berbasis Multimedia. Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika, 7(1), 11-19.

Yunita, E., & Suprapto, N. (2021). Analisis Kelayakan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Platform Youtube Pada Materi Usaha Dan Energi. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 21-31.




DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v4i2.15558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Ria Asep Sumarni, Yoga Budi Bhakti, Sri Mayanty, Amelia Megananda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.