IMPLEMENTASI MODUL PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL REACT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI
Abstract
Penelitian ini memaparkan hasil penerapan modul pembalajaran fisika model REACT berbasis kontektual untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada konsep usaha dan energi. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknikcluster random sampling dari peserta didik kelas X SMAN 1 Gorontalo. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis bentuk uraian, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan angket untuk memperoleh respon minat peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah N-gain ternormalisasi dan persentase. Hasil penelitian dengan uji gain mengungkapkan bahwa penerapan modul pembelajaran fisika model REACT berbasis kontekstual efektif meningkatkan hasil belajar kongnitif peserta, dilihat dari hasil n-gain sebesar 0,74 dengan kriteria tinggi dan ketuntasan klasikal 100%. Rerata persentase hasil penilaian pengamatan aktivitas peserta didik untuk tiga pertemuan adalah 96,2% pada kategori sangat baik serta hasil angket menunjukkan respon positif peserta didik terhadap penerapan modul pembelajaran fisika model REACT berbasis kontektual dalam pembelajaran. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model REACT berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto, & Dwicahyo A. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Djamarah, S. B. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas
Erwinsyah. 2015. Pengembangan Modul Fisika Materi Momentum dan Impuls Berbasis Metakognisi untuk Siswa Kelas XI SMA PGRI Tanjung Pandan Belitung. JRKPF UAD, Vol. 2 No. 1.
Husna, F. E. 2014. Penerapan Strategi REACT Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3, No. 1, part 1
Indriyanti, N.Y., & Susilowati E. 2010. Pengembangan Modul. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Ismayana, S. N., Subiki, & Harijanto A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran REACT terhadap Motivasi dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol.4, No. 2
Jumiati, S. M.,& Akmalia, D. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Numbereds Head Together (NHT) pada Materi Gerak Tumbuhan di Kelas VIII SMP Sei Putih Kampar.Lecture,161-185
Mursalin, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Usaha dan Energi. Jurnal Inpafi. Vol.4, No.3.
Muzdalifa, N. (2013). “Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbasis REACT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Palu”. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), Vol (1) No (2): 2
Ntobuo, N., & Yusuf, M. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Mengimplementasikan Model-model Pembelajaran Berbasis Pakem di SD/MI Kecamatan Suwawa Selatan. Hasil Penelitian Hibah Bersaing Tahap I.
Rahayu, S. D., Trapsilo, P. & Agus, A. G. 2017. Pengembangan Modul Fisika Berbasis Concept Mappingpada Materi Elastisitas Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 6, No. 3, Hal. 240-247.
Rahdiyanta, D. 2004. Teknik Penyusunan Modul (Online). (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/20-teknik-penyusunan modul.pdf. Diakses tanggal 24 Oktober 2017).
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sardiman. A. M. 2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Slavin, R. E. (1994). Educational Psychology Theory and Practice. Fourth Edition Massachusetts: Allyn and Bacon Publishers
Sundayana, R. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: CV Alfabeta
Suseno, P. U. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Interactive Video Berbasis Multimedia dalam Pembelajaran Matematika untuk Sub Materi Segi empat di Kelas VII SMP. Tesis. Tidak diterbitkan. UNG: Jurusan Pendidikan Matematika UNG
Suska. 2011. ZPD (online). (http://repository.uinsuska.ac.id/6782/3/BAB2%2011.pdf. Diakses tanggal 19 Mei 2018).
Yusuf, M., Rahman, SR. 2014. Deskripsi Aktivitas Siswa SMP pada Implementasi Perangkat Pembelajaran dengan Menerapkan Model-model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pelajaran Sains. Surabaya: Prosiding pada Seminar Nasional Kimia UNESA 1. Hal. C.98-C.106.
Yusuf, M., Rahman, SR. 2015. Kecakapan Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Sains pada Implementasi Perangkat Pembelajaran dengan Menggunakan Model-model Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: Prosiding pada Seminar Nasional Kimia & Workshop 1. Hal B.32-B.41
DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v1i1.2281
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Een Ibrahim, Muhammad Yusuf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.