PENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PENGGUNAAN KIT IPA PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Tirtawaty Abdjul, Ritin Uloli

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui penggunaan KIT IPA pada pembelajaran fisika khususnya pada topik optik. Penelitian ini tergolong dalan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis and Taggart yang dilaksanakan selama 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Telaga yang berjumlah 22 orang Tahun Ajaran 2013-2014. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kreativitas siswa pada siklus I mencapai 44% dan pada siklus ke II, mencapai 93%, yang berarti kreativitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus ke II. Selain itu berdasarkan hasil pengamatan yang diperoleh, aktivitas siswa dan aktivitas guru mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan KIT IPA dapat meningkatkan kreativitas siswa di kelas VIIIB SMP Negeri 3 Telaga khususnya pada topik optik.

Keywords


Kreativitas Siswa, KIT IPA

References


Asrori, Mohamad. 2007. Psikologi Pembelajaran.Bandung : CV Wacana Prima

Daryanto. 2009 . Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta : AV PUBLISHER

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ibrahim, E., Yusuf, M. 2019. Implementasi Modul Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Model REACT Berbasis Kontekstual pada Konsep Usaha dan Energi. Jambura Physics Journal Vol. 1 No. hal. 1-13.

Indayani, L. 2015. Peningkatan Peningkatan Prestasi Belajar Peserta didik melalui Penggunaan Media KIT IPA di SMP Negeri 10 Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 3, Nomor 1, Januari 2015; 54-60 ISSN: 2337-7623; EISSN: 2337-7615.

Jagom, Yohanes , O. 2015. Kreativitas Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Gaya Belajar Visual-Spatial Dan Auditory-Sequential. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1, No. 3, September-Desember 2015. STKIP PGRI Banjarmasin. ISSN 2442-3041

Kusunah,Wijaya.dan Dwitagama, Dedi. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Edisi kedua. Jakarta : PT INDEKS.

Purwanto. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari Widya.2011. Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran IPS SD Melalui Diskusi Kelompok. Jurnal pendidikan Vol 13 No 1. Diakses 23 Mei 2014 (22.46)

Supardi. 2010.Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif 2(3): 248-262

Susilana & Riyana. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Tambotoh, Kristien. H. 2010. Pembelajaran Fisika Menggunakan KIT Multimedia Dan Media Interaktif Berbasis Komputer Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Dan Modalitas Belajar Siswa. Tesis: Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta

Tisnoherawati, Nanik. 2004.Peningkatan Prestasi Belajar dengan Media Berbasis KIT IPA. Jurnal Ilmu Pendidikan.

(Online) (http://www.ilmiahpendidikan.com/2011/01/penggunaan-media-KIT-IPA-dalam.html, diakses 21 Januari 2014 (20.19).

Widayanto.2009. Pengembangan Keterampilan Proses dan Pemahaman Siswa Kelas X Melalui KIT Optik.Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Diakses 30 Januari 2014 (21.31).




DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v1i2.5382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Tirtawaty Abdjul, Ritin Uloli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

slot online slot gacor slot