REVITALISASI UKS, MELALUI PELATIHAN DAN PEMBENTUKAN KADER DI SMP MUHAMMADIYAH 2 INOVASI MALANG

Nur Melizza, Anggraini Dwi Kurnia, Nur Lailatul Masruroh

Abstract


Di masa pandemi COVID-19, sekolah merupakan salah satu lembaga yang paling terdampak karena harus ditutup total dalam rangka mengendalikan penyebaran virus corona. Dikaitkan dengan kondisi pandemi saat ini, pendampingan dan pengembangan UKS menjadi salah satu kunci dalam pengendalian wabah virus corona di lingkungan sekolah dengan memperhatikan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk melakukan pelatihan pendampingan pengelolaan UKS dan implementasi program usaha kesehatan sekolah (UKS) selama masa pandemi COVID-19 di SMP Muhammadiyah 2 (MUDA) Malang.

Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini berupa penyuluhan, demonstrasi dan diskusi yang dilaksanakan secara daring. Kegiatan ini terdiri dari 2 sesi, pada sesi 1 materi yang disampaikan adalah Pengukuran tanda-tanda vital dan penanganan penyakit yang sering terjadi di Sekolah. Kemudian, pada sesi kedua dilakukan penguatan informasi terkait penyakit Covid-19 dan penanganannya.

Hasil kegiatan ini adalah berupa peningkatan pengetahuan terkait materi UKS dan Covid-19 dari siswa SMP Muhammadiyah 2 Inovasi. Sebelum kegiatan pelatihan tingkat pengetahuan peserta cukup (30%) dan kurang (70%), sedangkan setelah dilakukan kegiatan pelatihan tingkat pengetahuan peserta menjadi baik (30%), cukup (20%) dan kurang (50%).


Kata Kunci: Program, UKS, Kader, COVID-19, Protokol Kesehatan


Full Text:

PDF

References


GTPP. C-19. Pedoman Penanganan Cepat Medis Dan Kesehatan Masyarakat COVID-19 Di Indonesia. In Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 [Internet]. Available From: Covid19.Kemkes.Go.Id [Internet]. 2020. Available From: Covid19.Kemkes.Go.Id

Tempo. Mengapa Angka Kematian Anak Akibat Virus Corona Di Indonesia Tinggi? [Internet]. 2020;

Wulandari IM. Peran Guru Terhadap Mengoptimalkan Unit Kesehatan Sekolah Untuk Melakukan Pencegahan Covid-19. 2020;2(1):71–7.

Rahmawaty E. Evaluasi Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Pada Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Qual J Kesehat. 2019;13(1):28–35.

Bur N. Menuju Sekolah Sehat Melalui Usaha Kesehatan Sekolah. J Pengabdi Kpd Masy [Internet]. 2020;3(1). Available From: Https://Journal.Ilininstitute.Com/Index.Php/Caradde Volume

Masruroh, NL D. Pendampingan Kader Posyandu Lansia. Abdi Dosen J Pengabdi Pada Masyarakat Vol 5, Issue 1, Maret 2021 145-149. 2020;5(1).

Liberti. Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Perkalian Dan Kedudukan Serta Peran Anggota Keluarga Siswa. J Ilmu Pendidik Sos Sains Dan Hum. 2018;4(1):137–58.

Masruroh NL, Kurnia AD, Melizza N. Pendampingan Health Promoting School Terintegrasi Di SMP PGRI 01 Kota Batu. Abdimas J Pengabdi Masy Univ Merdeka Malang. 2020;5(2):152–8.

Wulandari IM. Peran Guru Mengoptimalkan Unit Kesehatan Sekolah Untuk Melakukan Pencegahan Covid-19. Edukatif J Ilmu Pendidik. 2020;2(1):71–7.

Nurfadillah AR, Studi P, Masyarakat K, Negeri U. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru ( New Normal ). 2020;(November).




DOI: https://doi.org/10.37905/jpkm.v2i1.11630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.