PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS) PADA MAHASISWA DI KOTAMOBAGU

Strahmawati Hamzah, Hamzah B

Abstract


Di Indonesia proporsi aktivitas fisik hanya mengalami kenaikan sebesar 7,4% dari 26,1% menjadi 33,5%. Sosialiasasi dua kegiatan utama GERMAS yaitu aktivitas fisik dan konsumsi buah dan sayur harus terus digalakkan untuk mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan mengubah perilaku negatif menjadi positif. Perlu suatu terobosan yang melibatkan masyarakat didalam suatu program dengan tujuan memandirikan masyarakat untuk berperilaku sehat. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan perilaku positif mahasiswa Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika Kotamobagu melalui kegiatan GERMAS. Metode yang digunakan berupa penyuluhan dengan melibatkan 65 mahasiswa dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi yang menekankan pada dua pesan pokok GERMAS yaitu aktivitas fisik dan pembiasaan konsumsi buah san sayur. Selain itu, kegiatan ini juga mengajak mahasiswa untuk melakukan senam sehat bersama dan makan buah secara serentak. Hasil kegiatan ini adalah perubahan pengetahuan dan perilaku peserta tentang GERMAS yang dapat dilihat dari peningkatan nilai pre-test dan pos-test, dengan serta kemauan mahasiswa untuk melakukan senam bersama dan ikut gerakan konsumsi buah secara serentak. Melalui kegiatan senam sehat bersama dan makan buah serentak menempatkan mahasiswa menjadi bagian dari program GERMAS sehingga ini akan menguatkan upaya promotif dan preventif melalui program GERMAS. Sebagai kesimpulan kegiatan gerakan senam sehat bersama, gerakan makan buah serentak (GERTAK) yang digalakkan terbukti efektif meningkatkan perilaku positif mahasiswa. Pemberdayaan melalui kegiatan GERMAS telah meningkatkan kesadaran dan kemampuan mahasiswa untuk berperilaku hidup sehat. Saran dari kegiatan ini adalah keberlanjutan program yang telah digalakkan untuk mahasiswa rutin melakukan gerakan senam sehat bersama dan rajin mengkonsumsi buah dan sayur.

 

Kata Kunci: GERMAS; senam sehat; makan buah; pemberdayaan; mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Maryanto RRP, Akmal D, KM S. Analisis Penerapan Perilaku Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Di Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2020.

WHO. Non Communicable Disease Country Profiles 2018. Geneva, Switzerland: World Health Organization; 2018.

Kemenkes RI. Hasil utama RISKESDAS 2018. Online) http//www depkes go id/resources/download/info-terkini/materi_rakorpop_2018/Hasil% 20Riskesdas. 2018;

Dedi K. Aksi Bersama Melakukan GerakanMasyarakat Hidup Sehat. Kemenkes, RI Ed. 2017;1:2017.

Karuniawati B, Fauziandari EN, Wulandari A. Peningkatan Aktivitas Fisik Dan Pemanfaatan Pekarangan Rumah Untuk Tanaman Sayur Dan Buah Sebagai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). J Pengabdi Masy Karya Husada. 2019;1(2):42–9.

Suryani S, Heryani N, Ariasih IN. Peningkatan Aktivitas Fisik dan Pemanfaatan Pekarangan Rumah untuk Tanaman Sayuran dan Buah sebagai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Desa Penyengat Olak Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi 2020. J Abdimas Kesehat. 2021;3(1):99–104.

Suryani D, Nurdjanah EP, Yogatama Y, Jumadil M. Membudayakan Hidup Sehat Melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Di Dusun Mendang Iii, Jambu Dan Jrakah Kecamatan, Tanjungsari, Gunungkidul. J Pemberdaya Publ Has Pengabdi Kpd Masy. 2019;2(1):65.

Kemenkes RI. Hasil utama RISKESDAS 2018. Online) http//www depkes go id/resources/download/info-terkini/materi_rakorpop_2018/Hasil% 20Riskesdas. 2018;202018.

Rahmawaty E, Handayani S, Sari MHN, Rahmawati I. Sosialisasi dan harmonisasi gerakan masyarakat hidup sehat (germas) dan program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (pis-pk) di Kota Sukabumi. LINK. 2019;15(1):27–31.

Junita E, Handayani Y, Alfiah LN. GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Di Desa Rambah Hilir. Kumawula J Pengabdi Kpd Masy. 2020;3(1):100–5.

Welis W, Sazeli RM. Gizi untuk aktifitas fisik dan kebugaran. Padang: Sukabina Press; 2013.

Fahruzi O, Nuriatin N, Rusman AA. Perbedaan Latihan Fisik Dua Dan Empat Kali Per Minggu Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unjani Angkatan 2009. J Muara Sains, Teknol Kedokt dan Ilmu Kesehat. 2017;1(1):84–90.

Tursinawati Y, Anggraeni N, Basuki R. Penggalakan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Wonosari, Kota Semarang. In: Prosiding Seminar Nasional Unimus. 2020.

Erawati NK, Sugandini W, Astini NNAD. Peningkatan Aktivitas Fisik Dan Penyediaan Pangan Sehat Dalam Upaya Mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Proceeding Senadimas Undiksha. 2020;182.

Sudayasa IP, Rahman MF, Eso A, Jamaluddin J, Parawansah P, Alifariki LO, et al. Deteksi Dini Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular Pada Masyarakat Desa Andepali Kecamatan Sampara Kabupaten Konawe. J Community Engagem Heal. 2020;3(1):60–6.

Hamzah S, Hamzah B. Gerakan Pencegahan Stunting Melalui Edukasi pada Masyarakat di Desa Muntoi Kabupaten Bolaang Mongondow. JPKMI (Jurnal Pengabdi Kpd Masy Indones. 2020;1(4):229–35.

Notoatmodjo S. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2014.




DOI: https://doi.org/10.37905/jpkm.v2i1.11835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.