PEMBERDAYAAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM EDUKASI PROGRAM UKS (UNIT KESEHATAN SEKOLAH)

Mar’atuljannah Una, Nurul Mariati Saad, Anti Igirisa

Abstract


Unit Kesehatan sekolah (UKS) merupakan upaya membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah, kebaruan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan kepada anak-anak sekolah dasar untuk meningkatkan pemahaman serta pengetahuan sebagai upaya meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin serta menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan anak yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia yang berkualitas. Sasaran pada pada kegiatan ini adalah siswa-siswi sekolah dasar.metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah pemberian materi mengenai UKS seperti menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, cara menggosok gigi yang baik dan benar, bahaya merokok, cara mencuci tangan yang benar, dan bahaya narkoba. Penyuluhan ini dilakukan pada bulan Oktober. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang kelas 6 SDN Lupoyo. Hasil pelaksanaan terjadi peningkatan pemahaman siswa siswi sekolah dasar dari 16 orang siswa. Kesimpulan peningkatan pemahaman siswa siswi sekolah dasar mengenai UKS dapat menjadi upaya meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Kata Kunci: Siswa; UKS; PHBS.


Full Text:

PDF

References


Lee A, St Leger LH, Ling KWK, Keung VMW, Lo ASC, Kwong ACM, et al. The Hong Kong Healthy Schools Award Scheme, school health and student health: An exploratory study. Health Educ J. 2018;77(8):857–71.

Hidayat K, Argantos. Peran Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Sebagai Proses Prilaku Hidup Bersih Dan Sehat Peserta Didik. 2018;2(May):2–3.

Kasimbara RP. Layanan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD Negeri Pagentan 5 Singosari Kabupaten Malang. 2019;7(2).

Huliatunisa Y. Kumpulan Materi Pengelolaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SD. Yogyakarta: Samudra Biru; 2020.

Idris MR, Lihawa F, Mahmud M. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di SD Inpres Katangka Gowa. Jambura J Heal Sci Res. 2023;5(2):430–8.

Anwar RS, Rasyid W, Mariati S. Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SMP Negeri 3 Pelepat Ilir Kabupaten Bungo Jambi. J Pendidik dan Olahraga. 2019;2(4):1–5.

Nurhayu MA, Shaluhiyah Z, Indraswari R, Masyarakat FK, Diponegoro U. Pelaksanaan Trias Usaha Kesehatan Sekolah Pada Tingkat Sekolah Dasar Di Wilayah Kecamatan Tembalang Kota Semarang. J Kesehat Masy. 2018;6(1):770–9.

Apriani L, Gazali N. Pelaksanaan trias usaha kesehatan sekolah (UKS) di sekolah dasar. J Keolahragaan. 2018;6(1):20–8.

Yarnita Y, Kusumaningrum TS, Isnaniar I, Gasril P, Maswarni M, Widiyanto J, et al. Pelatihan Kesehatan Tentang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) di SMAN 05 Tapung Kab. Kampar. J Pengabdi UntukMu NegeRI. 2018;2(1):25–8.

Julianti R, Nasirun HM. Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Di Lingkungan Sekolah. J Ilm Potensia [Internet]. 2018;3(2):11–7. Available from: www.dinkes.go.id

Nasiatin T, Hadi IN. Determinan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri. Faletehan Heal J. 2019;6(3):118–24.

Aulina CN. Peningkatan Kesehatan Anak Usia Dini dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di TK Kecamatan Candi Sidoarjo. AKSIOLOGIYA J Pengabdi Kpd Masy. 2018;3(1):50.

Nurochim SN, Nurochim N. Sosialisasi Pentingnya Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Di Sekolah Berbasis Pesantren Di Wilayah Jabodetabek. RESWARA J Pengabdi Kpd Masy. 2020;1(2):84–90.

Nurfardiansyah Bur S. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di SD Inpres Katangka Gowa. 2020;2(April):677–83.

Boekosoe L. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Tatanan Rumah Tangga Ditinjau Dari Aspek Pengetahuan Dan Status Ekonomi Masyarakat. J Heal Sci Gorontalo J Heal Sci Community. 2020;2(2):241–56.




DOI: https://doi.org/10.37905/jpkm.v4i2.17253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.