DUKUNGAN DAN PENINGKATAN KEBERLANJUTAN HASIL PERTANIAN MELALUI PELATIHAN PENGOLAHAN JAGUNG PULUT DI KECAMATANTIBAWA

Asda Rauf, Lukmanul Hakim Pakaya, Nurain Rauf, Andika Komendangi, Mohamad Adrian Oka, Putri Patricia Olomia, Sri Wahyuni Patila

Abstract


Kecamatan Tibawa merupakan salah satu kecamatan dengan hasil produksi Jagung Pulut terbanyak di Provinsi Gorontalo. Meskipun kecamatan ini menghasilkan jagung pulut yang melimpah, akan tetapi masih banyak masyarakat yang belum tau cara mengolah jagung pulut. Oleh kerena itu, kegiatan pengabdian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan softskill warga dalam mengolah hasil pertanian di sekitar kecamatan, khususnya jagungpulutyang merupakan hasil pertanian paling melimpah di kecamatan tersebut. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh ibu-ibu PKK, bapak-bapak kelompok tani, karangtaruna dan mahasiswa yang berjumlah 25 orang. Kegiatan ini terdiri dari empat aktivitas utama, yaitu penyuluhan dukungan dan peningkatan keberlanjutan hasil pertanian, pelatihan pembuatan stik jagung pulut, pelatihan pengemasan dan pengepakan produk, serta pelatihan pemasaran produk hasil olahan. Peserta tidak hanya diajarkan tentang mengolah, tetapi juga tentang metode pengemasan dan pemasaran produk sehingga produk hasil olahan yang telah dibuat dapat bernilai jual tinggi, berdaya saing dan berkelanjutan.


Full Text:

PDF

References


Anton, G. Mahartawi. 2016. Kontribusi Usahatani Padi Sawah Terhadap Pendapatan Usahatani Keluarga Di Desa Ogoamas Ii Kecamatan Sojol Utara Kabupaten Donggala. Jurnal e-J. Agrotekbis 4 (1): 106-112.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Gorontalo. 2016. Kabupaten Gorontalo dalam Angka. Gorontalo.

Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo. 2016. Provinsi Gorontalo dalam Angka. Gorontalo.

Damayanti. Afifuddin, S. Rahmanta. 2013. Analisis Pengaruh Komoditi Jagung Terhadap Pengembangan Wilayah di Kabupaten Dairi. Jurnal Ekonom, Vol 16, No 2, Hal 54-63.

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Pratiwi, F. 2013. Pemanfaatan Tepung Daging Ikan Layang utuk Pembuatan Stik Ikan. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

Sidabutar, P. Yusmini. Yusri, J. 2012. Analisis Usahatani Jagung (Zea Mays) di Desa Dosroha Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara. Jurnal JSEP Vol 8 No. 2 Hal. 40- 46.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.