PELATIHAN PEMBUATAN TILIAYA BERBAGAI VARIAN RASA DI DESA BINAAN FAKULTAS PERTANIAN UNG

Siswatiana Rahim Taha, Muhammad Mukhtar, Nurhayati Tine

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam mengolah dan memanfaatkan pangan asal hewan sekitar menjadi pangan yang memiliki nilai ekonomi tinggi yaitu pelatihan pembuatan Tiliaya makanan khas Gorontalo, timbulnya kesadaran dan keinginan masyarakat untuk memanfaatkan pangan yang bermuatan kearifan lokal yang melimpah menjadi pangan olahan yang lebih bervarasi, berkembangnya konsep usaha agribisnis pertanian yang terpadu antara peternakan dan pertanian, sehingga semua produk dari masing-masing bidang dapat termanfaatkan secara maksimal. Luaran yang akan dihasilkan adalah berupa Tiliaya varian rasa.  Pengabdian ini telah dilaksanakan di Desa Pentadio Timur Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Beberapa program kegiatan yang akan dilaksanakan di lokasi kegiatan adalah program pengolahan tiliaya dengan berbagai varian rasa dan pemasaran hasil. Metode yang digunakan yaitu pemberdayaan kelompok sasaran diantaranya teknik pembelajaran dalam bentuk pemberian teori dan simulasi kepada masyarakat sasaran dan selanjutnya praktek secara langsung pembuatan tiliaya varian rasa bersama mahasiswa dan masyarakat.

Kata Kunci: Tiliaya, Jenis Telur, Pemberdayaan Masyarakat

 


Full Text:

PDF

References


Rigap. 2013.Tiliaya (Online).http://www.gorontalofamily.org.makanan_khas/tili-aya.html. Diakses pada tanggal 17 Desember 2019.

Rismayanti, D. (2016). Uji Kadar Protein, Kadar Air, dan Daya Simpan Telur Asin Hasil Pengolahan dengan Cara Pembuatan Serta Lama Pemeraman yang Berbeda sebagai Sumber Belajar Biologi. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Santoso, Paulus Bambang Wijanarko.1982. Mutu Telur Ayam Ras Segar Pada Berbai Tingkat Pemasaran di Daerah Bogor. Bogor: skripsi Sarjana, Jurusan Pangan dan Gizi Fakultas Teknologi Pertanian, IPB.

Soekarto ST. 2012. Penelitian organoleptik untuk industry pangan dan hasil pertanian. Liberty. Yogyakarta.

Sultanry, Rubianti, dan kaseger. 1985. Kimia pangan, Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Bagian Timur, Makassar.

Suswono dan Sedyaningsih, E.R. (2010). Tanya Jawab Seputar Telur Sumber Makanan Bergizi. Booklet. Pencanangan Gerakan Nasional “Peternak Sehat Ternak Sehat, Tenjolaya, Cicurug, Sukabumi-Jawa Barat. 1-8.

Soekarto. 1990. Penilaian Organoleptik Untuk Industri Pangan dan Hasil. Pertanian. Jakarta: Bhatara Aksara.

Tri-Yuwanta.2007. Beternak Ayam Buras. Fakultas Peternakan. Universitas Gajah Mada Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.