Pengaruh Media Googgle Sites Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pengetahuan Dasar Geografi Di Kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo Utara
Abstract
This study aims to determine the effect of Google sites media on student learning outcomes, provide experimental treatment to students to see if there is an effect on learning outcomes. This study is an experimental type of research and uses a quasi-experimental method, quasi-experiment is one type of experimental research that is close to a real experiment, research used to find the effect of certain treatments on others in controlled conditions. This research was conducted at SMA N 3 Gorontalo Utara, At the implementation stage the research subjects were divided into two classes, namely the control and experimental classes, the control class consisted of 34 students and the experimental class consisted of 32 students. There is an effect on student learning outcomes using Google sites media, namely by looking at the Hypothesis test value, the experimental class value, significant (sig) 0.00 <0.05. So there is an effect of Google sites media on the learning outcomes of students at SMA N 3 Gorontalo Utara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditama, A. R. I., & Sulasmianti, N. (2021). Pembuatan Google Sites Berbasis Online Learning Sebagai Media Pembelajaran IPA SMP Kelas IX. Jurnal Wawasan Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2).
Anh, T. T. N., & Truong, N. N. (2023). Mobile E-Portfolios on Google Sites: A Tool for Enhancing Project-Based Learning. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 17(11). https://doi.org/10.3991/ijim.v17i11.39673
Afrinawati. (2012) pengaruh Strategi PQ4R Terhadap Hasil Belajar Siswa (Kuasi Eksperimen di SMA Darul Maarif)
Brigssn. 2007. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ina Magdalena, Miftah Nurul Annisa, Gestiana Ragin, Adinda Rahmah Ishaq. 2021. Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di SDN Bojong 04. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Volume 3, Nomor 2
Japrizal dan Dedy Irfan (2021) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Google Sitess Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Masa Covid-19 di SMK Negeri 6 Bungo. Jurnal Vokasi Informatika, Vol. 1 No. 3 (2021) 100 – 107r
Kesuma, R., & Wahyuni, R. (2020). Perbedaan hasil belajar geografi kelas x pada materi atmosfer menggunakan model kooperatif tipe NHT dan tipe STAD di sma negeri 2 muaro bungo. Journal of Social Knowledge Education (JSKE), 1(1). https://doi.org/10.37251/jske.v1i1.50
Kosilah dan Septian. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. JIP-Jurnal Inovasi Penelitian. Vol. 1 No.6, 1142.
Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499
Linda, D. A., Sianturi, G., Fitri, N. L., Ramadhan, B. Y. P., Dewi, A. P., Octavianingrum, S. I., Putri, N. A., Kinasih, E., & Pramukty, R. (2023). Pengaruh pembelajaran google sites terhadap hasil belajar matematika siswa/siswi kelas v di desa srimukti. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6). https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.1066
Monica, W. A., & Lestari, Q. (2019). Skripsi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Mi Islamiyah Sumberrejo Batanghari Lampung Timur. seminar nasional pendidikan UNJ, 94–110.
Ningsih, P., & Bukit, N. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran google sites terhadap hasil belajar siswa sma pada materi hukum newton. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2). https://doi.org/10.24114/jpf.v11i2.36669
N. M. Heriyanto, Ismayadi Samsoedin, M. Bismark, (2019), Keanekaragaman Hayati Flora dan Fauna di Kawasan Hutan Bukit Datuk Dumai Provinsi Riau Biodiversity Flora and Fauna in the Region Forest Bukit Datuk Dumai Riau Province, Jurnal Sylva Lestari vol 7 (83 – 84)
Nova Sulasmianti, (2021) Pembelajaran Berbasis Web Memanfaatkan Google Sitess, Jurnal Wawasan Pendidikan Dan Pembelajaran Vol. 9 No. 2, Desember 2021 (3 – 5).
Nurhadi. 2020. Teori kognitivisme serta aplikasinya dalam pembelajaraan. Jurnal Edukasi dan Sains Volume. 2 Nomor 1.
Parsa, I Made. 2018. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar. Kupang: CV Rasi Terbit
Piaget, J. (1977). The Development of Thought: Equilibration of Cognitive Structures. Viking Press.
Rilanty, N., & Juwitaningsih, T. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis website untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 2(1). https://doi.org/10.24114/jipk.v2i1.17844
Rumape, O., Pomuato, S., Mohamad, E., Ischak, N. I., Salimi, Y. K., Munandar, H., & Najmah, N. (2023). Identifikasi Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Koloid. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 36–44. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.13215
Salsalina, D., & Sitepu, B. (2022). Deri+Salsalina+Br+Sitepu,+Herlinawati. 1(5), 552–563.
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh multiplle intelligences dan gaya belajar Terhadap motivasi Belajar Siswa SMK. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(1), 25–30.
Saputri, S. O. I. Y., & Sriyono, S. (2022). Efektivitas pembelajaran aplikasi bot telegram materi dinamika atmosfer terhadap hasil belajar siswa. Edu Geography, 10(2). https://doi.org/10.15294/edugeo.v10i2.60570
Setiawan & Malik, dkk. (2022). Media Pembelajaran (Cara Belajar Aktif: Guru Bahagia Mengajar Siswa Senang Belajar). In Widina Bhakti Persada Bandung.
Siregar, Sauli, F. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Kelas Vii-2 Melalui Pendekatan Pembelajaran Cara Belajar Peserta didik Aktif Di Smp Negeri 29 Medan. Jurnal Biolokus. Vol.2 (2), 218
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sunardi, rudi. 2021. Meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI Ipa tahun pembelajaran 2019/2020 pada mentri hukum termodinamika dengan model pembelajaran inkuiri di SMAN 14 Tebo. jurnal literasiologi. volume 5. no 2, 51-52
Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: Alfabeta)
Sulasmianti, N. (2021). Pembelajaran Berbasis Web dengan Google Sites. In Jurnal Wawasan Pendidikan dan Pembelajaran (Vol. 9, Nomor 2).
Syah, Muhibbin. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Suryani, A., & Setiawan, W. (2020). Pemanfaatan Google Sites sebagai media pembelajaran dalam penelitian pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 45-56.
Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. Autodesk Foundation.
Wulandari, S., & Zuhroh, N. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis website google sites dalam meningkatkan hasil belajar. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1). https://doi.org/10.18860/dsjpips.v2i1.2131
DOI: https://doi.org/10.37905/jrpi.v2i2.31486
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fazli Batdi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.