STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) PADA SEKTOR PARIWISATA DI PROVINSI GORONTALO

Yusrin Isima, Fahrudin Zain Olilingo, Frahmawati Bumulo, Herwin Mopangga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemerintah dalam mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sektor pariwisata di Provinsi Gorontalo. Penelitian ini menggunakan data dari 5 kabupaten dan satu kota (Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Boalemo, Kabupaten Pohuwato dan Kota Gorontalo) pada tahun 2016 hingga tahun 2020 yang bersumber dari Dinas Pariwisata Provinsi. Gorontalo dan UKM. Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan merupakan teknik analisis yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa strategi pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) di Provinsi Gorontalo dapat dikatakan baik karena pemerintah telah melakukan berbagai kegiatan pembinaan dan pendampingan bagi para pelaku usaha sebagai pelaku usaha. strategi pengembangan usaha milik dan pelaku usaha (UKM) di berbagai bidang. Sektor ini mulai menjalankan dan membangun usahanya melalui berbagai ide, kreativitas dan inovasi yang diperoleh melalui pelatihan dan pengembangan UKM yang dilakukan pemerintah.


Full Text:

PDF

References


Agusetyaningrum, Verniaputri. DKK.“Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Untuk Meningkatkan Citra kota Malang Sebagai Destinasi Wisata Kuliner”. Jurnal Administrasi Bisnis. Tahun 2016. Vol. 38 No. 2

Aisyah, Nur, dan Sabilar Rosyad. "Strategi Pemasaran UMKM Di Desa Prijekngablak Pada Masa New Normal."

Ali, Baginda Syah. “Strategi Pengembangan Fasilitas Guna Meningkatkan Daya Tarik Minat Wisatawan Di Darajat Pass (Waterpark) Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut”.Diss. Universitas Pendidikan Indonesia, 2015.

Boyd, D. M., & Ellison, N.B. (2007) :Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship. Dipetik Agustus 25 2015, dari Journal of Computer- Mediated Communication

Chen, Jia. (2006). Development of Chinese small and medium-sized enterprises.Journal of Small Business and Enterprise Development.13, 140-146.

Damayanti, Maya. Dan Latifa. “Strategi Kota Pekalongan Dalam Pengembangan Wisata Kreatif Berbasis Industri Batik”.Jurnal Pengembangan Kota.Tahun 2015. Vol.3 No.2

Destiana, Riska dan Astuti, Retno Sunu.“Pengembangan Pariwisata Halal D i Indonesia”.Tahun 2019.Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.Tahun 2019. Vol.1 No.1

Fibriyanti Yenni, Noer Zulyanti, DKK. “ Pengembangan Umkm Kerajinan Anyaman Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Sumberjo Kecamatan Sarirejo Kabupaten Lamongan” . Jurnal Program Studi Akuntansi.Desember 2020.Vol 4.Nomor 3.

Halim, Abdul. “ Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan. Tahun 2020.Vol 1.Nomor 2.

Hardianto, Willy Tri. DKK.“Upaya Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Potensi Pariwisata”. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik.Tahun 2020. Vol. 2 No. 2

Hendariningrum Retno, Susilo Edy. “Fashion Dan Gaya Hidup : Identitas dan Komunikasi”. Jurnal Ilmu Komunikasi. Agustus 2008.Vol 6.Nomor 2.

Prasetyo, Bagus dan Suryoko Sri.“Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Perkembangan UMKM Pada Kawasan Wisata Dieng”.Diponerogo. Juornal Of Social And Politic. Tahun 2018.

Rahmana, Arief. DKK.“Strategi Pengembangan Usaha Kecil, Menengah Sektor Industri Pengolahan”. Jurnal Teknik Industri. Tahun 2012.Vol, 13.Nomor 1.

Rani, Deddy Prasetya Maha.“Pengembangan Potensi Pariwisata Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Studi Kasus: Pantai Lombang)”. Jurnal Politik Muda. Agustus-Desember 2014.Vol, 3.Nomor, 3.

Saifudin, Muh Chusnul. "Peranan Usaha Mikro Kecil Menengah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Perekonomian Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam." At Tujjar 7.2 (2019): 19-40.

Setiawan, Achma Hendra. “Fleksibilitas Strategi Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah”. Desember 2004.Vol, 1.Nomor, 2.

Sulistyastuti,Dyah Ratih. “Dinamika Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Analisis Konsentrasi Regional UKM di Indonesia 1999-2001 ”. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Tahun 2004.Vol, 9.No, 2.

Syarifuddin Didin, Chairil, DKK. “ Memaknai Kuliner Lokal Sebagai Daya Tarik Wisata Kota Bandung”. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Februari 2018.Vol 1.Nomor 1.

Tjiptono.(2008). Strategi Pemasaran.Andi.Yogyakarta.

Utami Mundandar. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2012), h. 25




DOI: https://doi.org/10.37905/jsep.v1i2.22210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


                        

Alamat Redaksi Jurnal Studi Ekonomi dan Pembangunan: Program Studi Ekonomi Pembangunan, Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Jalan Jendral Sudirman, Nomor 6, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo 96128, Indonesia. Telp. 0811432884; 08114329905 (Telepon/SMS/WA), E-mail : JSEPfekon@ung.ac.id