STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA HIU PAUS UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI BOTUBARANI KABUPATEN BONE BOLANGO

Rivaldi Gobel, Fahrudin Zain Olilingo, Frahmawati Bumulo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dalam pengembangan wisata Hiu Paus untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Botubarani Kabupaten Bone Bolango. Meningat sebagian besar masyarakat di Desa Botubarani sebagai nelayan, oleh karena itu untuk lebih meningkatkan pendapatan masyarakat di desa tersebut, maka masyarakat harus lebih mengoptimalkan objek wisata hiu paus tersebut agar dapat menarik perhatian wisatawan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan menggunakkan data primer. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling, melalui teknik snowball sampling ditemukan 30 sampel yang merupakan wisatawan dan masyarakat serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Metode yang digunakan adalah analisis Strength Weakness Opportunity Threats (SWOT). Hasil penelitian yang dilakukan dapat disumpulkan bahwa strategi pengembangan objek wisata Hiu Paus dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di desa Botubarani dapat dilakukan dengan cara mengoptimalkan potensi wisata yang bertujuan untuk menambah daya tarik wisatawan datang berkunjung ke tempat tersebut. Oleh karena itu dengan adanya industri wisata hiu paus dapat memperbaiki dan meningkatkan pendapatan masyarakat, membuka palangan pekerjaan yang baru sehingga bisa mengurangi angka pengangguran. Pembangunan pada sektor pariwisata ini pemerintah dan masyarakt memiliki peran penting untuk pengembangan wisata agar lebih kreatif, inovasi, dan berdaya saing.


Full Text:

PDF

References


David, Freed. R. 2009. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Febriansyah A. Galvin. 2022. Dampak Wisata Taman Ghanjaran Terhadap Pendapatan Masyarakat Desa Ketapanrame Kabupaten Mojokerto. Jurnal of Economic and Sosial Empowerment, Jilid 11 No. 1.

Gamal Suwantoro. (2004). Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Jalaludin, Selamat. 2019. Dampak Pengembangan Pariwisata Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, Jilid 9 No.2.

Kementrian Pariwisata (Kemenper), 2018.

Mendo, A, Yusniar. Biki, Syamsul, B. Musa, Rosna. & Yasin A, Afriyanto. 2022. Tourism Product Development Strategy (Study on the Botubarani Whale Shark Tourism Object, Bone Bolango Regency). Internasional Journal of Innovative Science and Research Technology, Volume 7, Issue 9. ( diakses 13 januari 2023)

Pitana, G, I. dan Gayatri, G, P. 2005. Sosiologi Parowisata.Yogyakarta: Andi.

Razak, F., Suzana, B. O. L., & Kapantow, G. H. M. 2017. Strategi Pengembangan Wisata Bahari Pantai Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara. Jurnal Agri-Sosioekonomi,13(1A),277–284. https://doi.org/10.35791/agrsosek.13.1a.2017.16180.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmoputro I. Andry. 2019. Hiu Paus Pantai Botubarani Gorontalo. Makassar: Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laus (BPSPL).

Tololiu, Megawati. Olilingo, F, Zain. & Alam, M, A, A, H, Vanni. 2022. The Influence of Whale Shark Tourism Attraction and Activities Fishers on Communoty Economic Improvement in Botubarani Village Kabila Bone District Bone Bolango Regency Gorontalo Province. Journal World Bulletin of Management and Law (WBML), Volume 11. (diakses 13 januari 2023)

Undang-Undang Republik Indonesia 2009/UU/No.11/16/2009 tentang Kepariwisataan.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 9 Tahun 1969 tentang Pengembangan Kepariwisataan.

Undang-Undangan No 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah.

Wahyudi, Isa. 2005. Konsep Pengembangan Pariwisata. Artikel Edukasi. https://cvinspireconsulting.com/konnsep-pengembangan-pariwisata/ diakses 29 Agustus 2021

Wirakalam, Lalu. Syukriati dan Baihaqi, Moh. 2022. Prospek Pengembangan Objek Wisata Taman Raya Lemor Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Suele Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pariwisata dan Hospitality (Juwita), Jilid 1 No. 1.

Wolok, Eduart. 2016. Analisis Dampak Ekonomi Wisata Hiu Paus Terhadap Pendapatan Masyarakat Batubarani Gorontalo. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, Jilid 5 No




DOI: https://doi.org/10.37905/jsep.v1i3.23532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


                        

Alamat Redaksi Jurnal Studi Ekonomi dan Pembangunan: Program Studi Ekonomi Pembangunan, Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Jalan Jendral Sudirman, Nomor 6, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo 96128, Indonesia. Telp. 0811432884; 08114329905 (Telepon/SMS/WA), E-mail : JSEPfekon@ung.ac.id