Analisis Farmer Share Nelayan Ikan Tuna di Kota Gorontalo

Lesman Fa'ana, Lis M Yapanto, Munirah Tuli

Abstract


Penelitian ini dilaksananakan di Desa Tanjung Kramat Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo.Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai farmer share nelayan ikan tuna dan mengetahui saluaran pemasaran ikan tuna di Desa Tanjung Kramat.Hasil penelitian menunjukan bahwa saluran pemasaran nelayan ikan tuna di Desa Tanjung Kramat terdapat 2 saluran. Saluran I Nelayan - CV. Camar Laut Gorontalo – Negara Konsumen (Singapura, Malaysia dan Jepang) saluran II Nelayan - pengepul - eksportir CV. Baris Tuna Anugerah Gorontalo – Negara Konsumen (Singapura, Malaysia dan Jepang). Nilai farmer share pada saluran I mendapatkan nilai farmer share yang disesuaikan dengan kriteria kualitas ikan terdapat kualitas A mendapatkan farmer share sebanyak 33% sedangkan pada kualitas AC terdapat farmer share sebanyak 41% dan kualitas C terdapat farmer share sebanyak 36% Sedangkan pada saluran II nilai farmer share ke nelayan ke pengepul yang disesuaikan dengan kualitas ikan. Pada kualitas A nilai farmer share yang didaptkan sebanyak 90% kualitas AC mendapatkan sebanyak 82% dan kualitas C mendaptkan sebanyak 75% sedangkan nilai farmer share ke pengepul ke CV. Baris Tuna Anugerah yang di sesuaikan dengan kualitas ikan. Pada kualitas A mendapatkan nilai farmer share sebanyak 30% dan kualitas AC mendapatkan 26% dan kualitas C mendapatkan nilai farmer share sebanyak 26%.

Keywords


Farmer Share; nelayan ikan tuna; saluran pemasaran

References


Aprilia, P., Pontoh, O., Aling, D., RR. 2013. Jurnal. Pemasaran Ikan Tuna (Thunnus albacores) Studi Kasus di Pasar Bersehati, Kelurahan Calaca, Kota Manado.

Hapsari, D.T. 2013. Istribusi dan Margin Pemasaran Hasil Tangkapan Ikan Tongkol (Euthynnus Affinis) Di Tpi Ujungbatu Jepara.Jurnal Ilmu Perikanan dan Sumberdaya Perikanan.

Iswahyudi dan Sustiyana.2019. Pola Saluran Pemasaran Farmer Share Jambu Air CV. Camplong. Jurnal Fakultas Pertanian, Universitas Islam Madura, Pamekasan.

Mufrihah, L., Iman, T., Faik, K. 2019. Sistem Dan Efisiensi Pemasaran Ikan Tongkol (Euthynnus Affinis) di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.Jurnal. Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Jurusan Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro.

Nuriati Ni Kadek, 2018. Analisis Efesiensi Saluran Pemasaran Ikan Tongkol Hasil Tangkapan Nelayan di Desa Seraya Timur Kecamatan Karangsem.Jurnal. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Nuriati, N. K. 2018. Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Ikan Tongkol Hasil Tangkapan Nelayan Di Desa Seraya Timur Kecamatan Karangasem. Jurnal. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Putra, A 2020. Pengaruh Nilai Margin Pemasaran Pemdapatan Nelayan Kerang Tiram di Desa Kuala Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa.(Skripsi).Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Sudiyono. 2002. Pemasaran Pertanian. UMM Press Malang.

Surwanto, C., Eko, W. S., Tri, W. N., Jhon, H. 2012. Kajian Sistem Pemasaran Ikan Hasil Tangkapan Nelayan di Kabupaten Gunungkidul Provinsi DIY.Jurnal. Mahasiswa Program Pascasarjana IPB, PS Sistem Pemodalan Perikanan Tangkap (SPT), Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan IPB.

Umar. 2012. Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Ikan Tuna Olahan Pada PT. Betel Citra Seyan Gorontalo.Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.




DOI: https://doi.org/10.37905/nj.v10i4.1278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Flag Counter