Dampak Alih Fungsi Ekosistem Mangrove Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat di Desa Molamahu Kabupaten Pohuwato

Wirnawati .Ahaya, Faizal Kasim, Miftahul Khair Kadim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendorong terjadinya alih fungsi ekosistem mangrove dan dampak alih fungsi ekosistem mangrove terhadap sosial ekonomi masyarakat di Desa Molamahu Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan penentuan jumlah responden menggunakan rumus slovin, sehingga di peroleh 89 responden.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data secara kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perekonomian menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan masyarakat di Desa Molamahu khususnya masyarakat yang tinggal didaerah kawasan hutan mangrove, setuju bahwa lahan mangrove di alih fungsikan menjadi tambak.Dampak sosial dan ekonomi alih fungsi ekosistem mangrove bagi masyarakat di Desa Molamahu yakni perubahan strata sosial, dan pendapatan meningkat.

Keywords


Alih fungsi; ekosistem mangrove; sosial ekonomi; Desa Molamahu

References


Kepel. Restu Nur. A. A., Yusmianan. P. R & Novi. S. A. 2018. Pengaruh Alih Fungsi Kawasan Mangrove Pada Sifat Sedimen dan Kemampuan Penyimpanan Karbon.Jurnal.Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan.Anchol Timur Jakarta Utara.

Lovapinka, C. 2014. Evaluasi Ekonomi Dampak Budidaya Ikan di Tambak dengan Alih Fungsi Lahan Mangrove Tambaksumur Kecamatan Titrajaya Karawang.Skripsi.Institut Pertanian Bogor. Bogor

Madu, M. 2017. Analisis Alih Fungsi Ekosistem Mangrove dan Dampaknya di Desa Mootilango Kecamatan Duhiadaa Kabupaten Pohuwato.Skripsi.Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Negeri Gorontalo.

Mike, W. 2018.A Genenral Account of the fauna and flora of mangrove, Swamps Region.Jurnal.Advances in Marine Biology, Volume 6.London Academic Press.




DOI: https://doi.org/10.37905/nj.v10i4.1279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Flag Counter