Pengaruh Kemasan Berbeda terhadap Mutu Kimiawi Stik Rumput Laut Kappaphycus alvarezii Fortifikasi Tepung Udang Rebon (Mysis sp.) pada Penyimpanan Suhu Ruang

Dewantika Lasaruddin, Rita Marsuci Harmain, Faiza A Dali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemasan berbeda pada produksi rumput laut K.alvarezii fortifikasi tepung udang rebon (Mysis sp.). Faktor perlakuan adalah penggunaan kemasan polipropilen dan polietilen dengan lama penyimpanan 6 minggu. Analisis data yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap Faktorial. Faktor A perlakuan terdiri dari A1 (kemasan polipropilen) dan faktor A2 (kemasan polietilen) dan faktor B lama penyimpanan terdiri dari faktor B1 (0 hari), faktor B2 (14 hari), faktor B3 (28 hari) dan faktor B4 (42 hari). Stik rumput laut Kappaphycus alvarezii fortifikasi udang rebon (Mysis sp.) dikemas dengan menggunakan kemasan polietilen dan polipropilen disimpan pada suhu ruang selama 6 minggu dan dilakukan pengujian kimiawi. Stik rumput laut K.alvarezii fortifikasi udang rebon (Mysis sp.) yang disimpan pada kemasan polipropilen dan polietilen selama penyimpanan 6 minggu.kadar air, kadar lemak, dan kadar karbohidrat) pada stik mengalami peningkatan, sedangkan kadar abu dan kadar protein pada stik yang dikemas dengan polipropilen dan polietilen selama penyimpanan 6 minggu mengalami penurunan.

Keywords


Polietilen, Stik, Organoleptik, Kimia, lama penyimpanan

References


Amrullah, W.S. 2015. Mutu Organoleptik Dan Kimiawi Stik Rumput Laut Kappaphycus alvarezii dengan Fortifikasi Tepung Udang Rebon (Mysis sp.). [Skripsi]. Teknologi Hasil Perikanan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Negeri Gorontalo.

Astawan, Made. 2009. Pemanfaatan Rumput Laut Untuk Meningkatkan Kadar Iodium dan Serat Pangan Pada Selai dan Dodol. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, Vol XV, No.1 Th. 2004. IPB. Bogor.

Badan Standarisasi Nasional. 2015. SNI 01-2886-2015. Syarat Mutu Makanan Ringan Ekstrudat. Jakarta.

Bierley, A.W., R.J. Heat and M.J. Scott, 1988, Plastic Materials Properties and Aplications. cations. Chapman and Hall Publishing, New York.

Dangkua, S.W. 2013. Karakteristik Organoleptik Dan Kimiawi Produk Stik Rumput Laut (Kappaphycus alvarezii). [Skripsi]. Program Studi Teknologi Hasil Perikanan Jurusan Teknologi Perikanan Fakultas Ilmu-ilmu Pertanian Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.

Kasmadiharja, H. 2008. Kajian Penyimpanan Sosis Naget Ayam Dan Daging Ayam Berbumbu Dalam Kemasan Polipropilen. [Skripsi]. Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Labuza, T.P. 2004. User’s Manual Water Analyzer Programs. S. T. Paul, Universitas Of Minnesota

Putra EDL. 2004. Kromatografi cair kinerja tinggi dalam bidang farmasi [skripsi]. Medan: Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara.

Sipayung E. N. 2014.Potensi Ubi Jalar Ungu (Ipomea batatas L.), Tepung Tempe dan Tepung Udang Rebon dalam Pembuatan Kukis. [Skripsi]. Fakultas Pertanian Universitas Riau, Pekanbaru.

Sulchan M dan Endang Nur W. 2007. Keamanan Pangan Kemasan Plastik dan Styrofoam. Jurnal Maj Kedokteran Indonesia Vol. 57, No.2.

Suyitno, 1990. Bahan – bahan Pengemas. PAU Pangan dan Gizi UGM, Yogyakarta.

Syarief, R., S. Santausa, S. I. Budiwati. 1998. Teknologi Pengemasan Pangan. Penerbit Buku Kedokteran ARCAN, Jakarta.

Triyanto E., Prasetiyono, dan Mukodiningsih S. 2013.Pengaruh Bahan Pengemas dan Lama Simpan terhadap Kualitas Fisik dan Kimia Wafer Pakan komplit Berbasis limbah Agroindustri. Animal Agriculture Journal, 2. (1) : 400-409.

Winarno, F.G. 1997. Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

___________. 2004. Kimia pangan dan Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. jakarta. 415 hal.

Wulandari, A., Waluyo, S., dan Novita, D. 2013. Prediksi Umur Simpan Kerupuk Kemplang Dalam Kemasan Polipropilen. Jurnal Teknik Pertanian Lampung Vol.2, No. 2:105-114. Fakultas Pertanian. Universitas Lampung




DOI: https://doi.org/10.37905/nj.v10i4.1282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Flag Counter