Analisis Hasil Tangkapan Cumi Menggunakan Alat Tangkap Totabito di Perairan Teluk Tomini Desa Lamu Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo

Abdurrahim Dj Djula, Aziz Salam, Zhulmaydin C Fachrussyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian jenis umpan yang berbeda terhadap hasil tangkapan cumi dengan menggunakan alat tangkap totabito di Perairan Desa Lamu Kecamatan Batudaa Pantai. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari - Maret 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dan menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA) dalam model Rancangan Acak Kelompok. Penelitian ini menggunakan 3 jenis umpan sebagai perlakuan yaitu Cumi-cumi, ikan selar dan ikan layang. Berdasarkan hasil analisis sidik ragam (ANOVA) menunjukan bahwa perlakuan perbedaan jenis umpan memberikan pegaruh yang berbeda nyata terhadap hasil tangkapan cumi-cumi dengan nilai F hitung sebesar 172.86 dan nilai F tabel 5% sebesar 3.74.

Keywords


Hasil tangkapan; cumi; alat tangkap; totabito

References


Djula, I. 2018. Efektifitas Alat Tangkap Cumi Totabito di Desa Lamu Kecamatan Batuda’a Pantai Kabupaten Gorontalo (Skripsi).Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Negeri Gorontalo.

Anny, S. 2002. Studi Aspek Pertumbuhan Relatiff dan Biologi Reproduksi Cumi-cumi Sirip Besar (Sepioteuthis lessoniana Lesson) di Telok Banten. Institut Pertanian Bogor.Bogor

Gunarso, W, 1985. Tingkah Laku Ikan dalam Hubungan dengan Alat, Metode dan Teknik Penangkapan.Jurusan Pemanfaatan Sumber daya Perairan.Fakultas Perikanan Institut Pertanian Bogor. Bogor

Hanafiah.2011. Rancangan Percobaan Teori dan Aplikasi. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Kantun, W. A. Mallawa dan N. L. Rapi, 2013.Kajian Pemanfaatan Ikan Tuna Thunnus sp diperairan Selat Makassar.Penelitian MP3EI tahun Pertama.Direktorat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat.Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Roper C.F.E, M.J Sweeney, and Nauen. 1984. Cephalopods of The World. An annoted and Illustrated Catalogue of Species of Interest to Fisheries.FAO.Species Catalogue Vol 3.

Sari V.A.C, A.N Bambang, D Wijayanto. 2015. Analisis Hubungan Produksi dan Harga Cumi-cumi (Loligo sp) Dengan Alat Tangkap Bouke Ami Di PPN Kejawanan, Cirebon.Jurnal of Fisheries Resources Utilization Managemen and Technology, Vol. 4, No. 3, pp. 26-31.




DOI: https://doi.org/10.37905/nj.v11i2.1301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Flag Counter