Peran Istri dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga Nelayan di Desa Kayubulan Kabupaten Gorontalo

Sri Nispawati Alinti, Sitti Nursinar, Arfiani Rizki Paramata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran istri nelayan dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Desa Kayubulan Kecamatan Kabupaten Gorontalo, pengambilan sampel menggunakan metode sensus, dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah semua para istri nelayan tuna yang memiliki usaha atau pekerjaan dengan jumlah nelayan tuna di Desa kayubulan yaitu 65 orang dan terdapat 37 istri nelayan di Desa Kayubulan yang mempunyai usaha atau pekerjaan. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh informasi bahwa peran istri nelayan di Desa Kayubulan dalam meningkatkan pendapatan keluarga yakni dengan berjualan kue, menjual ikan dan usaha warung, dari masing-masing usaha tersebut yakni usaha warung menerima penghasilan sebesar Rp 860.000 perbulan, penjual kue menerima penghasilan sebesar 1.091.667 perbulan dan penjual ikan menerima penghasilan sebesar Rp 780.000 perbulan. Kontribusi pendapatan istri nelayan terhadap total pendapatan rumah tangga dikategorikan tinggi yang ditunjukkan dengan nilai persentase > 30%.

Keywords


Peran istri;rumah tangga nelayan;pendapatan; Kayubulan

References


Firdaus M. dan Rahardian R., 2015. Peran Istri Nelayan Dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga (Studi Kasus di Desa Penjajab, Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas). Balai Besar Penelitian Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan.

Handayani dan E. Gunaisah.2008. Kajian Perempuan Dalam Mendukung Konservasi Sumber Daya Pesisir Kabupaten Raja Amapat. Magister Manajemen Sumberdaya Pantai. Tesis. Universitas Panegoro. Semarang.

Putri D. K, 2018.Pengaruh Bantuan Dana Usaha Produktif Terhadap Pendapatan Nelayan di Desa Sungai Limau Kabupaten Mempawah.Jurnal. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Sakdiyah, 2005.Peranan Istri Nelayan dalam mencukupi Kebutuhan Ekonomi. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37905/nj.v11i2.1305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Flag Counter