Pelatihan Inovasi dan Digitalisasi Marketing UMKM Olahan Pangan/Ikan Menuju Masyarakat Mandiri di Desa Biluango, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango
Abstract
Desa Biluango, yang terletak di Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, merupakan salah satu desa pesisir dengan sebagian besar penduduknya bekerja sebagai buruh tani dan nelayan. Selain memiliki potensi di bidang pertanian dan perikanan, Desa Biluango juga memiliki beragam produk olahan makanan dari UMKM setempat. Usaha ini sangat bergantung pada pesanan konsumen, sehingga produksi hanya dilakukan ketika ada permintaan. Meskipun demikian, pemilik UMKM berkeinginan menjadikan usaha ini sebagai sumber penghasilan utama. Oleh karena itu, penerapan strategi pemasaran sangat penting untuk pengembangan produk. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui pelatihan penggunaan media digital untuk pemasaran. Teknik dan metode yang akan diterapkan dalam kegiatan pendampingan guna meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Biluango meliputi metode penyuluhan dan praktik langsung di lapangan. Kegiatan tersebut akan diawali dengan 1) Sosialisasi pemberdayaan masyarakat; 2) PelatihanStrategi Promosi memalui media digital untuk meningkatkan nilai jual produk UMKM; 3) Pelatihan Strategi pemasaran melalui e-commerce 4) Palatihan manajemen usaha melalui pemasaran produk secara digital (Digital Marketing). Pemanfaatan teknologi dalam memasarkan produk seperti idigital marketing e- commerce dapat membantu pelaku UMKM dalam memasarkan produk yaitu kripik pisang, nugget ikan dan olahan ikan lainnya agar produk mereka bisa laku dipasaran. Pemasaran secara digital yaitu dengan melalui social media, facebook, instagram, tik tok, canva dan e marketing lainnya. Penggunana e marketing dapat meningkatkan jumlah penjualan hingga 50% dari penjualan yang dilakukan secara konvensional.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arianto, B. (2019). Buzzer Media Sosial dan Branding Produk UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal UMKM Dewantara, 2(1), 27–46.
Irwan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 1(1), 32–36. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11188
Aprillia, H. (2021). Peningkatan Kapasitas Umkm Kuliner Melalui Pelatihan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Abdimas Belanegara, 2(2), 62–71. https://doi.org/10.33005/jabn.v2i2.76
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yuriko Boekoesoe, Ramlan Mustafa, Yanti Saleh, Agustinus Moonti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.