DESKRIPSI KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP

Muh Rizal Kidjab, Sumarno Ismail, Abdul Wahab Abdullah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika SMP. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan kemandirian belajar matematika antara lain: (1) mampu bertanggung jawab, (2) memiliki kedisiplinan, (3) mampu bekerja sendiri, (4) memiliki inisiatif, dan (5) memiliki kepercayaan diri. Instrumen pengumpulan data terdiri dari angket dan wawancara untuk memperdalam informasi mengenai kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika SMP. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Kabila yang diambil berdasarkan teknik simple random sampling. Analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persentasi kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika dengan predikat tinggi sebesar 17,39 %, predikat sedang sebesar 56,52%, dan predikat rendah sebesar 26,09 %. Selanjutnya diketahui bahwa faktor-faktor yang paling dominan mempengaruhi kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika antara lain, ketidakmampuan siswa dalam menilai diri sendiri serta kurangnya inisiatif diri.

Keywords


Kemandirian Belajar; Pembelajaran Matematika; Matematika SMP

Full Text:

PDF

References


I.B. Komar, "Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa", Jurnal Psikopedagogia, Vol. 5, No. 1, pp. 1-10, 2016.

N. Nuridawani, S. Munzir, dan S. Saiman, "Peningkatan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiah (MTs) Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)", Jurnal Didaktik Matematika, Vol. 2, No.2, pp. 1-13, 2015.

G.R. Ranti, I. Budiarti, dan B.N. Trisna, "Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar", Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3, No. 1, pp. 10-21, 2017.

L. Fitriana, "Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation (GI) dan Stad terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa, Tesis, Universitas Sebelas Maret, 2010.

N. Fahradina, B.I. Ansari, dan S. Saiman, "Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok", Jurnal Didaktik Matematika, Vol. 1, No. 1, 2014.




DOI: https://doi.org/10.34312/euler.v7i1.10330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muh Rizal Kidjab, Sumarno Ismail, Abdul Wahab Abdullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi has been indexed by:


                         EDITORIAL OFFICE OF EULER : JURNAL ILMIAH MATEMATIKA, SAINS, DAN TEKNOLOGI

 Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia
 Email: euler@ung.ac.id
 +6287743200854 (WhatsApp Only)
 Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi (p-ISSN: 2087-9393 | e-ISSN:2776-3706) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.  Powered by Public Knowledge Project OJS.

slot online slot gacor slot