KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGAITKAN OBJEK MATEMATIKA PADA SOAL POLA BILANGAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Andar and I. Ikman, “Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaika Soal-soal Ujian Semester Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari,” J. Penelit. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 15–28, 2016.
T. G. Ratumanan and T. Laurens, “Analisis Penguasaan Objek Matematika (Kajian pada Lulusan SMA Di Provinsi Maluku),” J. Pendidik. Mat. Raflesia, vol. 1, no. 2, pp. 146–154, 2016, doi: https://doi.org/10.31186/jpmr.v1i2.4005.
L. Yulianah, K. Ni’mah, and D. V. Rahayu, “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berbantuan Media Schoology,” J. Deriv. J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 7, no. 1, pp. 39–45, Jul. 2020, doi: 10.31316/j.derivat.v7i1.863.
T. S. Sumartini, “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 148–158, Aug. 2018, doi: 10.31980/mosharafa.v5i2.270.
R. Fuadi, R. Johar, and S. Munzir, “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Melalui pendekatan Kontekstual,” J. Didakt. Mat., vol. 7, no. 1, pp. 47–54, 2016.
N. A. Nukuhaly, G. Assagaf, and J. Muhamad, “Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal-soal Pola Bilangan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Ambon,” in Prosiding SEMNAS Matematika & Pendidikan Matematika IAIN Ambon, 2018, pp. 103–111.
W. Herdiana, “Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Pola Bilangan Pada Siswa Kelas VIII SMP Pesantren Gupi Semata Kabupaten Gowa,” Universitas Muhammadiyah Makasar, 2019.
S. R. Fitriatien, “Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman,” JIPMat, vol. 4, no. 1, pp. 53–64, Apr. 2019, doi: 10.26877/jipmat.v4i1.3550.
N. Farida, “Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika,” AKSIOMA J. Math. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 42–52, Dec. 2015, doi: 10.24127/ajpm.v4i2.306.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendeaktan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
S. Arikunto, Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
S. Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2016.
T. Machmud, “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem-Centered Learning dengan Strategi Scoffoalding,” Universitas Pendidikan Indonesia, 2013.
DOI: https://doi.org/10.34312/euler.v9i2.12505
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Amalia Tatu, Sumarno Ismail, Resmawan Resmawan, Ismail Djakaria, Kartin Usman, Dewi Rahmawati Isa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi has been indexed by:
EDITORIAL OFFICE OF EULER : JURNAL ILMIAH MATEMATIKA, SAINS, DAN TEKNOLOGI |
Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Gorontalo Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia |
Email: euler@ung.ac.id |
+6287743200854 (WhatsApp Only) |
Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi (p-ISSN: 2087-9393 | e-ISSN:2776-3706) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS. |