Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo

Lisyawati R Polontalo, Radia Hafid, Agil Bahsoan, Meyko Panigoro, Melizubaida Mahmud

Abstract


 The results indicate XII student’s learning perfomance and engagemnt at Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo,remain low.this is shown by the significant number of students who have not met the KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal or Standard of Minimum completeness of master learning) in thet topics of service Company, Debit,Credit Mechanims, and General Journal Compalition. Only 14 syudents, or 40% of the total,achieved a score of > 75, while 21 students,or 60%, scored < 75, which does not meet the  KKM standard. Additionally, students’ engagement reached 74.28% with only abaout 26 meeting the desired criteria.


Full Text:

PDF

References


Daryanto (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta:Gava Media

Hamzah B.Uno dkk.(2011). Belajar dengan pendekatan PALIKEM. Yogyakarta: Bumi Aksara Yogyakafta

Made Wena. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhibin Syah. (2009). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sardiman. (2009), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakafta : PT. Raja grafindo Sutirman. (2013). Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII MA Muhamadiyah Kota Gorontalo . Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran EKONOMI, 2024

Kinanti Padmi Pratiw,2018 Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulsi Dan Komunikasi Digital

Tizsda Riszkiy Melinda Penerapan Hasil Belajar Siwa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Project Based Learning Siswa Kelas VI MIN Adirejo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur /2017/2018

Umi Yani Penerapan Lingkingan Sekolah Terhada p Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajarn Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Al-Huda Pekan Baru Tahun 2023

Lisa Yana Penerapan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Project Based Learning Pada Tema 5 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 7Trienggandeng,Tahun 2022

Rizkiy Amalia Penerapan Minat Belajar Dan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri Pekan Baru/ /Tahun 2021

Inayah, R., Martono, T., & Sawiji, H. 2013. Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X Tahun Pelajaran 20223/2024. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1(1), 1-13.

Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui. 2018. Penerapan Model pembelajaean Problem Based Learning untuk meningkatkan keativan dan Hasil Belajar siswa pada kelas X

Magdalena, R. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 5 Kelas XI Kota Samarinda Tahun AJaran 2015. Seminar Nasional XIII Pendidikan Biologi UNS 299 SP-005-010. 13, pp. 299-306. Solo: Proceeding Biology Education Conference.

Mastufah. 2019. Peningkatan Motivasi Hasil Belajar Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Student Centered Learning. Attractive: Inovative Education Journal, 1(1), 40-53.

Mulyasa. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.37479/jebe.v3i1.28329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Journal of Economic and Business Education (E-ISSN: 2963-508X, P-ISSN: 2963-5160) by Economic Education Study Program, Faculty of Economics, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


PUBLISHED BY :

Economic Education Study Program, Faculty of Economics

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

Â