PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 3 BONE KABUPATEN BONE BOLANGO

Sintia Adjuba, Radia Hafid Hafid, Yulianti Toralawe, Melizubaida Mahmud, Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


This study aims to The Effect of Implementing Problem Based Learning (PBL) on Students' Conceptual Understanding and Learning Outcomes in Integrated Social Studies Subjects of Class VIII SMP Negeri 3 Bone, Bone Bolango Regency. This study is a quantitative study with subjects of 64 students of class VIII-1 and VIII-2 SMP Negeri 3 Bone. The data used in this study were in the form of Conceptual Understanding and Learning Outcomes test data. The results of the study showed that the experimental class had an average score of 77.96 and the control class had an average score of 72.03. The hypothesis was tested using the t-test. From the results of the analysis shows: Obtained tcount> ttable (6.99> 1.66) meaning there is an Influence of the Implementation of Problem Based Learning (PBL) on Understanding Concepts and Student Learning Outcomes in Integrated Social Studies Subjects Class VIII SMP Negeri 3 Bone Bone Bolango Regency.


Full Text:

XML

References


Alighiri, D., Drastisianti, A., & Susilaningsih, D. E. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Materi Larutan Penyangga Dalam Pembelajaran Multiple Representasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2192-2200.

Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349-1358.

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2022). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction, 3(1), 27-35.

https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416

Ayu, I., Wayan, I., & Muderawan, I. W. (2013). Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Dan Keterampilan. 3(2).

Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 295-300. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13540

Dedeo, R. K., Ilato, R., Hasiru, R., Moonti, U., & Hafid, R. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Journal of Economic and Business Education, 1(3), 103-110.

Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(1), 26-31.

https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/823

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019

Hoiriyah, D. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 123. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1669

MENYUSUN DAN MENGANALISIS TES HASIL BELAJAR Abdul Kadir. (2015). 8(2), 70-81.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika. Journal Homepage:

Http://Journal.Unsika.Ac.Id/Index.Php/Sesiomadika, 659.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Prof. Dr. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan).

Ramadani, E. M., & Nana. (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA : Literature Review. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 8(1), 87-92.

Siswa, B. (2023). Penerapan Teknik Pembelajaran Critical , Communication , Collaboration , And Creativity ( 4C ) Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil. 5160(1), 34-43.

Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350-361.

https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Sundari, K., & Andriana, S. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Artikulasi Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas V Sdit an-Nadwah Bekasi. Pedagogik, 6(2), 109-116.

https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1603/1372

Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Tecnoscienza, 2(1), 43-52.

Untari, E., Rohmah, N., & Lestari, D. W. (2018). Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Sebagai Pembiasaan Higher Order Thinking Skills ( Hots ) Pada Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Snps, 135-142.

Utami, A. D., Suriyah, P., & Mayasari, N. (2020). Level Pemahaman Konsep Komposisi Fungsi Berdasar Taksonomi Solo.

Memuat sumber-sumber yang diacu di dalam penulisan artikel. Derajat kemutakhiran bahan yang diacu pada rentang 10 tahun terakhir. Daftar jumlah rujukan diharapkan 80% sumber primer yang berasal dari artikel riset nasional dan internasional. Minimal 12 referensi.

Daftar Pustaka ditulis dengan mengikuti model APA 7th STYLE (spasi1)

Daftar pustaka yang ditulis hanyalah benar-benar yang dirujuk dalam artikel dan disusun secara alphabetis. Disarankan untuk menggunakan aplikasi Mendeley.

Persentase Similarity 20%




DOI: https://doi.org/10.37479/jebe.v3i2.29111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Journal of Economic and Business Education (E-ISSN: 2963-508X, P-ISSN: 2963-5160) by Economic Education Study Program, Faculty of Economics, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


PUBLISHED BY :

Economic Education Study Program, Faculty of Economics

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia