SOSILASASI PENDIDIKAN POLITIK PADA PESRTA DIDIK TERHADAP PEMILIH PEMULA

Yasrin Abas, Lucyane Djaafar, Firman Rahman

Abstract


Kebijakan hukum mengenai partai politik di Indonesia mempunyai keterkaiatan dengan pendidikan politik untuk pemilih pemulah dalam pemilihan umum 2024, maka dari itu pentingnya pendidikan politik dalam masyarakat agar bisa menjadi pemilih yang cerdas, serata bisa memahami dinamika yang terjadi dalam perhelatan politik di Indonesia, dalam konteks pendidikan politik  terhadap pesrta didik terutama dalam pemilihan pemula laporan ini menujukan bahwa pendidikan politik mempunyai partisapsi yang cukup kuat dalam kesadaran, berbagai insiatif penelitian telah di lakukan oleh bebrapa akdemis yang ad di Indonesia terkait betapa pentingnya penerpaan pendidikan politik sejak dini patuh di lakukan oleh anggota pelaksaan partai dan akdemis maupun mahasiswa yang paham akan tentang teori atau impelmatasi politik yang beralaku yangb berjalan di indoenesia,  Proses penerapan pendidikan politik  pada pesrta ddidik dapat meciptakan partisipasi masyarakat dalam perhelatan politik, terutama dalam dalam pembetukan pemahaman terhdap bagaiaman problem matika yang terjadi dalam negara Indonesia, hal ini sangat penting  terutama dalam pemilih pemulah yang hari ini masi tergolong sebagai pelajar, dengan demikian pendidikan politik pada pesrta didik bertujuan untuk dapat menciptakan kesar dasar  hak dan kewajiaban sebagai bagsa dan bernegara, serata mampu berperan penting dalam berdemokrasi


Keywords


pendidikan politik, peserta didik

Full Text:

PDF

References


Millah , N. S., & Dewi, D. A. (2021). SKPP BAWASLU SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN POLITIK DALAM UPAYA. Jurnal Kewarganegaraan, Vol. 5 No. 2 , 157-158.

Gurning, F. L., & M. S. (2023). Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula Menjelang pemilu eksekutif tahun 2024. (JOTASE), Vol. 1 No. 1, 34-35.




DOI: https://doi.org/10.37905/celara.v2i1.27254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.