PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Maha Putra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh metode pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) dan pemecahan masalah (Probelm Solving) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain eksperimen non equivalent group design. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI IIS dengan tiga kelas, dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang masing-masing menggunakan metode inkuiri terbimbing, pemecahan masalah, dan metode ceramah. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing lebih efektif dibandingkan dengan metode pemecahan masalah dan ceramah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Implikasinya adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan pemecahan masalah.

 


Keywords


Inkuiri Terbimbing, Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Full Text:

PDF

References


Azizmalayeri, K., Mirshahjafari, E., Sharif, M., Asgari, M., & Omidi, M. (2012). The impact of guided inquiry methods of teaching on the critical thinking of high school students. Journal of Education and Practice, 3(10), 42–48.

Behar-horenstein, L. S., & Niu, L. (2011). Teaching Critical Thinking Skills In Higher Education: A Review Of The Literature. Journal of College Teaching & Learning - February 2011, Volume 8,N(November 2014), 25–42. https://doi.org/10.19030/tlc.v8i2.3554

Bloch, J., & Spataro, S. E. (2014). Cultivating Critical-Thinking Dispositions Throughout the Business Curriculum. Business and Professional Communication Quarterly, 77(3), 249–265. https://doi.org/10.1177/2329490614538094

Costa, A. L. (1985). Developing Minds, A Resource Book For Teaching Thinking. Virginia : ASCD.

Damayanti, D. S., & Ngazizah, et all. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012 / 2013, 3(1), 58–62.

Elliott, B., Oty, K., McArthur, J., & Clark, B. (2001). The effect of an interdisciplinary algebra/science course on students’ problem solving skills, critical thinking skills and attitudes towards mathematics. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 32(6), 811–816. https://doi.org/10.1080/00207390110053784

Filsaime. (2008a). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Filsaime, D. . (2008b). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2008). TAKSONOMI BLOOM – REVISI RANAH KOGNITIF: KERANGKA LANDASAN UNTUK PEMBELAJARAN, PENGAJARAN, DAN PENILAIAN. Https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com, (1), 16–40.

Han, H. S., & Brown, E. T. (2013). Effects of critical thinking intervention for early childhood teacher candidates. Teacher Educator, 48(February 2015), 110–127. https://doi.org/10.1080/08878730.2012.760699

Huber, C. R., & Kuncel, N. R. (2015). Does College Teach Critical Thinking? A Meta-Analysis. Review of Educational Research, (1987), 1–38. https://doi.org/10.3102/0034654315605917

Javad, S., Mir, G., & Rousta, S. N. (2013). The Effect of Problem-based Learning on Critical Thinking Ability of Iranian EFL Students. Journal of Academic and Applied Studies, 3(July), 1–14.

Johnson, E. B. (2008). Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Media Utama.

Mashuri, & Zainuddin. (2008). Metode Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.

Puspita, A. T. (2013). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING ( GUIDED INQUIRY ) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI DI SMA NEGERI 2 SIDOARJO Asri Trisna Puspita , Budi Jatmiko Abstrak. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3), 121–125.

Redhana, I. W. (2012). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PERTANYAAN SOCRATIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha, 351–365.

Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. (2012). Unnes Journal of Biology Education MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MIND MAPPING. Unnes Journal of Biology Education, 1(3), 34–41.

Suryosubroto, B. (2015). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publik.

Voskoglou, M. G., & Buckley, S. (2012). Problem Solving and Computers in a Learning Environment. Egyptian Computer Science Journal ,ECS, 36(4), 28–46.

Yin, K. Y. (2011). Collaborative Problem Solving Methods towards Critical Thinking. Internationa Education Studies, 4(2), 58–62. https://doi.org/10.5539/ies.v4n2p58




DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v3i2.10391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maha Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY :

 

Department of Economics Education, Faculty of Economics

Universitas Negeri Gorontalo

Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.