ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM, DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP BELANJA MODAL

Anika Syahdila Putri, Muchtolifah Muchtolifah, Sishadiyati Sishadiyati

Abstract


Belanja Modal yang termasuk belanja daerah perlu diperhitungkan karena terkait dengan infrastruktur pembangunan dan fasilitas umum, belanja modal yang dapat mempengaruhi kinerja berbagai instansi pemerintah. Belanja Modal menjadi syarat utama dalam memberikan standar pelayanan minimal kepada publik pemerintah daerah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus di Provinsi Jawa Timur tahun 2009-2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder tahunan yang bersifat time seriesyang diperoleh dari Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah di Provinsi Jawa Timur Tahun 2009 sampai 2019. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Bersadarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa secara simultan yaitu pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dana alokasi khusus, berpengaruh terhadap belanja modal di provinsi jawa timur tahun 2009-2019. Sedangkan secara parsial pendapatan asli daerah berpengaruh positif terhadap belanja modal, untuk dana alokasi umum tidak berpengaruh terhadap belanja modal di provinsi jawa timur, begitu pula dengan dana alokasi khusus tidak berpengaruh terhadap belanja modal di provinsi jawa timur.


Keywords


PAD, DAK, DAU, Belanja Modal

Full Text:

PDF

References


David Hermawan, A. (2016). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dan Dana Alokasi Khusus (DAK) (Studi Empiris pada Pemerintah Daerah Se-Malang Raya). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2, 1–11.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Universitas Diponegoro.

Halim, A. (2014). Manajemen Keuangan Sektor Publik (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara/Daerah). Salemba Empat.

Hermawan, R. (2017). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah(PAD), Dana Perimbangan, Dan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) Terhadap Belanja Modal (Studi Pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Periode 2013-2015). Universitas Muhammadiyah surakarta.

Juniawan, M. A. (2018). Pengaruh PAD, DAU dan DAK Terhadap Belanja Modal Kota Dan Kabupaten Di Provinsi Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(3).

Novalista, R. L. (2016). PPengaruh Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Lain-Lain Pendapatan Asli Daerah Yang Sah Dan Bagi Hasil Pajak Terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah Pada Pemerintah Kabupaten Atau Kota Di Provinsi Jawa Tengah (Studi Empiris Pada Kabupaten Atau Kota di Pr. Journal Of Accounting, 2(2).

Nurzen, M. (2016). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi , Pendapatan Asli Daerah Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Belanja Modal. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(April).

Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2005 Tentang Dana Perimbangan. (2005).

Priambudi, W. (2017). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Belanja Modal Pada Kabupaten Dan Kota Di Pulau Jawa Tahun 2013. Jurnal Nomimal, VI(3).

Rifai, R. A. (2017). Dana Alokasi Khusus Dan Dana Bagi Hasil Terhadap Belanja Modal Pada Pemerintah Daerah Kabupaten / Kota Di Provinsi Sulawesi Tengah. E-Jurnal Katalogis.

Sabdanews. (2019). Struktur APBD TA 2020 Jadi Sorotan Tajam Fraksi-Fraksi DPRD Jatim. Sabdanew.Com. https://sabdanews.com/2019/11/22/apbd-ta-2020-sebesar-rp-35-triliun-disahkan-dprd-jatim/

Sari, P., & Ningsih, N. H. (2018). Pengaruh Jumlah Penduduk Terhadap Belanja Modal Melalui PAD, DAK, dan DAU Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Akuntansi, 12.

Ukamaga, D. M. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah (Pad), Dan Dana Alokasi Umum (Dau) Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal (Studi Kasus Pada Pemerintah Kabupaten Di Jawa Timur Tahun 2017). Universitas Jember.

Undang Undang No.32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah (2004).

Undang Undang No.33 Tahun 2004 Tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah. (2004). UU RI.




DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v3i2.10985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Anika Syahdila Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY :

 

Department of Economics Education, Faculty of Economics

Universitas Negeri Gorontalo

Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.