LITERASI EKONOMI, RASIONALITAS EKONOMI, DAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF

Remond Joey Paywala, Sunaryanto Sunaryanto, Sugeng Hadi Utomo

Abstract


Perilaku konsumtif merupakan perilaku individu memanfaatkan sumber daya yang ia miliki untuk memaksimalkan nilai guna atau utility terhadap suatu barang ataupun jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh dari variabel-variabel literasi ekonomi, rasionalitas ekonomi dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi universitas negeri malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan jumlah responden 163 yang ditentukan dengan metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel literasi ekonomi, rasionalitas ekonomi, kelompok teman sebaya berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Berdasarkan koefisien determinasi, variabel literasi ekonomi, rasionalitas ekonomi, dan kelompok teman sebaya memberikan kontribusi sebesar 28,70% terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi universitas negeri malang. Berdasarkan hasil penelitian ini, kepada mahasiswa selaku subjek penelitian ini agar selalu meningkatkan kemampuannya dalam berperilaku secara ekonomis juga secara teoritis menjadi referensi untuk penelitian-penelitian selanjutnya.

Keywords


Literasi Ekonomi, Rasionalitas Ekonomi, Perilaku Konsumtif

Full Text:

PDF

References


Banerjee, S. (2016). Moderating effect of peer group environment on consumer predisposition towards premium promotions: A study on young urban consumers in India. IIMB Management Review, 28(4), 225–234. https://doi.org/10.1016/j.iimb.2016.10.002

Bonatti, P. A. (2019). Rational closure for all description logics. Artificial Intelligence, 274, 197–223. https://doi.org/10.1016/j.artint.2019.04.001

Daroin, A. (2013). Analisis Sosiologis Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa FISIP Universitas Lampung). Journal Sosiologi.

Hasan. (2018). Konsumerisme dan Falsafah Hidup Masyarakat Indonesia. In http://geotimes.co.id/opini.

Kanserina, D. (2015). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup terhadap Peerilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA. Jurnal Undhiksa.

Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran. Gramedia.

Li, Y., Tang, Z., Liu, C., & Kilic, A. (2017). Estimation and investigation of consumptive water use in residential area—Case cities in Nebraska, U.S.A. Sustainable Cities and Society, 35(January), 637–644. https://doi.org/10.1016/j.scs.2017.09.012

Lo Prete, A. (2013). Economic literacy, inequality, and financial development. Economics Letters, 118(1), 74–76. https://doi.org/10.1016/j.econlet.2012.09.029

Mappiare, A. (2012). Psikologi Remaja. Usaha Nasional.

Murisal, M. (2012). Pengaruh Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Remaja Puteri. Kafa`ah: Journal of Gender Studies, 2(2), 77. https://doi.org/10.15548/jk.v2i2.58

Nur Solihat, A., & Arnasik, S. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, II(X). https://doi.org/10.23969/oikos.v2i1.915

Nurachma, A., & Arief, S. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Kelompok Teman Sebaya Dan Financial Literacy Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Siswa Kelas Xi Ips Sma Kesatrian 1 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 489–500.

Saputra, U. D., Aminuyati, & Utomo, B. B. (2015). Pengaruh Kelas Sosial Dan Rasionalitas Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Untan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–16.

Sumartono. (2012). Terperangkap dalam Iklan (Meneropang Imbas Pesan Iklan Televisi). Alfabeta.

Sumarwan. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. PT. Ghalia Indonesia.

Turner, M. J., Kirkham, L., & Wood, A. G. (2018). Teeing up for success: The effects of rational and irrational self-talk on the putting performance of amateur golfers. Psychology of Sport and Exercise, 38(June), 148–153. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2018.06.012




DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v4i1.11684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Remond Joey Paywala

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY :

 

Department of Economics Education, Faculty of Economics

Universitas Negeri Gorontalo

Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.